CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
CARA ATAU TUJUAN ??
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4365c9337f937afd7d9ea2/cara-atau-tujuan

CARA ATAU TUJUAN ??

Today, I'm posting a post and wanna talk about something that could be crucial in our life ( heh .. all things are crucial if we still alive, aren't they ? 😂).


Halo agan sista kaskuser sekalian.
Gimana nih kabar kalian ? Lagi sibuk dan masih melakukan rutinitas yang sama ?Berjuang untuk mendapatkan hidup yang lebih baik ? Mencari cari hal yang kadang berbeda untuk memuaskan dahaga dengan tujuan membuat senang ?

Percaya gak gansis, kita mendapatkan hidup bukan untuk mencapai tujuan kita, melainkan kita merasakan pengalaman dalam kita berkehidupan. Nahh .. hal ini yang akan ane bahas di post kali ini.


TUJUAN .... ATAU .... CARA ... ??

Apa sih definisi dari tujuan ? Apa juga definisi dari cara ? Gak tau deh kalo arti yang ada di kamus bahasa Indonesia. Tapi menurut ane ( secara logika ), tujuan adalah suatu bentuk dari keinginan yang ingin kita capai & memiliki akhiran ( tujuan tercapai, selesai ). Sedangkan cara adalah sikap & perlakuan yang mendasari apa yang ingin kita lakukan dan tidak memiliki akhiran.

Banyak orang yang memiliki cara pikir atau semacam prinsip kalo tujuan itu adalah suatu bentuk pencapaian yang baik. Bagi banyak orang, kalo gak mempunyai tujuan, rasa nya seperti gak ke mana2, ngambang, gak jelas.

Tapi banyak juga orang yang gak sadar kalo tujuan itu sebenar nya hanyalah suatu bentuk keinginan ( sama seperti dengan doa. Doa adalah suatu bentuk harapan ). Keinginan yang berkelanjutan untuk memperoleh / mencapai sesuatu atau hal tertentu. Dan orang akan 'do what ever it takes' agar tujuan tercapai.

Orang biasa nya akan 'lupa' dengan bagaimana proses nya untuk mencapai tujuan itu. Memang mereka punya ( planning ) jalan2 yang di tempuh. Tapi bagi mereka, cara itu gak begitu penting apabila mereka punya tujuan yang baik. Dan mereka sudah terlalu fokus untuk bertujuan.

Memang kalo tujuan nya baik, orang akan maklum. Tapi bisakah tujuan yg baik itu membenarkan 'segala nya' ?
Gampang nya, contoh ada di mana2. Teroris ( bagi mereka itu baik ), pihak2 yang punya tujuan agar sepakbola / basket berprestasi di ( setidak nya ) asia dari dulu, pihak2 yang bertujuan agar negara ini menjadi negara yang 'rada agak superior', dan juga kita2 yang bertujuan agar suatu hari kehidupan kita lebih baik ( ie jadi orang kaya, pengusaha, atlit pro, pebisnis handal, dll ). Ada yang gagal, ada yang berhasil.

Jadi, apakah mempunyai tujuan itu adalah sesuatu yang jelek ? Gak lah. Ada yang baik dan ada juga yang gak baik. Sebenarnya, semua itu tergantung .... cara nya. Contoh nya di hal2 perbaikan sepakbola kita. Sudah berapa banyak pelatih2 kelas asia+ ( atau pihak2 ) yang udah ngelatih timnas senior kita dan persepakbolaan kita ... tapi ternyata tetap gagal ??

Kenapa bisa begitu ? Kalo menurut ane, karena mereka sudah 'terlalu' fokus dengan akhiran yang bagaimana ( ie tujuan ), tapi 'lupa' dengan cara nya. Yes mereka punya jalan / rencana mereka sendiri. Tapi rupa nya apa yang mereka lakukan, gak cukup untuk membuat suatu perubahan yang BERARTI ( bukan perubahan yang berkembang sedikit ).

Perubahan yang mungkin agak semi susah banget membuat timnas senior kita juara di kancah asia ( asean kemungkinan besar juara ), tapi setidak nya bisa di kategorikan 10 besar asia ( itu hanya awal, belom ke near future ) dan bisa di liat dari GAYA / CARA MAIN pemain kita. Dan itu menjadi sebuah fakta. Hal yang GAK DAPAT DI SANGKAL.

Dan gansis pasti punya tujuan2 di tiap waktu. Tapi sebagian besar tujuan2 itu gak tercapai karena punya tujuan seperti itu memberatkan kebiasaan kita dalam berkehidupan. Kita udah keburu nyerah di tengah jalan. Dan ada sebagian orang / pihak yang tujuan nya berhasil. Mereka mungkin kurang menyadari, tapi yang membuat berhasil itu sebenar nya adalah cara yang mereka terapin. Cuman orang2 udah keburu hype dengan tujuan yang mereka capai, isn't that right ?? Heheh.

