CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Perkembangan UMKM di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e436e7810d29507536c23b1/perkembangan-umkm-di-indonesia

Perkembangan UMKM di Indonesia

Perkembangan UMKM di Indonesia
Bagaimana perkembangan UMKM di indonesia? Banyak yang mengatakan jika sebagian besar pelaku usaha jember merupakan usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. sedangkan pelaku usaha besar hanya sepersekian persen. jadi, dapat dikatakan jika pelaku UMKM berperan besar bagi perekonomian indonesia secara makro. dan juga bisnis usaha di jember sudah tidak asing lagi kini jugak sudah menjadi Komunitas Jember tujuan untuk bisnis usaha jember dan Jualan Online jember.
 
Sekilas Tentang UMKM
Tentunya anda sudah kenal dengan istilah UMKM, ya? UMKM merupakan kepanjangan dari usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah. namun usaha seperti apa yang masuk ke dalam masing-masing katagori itu?
·        Usaha Mikro
·        Usaha Kecil
·        Usaha Menengah
 
Faktor Perkembangan UMKM
Berkembangnya usaha makro, kecil dan menengah di indonesia tidak bisa lepas dari faktor-faktor yang mendorong terjadinya kemajuan ini, menurut beberapa pandangan dan penelitian, ada beberapa faktor yang mendorong majunya perkembangan UMKM di indonesia, di antaranya sebagai berikut :
1.      Pemanfaatan sarana Teknologi, informasi dan komunikasi
majunya UMKM di indonesia tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang terjadi saat ini. beberapa penelitian menunjukkan kalau salah satu faktor yang mendukung perkembengan UMKM adalah karena pemanfaatan sarana TIK (teknologi, informasi dan komunikasi) para pelaku usaha mulai menfaatkan sarana teknologi seperti smartphone untuk melebarkan pasar usahanya, serta menggunakan aplikasi komunikasi seperti whatsapp dan media sosial untuk memasarkan produk yang di jual.
Bahkan, sudah menjadi target pemerintah untuk membuat pelaku UMKM untuk memanfaatkan dunia digital, seperti e-commerce untuk menjual dan memngembangkan usahanya.
2.      Kemudahan Peminjaman Modal Usaha
Perkembangan UMKM di Indonesia tidak bisa lepas dari dukungan perbankan di Tanah Air. Terbukanya akses pembiayaan perbankan serta menurunnya kredit usaha rakyat, mendorong tumbuhnya usaha mikro, kecil, dan menengah. Bahkan, perbankan wajib mengalokasikan kredit pada UMKM mulai tahun 2015. Berawal dari 5%, angka bunga itu terus tumbuh hingga 20% pada akhir tahun 2018 lalu.
Selain itu, nominal modal memulai usaha, khususnya usaha mikro, dianggap tidak terlalu besar sehingga siapapun dapat menjadi pelaku UMKM dengan cepat. Dengan begitu, semakin menarik pertumbuhan jumlah UMKM di Indonesia. 
 
Bisa Hubungi Nomer Berikut : +62 857-0728-7907 (Fegi)

 
 




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di