CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Kepala BPIP Sebut Agama Jadi Musuh Terbesar Pancasila
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4345d468cc9532be129010/kepala-bpip-sebut-agama-jadi-musuh-terbesar-pancasila

Kepala BPIP Sebut Agama Jadi Musuh Terbesar Pancasila

 Kepala BPIP Sebut Agama Jadi Musuh Terbesar Pancasila

Jakarta - Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara telah diterima oleh mayoritas masyarakat, seperti tercermin dari dukungan dua ormas Islam terbesar, NU dan Muhammadiyah sejak era 1980-an. Tapi memasuki era reformasi asas-asas organisasi termasuk partai politik boleh memilih selain Pancasila, seperti Islam. Hal ini sebagai ekspresi pembalasan terhadap Orde Baru yang dianggap semena-mena.

"Dari situlah sebenarnya Pancasila sudah dibunuh secara administratif," kata Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof Yudian Wahyudi
kepada tim Blak-blakan detik.com.

Belakangan juga ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Mereka antara lain membuat Ijtima Ulama untuk menentukan calon wakil presiden. Ketika manuvernya kemudian tak seperti yang diharapkan, bahkan cenderung dinafikan oleh politisi yang disokongnya mereka pun kecewa.

"Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan,"
papar Yudian yang masih merangkap sebagai Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Jogjakarta.

Sebagai kelompok mayoritas yang sebenarnya, ia melanjutkan, NU dan Muhammadiyah mendukung Pancasila. Kedua ormas ini tak pernah memaksakan kehendak.

Konsep Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk seperti Indonesia, Yudian melanjutkan, merupakan anugerah terbesar dari Tuhan. Dari sisi sumber dan tujuan, Pancasila itu relijius karena kelima sila yang terkandung di dalamnya dapat ditemukan dengan mudah di dalam kitab suci ke enam agama yang diakui secara konstitusional di republik ini.

"Tapi untuk mewujudkannya kita butuh sekularitas bukan sekularisme. Artinya soal bagaimana aturan mainnya kita sendiri yang harus menentukannya," kata Yudian.

Ia pribadi mengaku menerima amanah sebagai Kepala BPIP menggantikan Yudi Latief yang mengundurkan diri pada Juni 2018, sebagai bentuk jihad dalam upaya mempertahankan NKRI.

Lantas, apa saja yang akan dilakukan BPIP dalam membumikan nilai-nilai Pancasila khususnya bagi generasi milenilai? Simak selengkapnya dalam Blak-blakan bersama Prof Yudian Wahyudi, "Agama, Musuh Terbesar Pancasila " di detik.com, Rabu (12/2/2020).

Sumber



alhamdulilah, akhirnya ada yg waras, menyadari dan mengakui bahwa agama adalah sumber masalah di negara ini


insya allah pemahaman ketua BPIP ini bisa dimengerti dan disebarkan ke seluruh warga negara ini, terutama yg dikampung2 yg mudah di hasut dan diprovokator oleh para alim ulama


ditunggu komentar kaum religius untuk menyerang balik dengan tuduhan PKI dan WAHYUDI dgn penggiringan opini seakan2 pernyataan ketua BPIP ini salah dan sesat,

dan lalu membuat penggiringan opini seakan2 pancasila dgn sila ke 1 nya diartikan justru mendukung gerakan teroris religius mereka. emoticon-fuck



profile-picture
profile-picture
profile-picture
latifbastian123 dan 39 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh buaya.
Halaman 1 dari 17
Sulit untuk membantah apa yang diutarakan bapak ini emoticon-Blue Guy Smile (S)







































emoticon-raining
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sad but true....!!!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Hapus sila-1 Pancasila … menghambat .. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:



banyak yg baca judul doangan.. emoticon-Ngakak

betewe.. ada agan2 yg ingin merubah Pancasila dengan ingin menghapuskan sila pertama atau sila2 yg lain??

silahkan ngacung!!!!

emoticon-Smilie

betewe lagi...

yang mengarahkan ke suatu agama juga idiot.. ga bisa mencerna berita..

emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh khayalan
Lihat 3 balasan
Entah kenapa kalo kata "agama" disebut, itu merujuk ke agama.
manusia tanpa agama sesat
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
he's right you know
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayukuya1988 dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 6 balasan
"Agama, Musuh Terbesar Pancasila "

gua koq kesilap matanya jadi bacanya:

"Islam, Musuh Terbesar Pancasila "

Tapi harus diakui sih kalo 74 tahun Pembangunan Indonesia gak melesat seperti negara negara lainnya yang notabene baru merdeka belakangan seperti Singapura, China bahkan Jepang yang luluh lantak dibom atom 1945... gua rasa gara gara Agama terlalu masuk ke dalam kancah berkehidupan bernegara, dikit dikit agama, cari pemimpin dilihat agamanya...

Bukan berarti Sila ke 1 dihilangkan, dalam arti gak boleh ada agama di Indonesia... tapi seharusnya Agama dipandang sebagai ranah urusan pribadi saja.. untuk urusan pribadi silahkan melakukan kewajiban agama sebebas bebasnya... lu pribadi mau menjalankan syariat paling ketat pun silahkan asal untuk pribadi saja, jangan dipaksakan untuk umum bernegara.

Coba bayangkan kalo dari dulu Indonesia menerapkan hal ini, udah pesat jadi Negara Maju sekarang.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kdx69 dan 33 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Lihat 8 balasan
Balasan post khayalan
Quote:

Ngomongnya minoritas yg ingin membunuh pancasila. Tapi kemudian langsung tuduh kalo agama scr keseluruhan sbagai musuh pancasila. Gak konsisten nih orang. Kalo emang bener yg dia omongin (agama musuh pancasila) berarti sdh dari dulu pancasila digilas sama agama.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
l..l, dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Nunggu bajer 50 ribu kebakaran jenggot, gara2 liat statement beginian emoticon-Big Grin

Oke, langkah pertama untuk menghilangkan musuh itu, dengan cara Menghilangkan Kolom Agama Di KTP dan seluruh dokumen2 lain emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan samuelsepfarman memberi reputasi
Diubah oleh Kelthuzad.lich
Agama aliran garis keras dari gurun.
Kalau aliran indonesia sih tidak bertentangan. Tapi ya itu kadrun malah menganggap islam aliran nusantara itu sesat.
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh ora.w4r45
Lihat 2 balasan
totali sekuler kalo mw maju 😅😅.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Mungkin lebih tepatnya aliran kadrun panatik yg menghambat Pancasila, bukan agama Islamnya ya emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post Ranchufish
Quote:



ga akan dibiarkan oleh ormas2 dan partai2 agama,


karena periuk nasi dan kekuasaan mereka bersumber dari ikatan agama dan politik
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kdx69 dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh landcroft
Quote:


Bapak ini tidak punya takut keknya....
profile-picture
EdwinSyn memberi reputasi
Quote:


Emang ada Agama yg menyesatkankah emoticon-Takutemoticon-Takut
Kalau menurut gw sih..
Malah pancasila itu konsep dasar negara yg prematur karena buru2 kejar tayang pas indonesia merdeka.

Termasuk juga UUD 45.

Karena isinya sangat basic.

Makanya kalau kata iwan fals .
Pancasila itu bukan sekedar rumus kode buntut.

Tapi realnya emang begitu.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
agusdwikarna dan 2 lainnya memberi reputasi
Kalimatnya tersirat tapi jelas ya merujuk ke agama yang mana...
profile-picture
profile-picture
aloha.duarr dan pink.forces memberi reputasi
Lihat 22 balasan
Quote:


Negara sekuler mana yg maju ??.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 17


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di