CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e434c4faf7e932f001ff605/hanbok-busana-tradisional-korea-yang-mendunia-inilah-arti-warnanya

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!


Assalamualaikum, Gansis, apa kabar?

Kebudayaan dan tradisi setiap daerah itu unik dan menarik untuk diulik. Mulai dari busana, bahasa, kebiasaan, makanan, dan minuman bisa membuat berdecak kagum. Salah satu negara yang saat ini sedang mendunia adalah Korea Selatan. Ya! Negara Korea sekarang sedang hangat-hangatnya jadi topik perbincangan kebanyakan manusia yang menghuni permukaan bumi.

Korean wafe atau gelombang Korea juga telah mengguncang ane sebagai emak-emak kaum rebahan akut. Saat sedang santai, jemari meraih ponsel dan menikmati suguhan hiburan dari Negara Ginseng tersebut. Drama Korea segala genre tersaji lengkap dari episode pertama sampai terakhir, jajaran K-Pop yang anggotanya cantik dan ganteng siap menghentak hati dengan lantunan lagu memanjakan telinga, belum lagi acara-acara yang kental dengan tema Korea dengan mudah dijelajahi hanya dengan modal ponsel.

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya! Dokpri

Kalau ane sendiri sangat tergila-gila dengan sejarah, Gan. Sejak dulu ane suka sekali dengan histori berbau-bau sejarah. Kalau ada drama Korea era Joseon maka dengan senang hati ane tonton. Selain menikmati aktingnya, ane juga menikmati gaya busana tradisional Korea yang mereka pakai.

Beberapa minggu lalu ane sempat jalan-jalan ke Taman Bunga San Terra di Pujon, Batu. Saat jalan-jalan menikmati keindahan bunga hidup dan bunga plastik, ane terdampar di sebuah tempat bernuansa Korean View. Kebetulan tempat itu menyediakan Hanbok, busana tradisional Korea untuk dipinjamkan.

Karena ane sangat penasaran dengan Hanbok yang kalau dipakai para wanita Korea mereka terlihat kinclong bersinar, maka ane memutuskan untuk menyewanya dan berfoto di sekitar area Korean view. Wah, ternyata pengalaman memakai Hanbok itu sangat menyenangkan dan nggak akan pernah ane lupakan.

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!Dokpri

Akhirnya ane cari tahu tentang Hanbok yang bernuansa warna-warna cerah ini. Ternyata banyak filosofi yang terkandung di dalam warna Hanbok, lho. Jadi nggak asal pakai begitu.

Hanbok ada dua bagian yaitu, Jeogori atau pakaian atas yang biasanya ada hiasan Otgoreum (pita) untuk menambah kesan mewah dan Chima untuk rok bagian bawah. Kalau busana celana pria disebut Baiji.

Nah, balik lagi ke arti warna Hanbok, Gan. Ternyata warna Hanbok ini mencerminkan status sosial pada masa lalu. Para bangsawan memakai Hanbok warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau yang terbuat dari sutra dan satin. Sedangkan para rakyat memakai Hanbok warna alam seperti cokelat, biru dan hijau dan terbuat dari kain berserat kasar.


Ane mau bahas tentang arti warna-warna Hanbok , ya, Gansis. Cekidot!

1. Merah

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!

Masyarakat Korea percaya bahwa warna merah akan mendatangkan kekayaan dan kejayaan. Merah juga berarti keberuntungan. Mereka biasanya menggunakan busana merah untuk menyambut pernikahan dengan harapan pengantin akan sukses dalam hidupnya dan mempunyai kekayaan dan kemuliaan serta keberuntungan.


2. Putih

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!

Hanbok warna putih ini bersifat netral. Baik para bangsawan atau rakyat jelata bebas memakainya. Bagi rakyat Korea, Hanbok berwarna putih melambangkan kemurnian dan kesucian jiwa. Selain itu, warna putih juga bisa melambangkan kerendahan hati. Orang Korea suka memakai Hanbok berwarna putih karena filosofinya yang mendalam juga bisa menonjolkan warna rambut mereka yang hitam legam.


3. Kuning

Hanbok, Busana Tradisional Korea yang Mendunia. Inilah Arti Warnanya!

Pada masa lalu, warna kuning hanya dipakai oleh para petinggi dan keluarga kerajaan. Kuning melambangkan pusat alam semesta jadi rakyat jelata dilarang memakai Hanbok dengan warna ini.

Itulah tadi arti warna pada busana tradisional Hanbok asal Korea. Sampai jumpa dalam threat selanjutnya dan salam bahagia senantiasa.

Sumber dan gambar di sini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
adivaazzahra dan 19 lainnya memberi reputasi
Enjoy
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
bagus-bagus. kebayang jaman dulu wanita korea make hanbok sehari-hari.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalo dipakein hijab kok cocok banget😍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Mampir di pejwan ah, boleh?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Bagus-bagus banget memang ya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Aku seneng liat orang kalo lagi pake Hanbok ini..pengen nyoba pake juga rasanya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
ohh ternyata dulu gaboleh sembarang pake warna hanbok ya, baru tau nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
baru tahu klo warna Hanbok ada maknanya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Kyaknya gamis terinspirasi dari pakaian tradisionalnya orang korea! 😂
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan iissuwandi memberi reputasi
wih, bagus yah hanboknya kayaknya nyaman di pakai
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan iissuwandi memberi reputasi
Ane suka liat wanita korea pakai hanbok...
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan iissuwandi memberi reputasi
cakep2
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Wih, baru tahu sis
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
wow, terima kasih infonya, Mbak Novie
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
cantik warna merah ya?
meriah euy 😅
jadi inget iklan 😂
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
suka banget sama hanbok
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
keren bgt sih hanbok di pake hijabers
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Pengin nikah pake hanbok ah, tambahan stelan pengantinnya

emoticon-Malu
Ternyata gak asal warna ya. Hihi kubaru tau
profile-picture
embunsuci memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di