Jadi ane udah tau ( atau sadar ) kalo sebenar nya tujuan itu adalah suatu bentuk lain dari HASIL. Hasil itu berkesinambungan dengan cara nya. Kalo ane, karena pengen ngelatih basket ( belom dapet2 *cough ), ane gak utamain gimana supaya ane bisa ngelatih, tapi yg utama adalah bagaimana ane ngelatih & cara / metode latihan nya ( sama seperti pernikahan. Yg utama bukan nya seberapa besar usaha untuk dapetin cewe nya & gimana agar bisa ke pernikahan, tapi yang utama adalah bagaimana menjalani kehidupan berumah tangga ).

Jadi gansis, lebih sedehana nya ( ane suka yg gak ribet. Se rumit apapun, ane cari sesederhana mungkin nya ), kalian berkehidupan dengan cara kalian, jalanin & liat hasil nya. Toh, yg utama adalah karakter gansis sekalian, itu yang menentukan ( keberuntungan juga ) hasil yang kalian inginkan.

Kalo udah ngelatih, yang ane pengen, yaitu agar pemain2 ane bisa jauh lebih bagus main nya di banding awal ane ngelatih. Dari situ, ane terapin cara yang menurut ane bagus ( beda selera, beda cara tiap orang 😝 ). Soal menang kalah, itu nomor kesekian. Yang mau ane liat adalah proses mereka dalam game. Ane lebih prefer mereka main bagus tapi kalah, drpd main agak jelek tapi menang. Mungkin mereka gak seberuntung lawan nya ( keberuntungan itu sangat di perlukan, layak nya hal DO IT, heheh ).

Tapi biasa nya, kalo main bagus, hasil nya ...... HASIL nya yah menang. Sama seperti dunia kerja. Kita kerja bagus, duit yang cari kita. Biasa nya sih, gak selalu.


Jadi maksud TS = Gak apa2 mempunyai tujuan. Tapi kalo bisa, selerasin dengan kemampuan kita, liat sikon yang ada, jangan terlalu fokus, terapin cara yang baik. Kalo ane sih, gak punya tujuan. Lebih ke punya keinginan & harapan. Ane melakukan cara2 yg ane punya, dan berharap keberuntungan datang ke ane 'dengan sendiri nya'. Dan ane pengen liat HASIL nya. - Kudraaaan pinter banget !! emoticon-Ngakak -


*Notes = Kalo ane kliatan sok tau atau kurang bagus dalam memberi 'masukan', yahh ane lebih seneng gitu. Kan ane cuman manusia biasa yang gak sempurna ( ehh .. atau ciptaan Dia sempurna apa ada nya ? Duhh ... mana nih yang bener ? Hayoo ).

+Tambahan = Contoh bertujuan baik tapi gak liat cara --> Waktu itu timnas U19 tanding di GBK dalam perebutan slot semifinal ( otomatis lolos, walau kalah di semifinal ) kualifikasi world cup U19 wilayah asia. Lawan nya, Jepang. Cara nya : Pelatih nya bikin formasi parkir bus 5-4-1, dengan fakta stats ball possesion 70an 30an kalo gak salah.

Tujuan nya adalah agar menang di penalti ( hadeehh .. parah ). Jadi main def trus ngandalin CA. Gimana mau CA kalo skill pemain nya masih kurang secara CA butuh kemampuan individu yg rada top. Udah skill kurang, di suruh CA. What the fy !! Proses nya, pemain kita kaya gak main bola, dan hasil nya kalah 2 gol. Yahh .. itu lah tujuan yang banyak di elukan warga kita ( yg nonton buanyaak ). emoticon-2 Jempol emoticon-Ngacir


-- Mudah2an gak repost --

( Sumber : Diri sendiri & Matahari Kramat Jati Plaza )

Yg mau kritik n gak setuju, boleh komeng, karena ane butuh masukan juga. Yang adem2 aja, boleh ngapain aja emoticon-Cendol Gan


CARA ATAU TUJUAN ??
Diubah oleh dlsn_huff
mau nanya gan , udah kah agan berpikir tujuan agan hidup itu apa ? dan pernah berpikirkah kenapa tuhan menurunkan kita ke dunia ?
Quote:


Itu pribadi gan. Dan bagi ane, itu bukan yg utama ..
Diubah oleh dlsn_huff
Tetapkan tujuan, Nikmati Proses.


emoticon-Cool
profile-picture
epopolocroia memberi reputasi
Fokus saja ke tujuan sri, dengan selalu konsisten dengan metode atau cara yg sudah disepakati di awal rencana.. emoticon-Big Grinemoticon-Big Grin

emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Itu hak agan 👌🏻
Quote:


Boleh2 aja kalo bisa gak jelek 😁
Diubah oleh dlsn_huff
Quote:


Aseek skaleee emoticon-Hammer (S)


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di