CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
HEMAT POPOK ANAK DENGAN TIPS INI ! YUK PRAKTEKIN SEKARANG BIAR KANTONG AMAN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4374d8f4d69521d96c17d4/hemat-popok-anak-dengan-tips-ini--yuk-praktekin-sekarang-biar-kantong-aman

HEMAT POPOK ANAK DENGAN TIPS INI ! YUK PRAKTEKIN SEKARANG BIAR KANTONG AMAN

Popok sekali pakai (pospak) sampai saat ini masih menjadi pilihan utama bagi ibu-ibu yang memiliki bayi dan batita. Namun semakin banyaknya timbunan sampah yang dihasilkan dari bekas pospak pada saat ini cukup begitu memprihatinkan. Belum lagi bahan yang digunakan dalam pospak susah terurai menyebabkan tumpukan sampah yang semakin menggunung.
 
Selain menyebabkan penumpukan sampah, pospak juga termasuk dalam  daftar belanja wajib tiap bulannya bagi ibu-ibu yang masih memiliki bayi dan batita. Tentu pengeluaran ini juga tergolong memakan biaya yang lumayan, apalagi jika terbiasa menggunakan merk yang harganya cukup mahal.
 
Nah, beberapa tahun terakhir mulai bermunculan yang namanya cloth diaper (clodi) atau biasa disebut popok modern. Popok modern ini dianggap lebih ramah lingkungan karena bisa dicuci sehingga bisa digunakan berkali kali bahkan bisa diwariskan ke adiknya kelak lho Mommies. Popok modern ini muncul sebagai usaha mengurangi sampah pospak yang semakin menggunung.
HEMAT POPOK ANAK DENGAN TIPS INI ! YUK PRAKTEKIN SEKARANG BIAR KANTONG AMAN
Pada awalnya jika melihat harga dari popok modern ini mungkin Anda akan merasa harganya tergolong mahal. Namun, setelah dihitung-hitung dan dibandingkan dengan biaya belanja popok sekali pakai maka hasilnya cukup jauh lebih hemat menggunakan popok modern ini. Berikut contoh perhitungannya :
 
Jika rata-rata penggunaan pospak dalam sehari 8 popok per hari maka rata-rata kebutuhan pospak dalam satu bulan adalah 240 popok per bulan. Rata-rata dalam 1 pack besar pospak  seharga Rp60.000 berisi sekitar 40 pospak maka pengeluaran sebulan untuk membeli pospak ialah Rp60.000 x 6 pack = Rp360.000. Wah, lumayan banyak juga ya Moms. Itu masih dalam waktu sebulan, bagaimana jika setahun? Rp360.000 x 12 = Rp4.320.000.
 
Produsen clodi menyebutkan bahwa dalam 30 bulan Anda membutuhkan sekitar 1 lusin saja. Rata-rata harga cloth diaper merk lokal yang memiliki kualitas bagus 1 cover dan insertnya seharga Rp 60.000. Jadi total biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 60.000 x 12 = Rp 720.000. Cukup murah kan jika dibandingkan dengan harga popok sekali pakai?.
 
Berbeda dengan popok sekali pakai, popok modern ini juga cenderung tidak menyebabkan ruam popok. Karena bahannya yang terbuat dari suede, bamboo dan microfleece cukup halus jika mengenai kulit bayi yang sensitif. Popok modern ini juga didesain dengan motif-motif lucu yang membuat bayi-bayi Anda semakin menggemaskan ketika memakainya.
 
Bagaimana Mommies apakah ingin mencoba beralih ke clodi (cloth diaper) atau popok modern ini? Jika Mommies merasa bahwa menggunakan popok modern ini malah bikin ribet karena harus mencucinya, Anda bisa mencoba menggunakan 4 biji terlebih dahulu. Gunakan ketika siang hari saja, maka lama kelamaan Anda akan merasakan manfaat hematnya. Selain itu, ketika  Anda menggunakan popok modern ini berarti Anda juga telah berusaha untuk mendukung gerakan go green dengan mengurangi sampah popok sekali pakai.
 
Sumber : https://mommiesharing.com/clodi-popo...at-di-kantong/


Tinggal ortunya time orang yg jijik-an gak? Kl cuma pipis mungkin gak masalah, kalau pas Ada eek-nya?
yang udah pake, aman buat anak?
Popok yg bisa dicuci berkali2 dibilang modern? Mbah ane bakal ngakak di kuburuan kayaknya...
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
"Nanti kita kasi tau mama dulu ya om"

HEMAT POPOK ANAK DENGAN TIPS INI ! YUK PRAKTEKIN SEKARANG BIAR KANTONG AMAN
popok untuk bepergian aja biar hemat sis
bini ane pake ini buat anak ke 2
hemat bgt buat pengeluaran bulanan
perbandingan sama anak pertama yg ngeluarin biaya popok sebulan bisa 700-1jt

clodi paling 3 bln ganti yg baru
trus stelah anak bisa jln baru deh training toilet


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di