CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Jangan Salah, Kota Pati Juga Punya Empek-Empek. Bagaimana Bentuk dan Rasanya?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42fb0b82d495583a16c9d6/jangan-salah-kota-pati-juga-punya-empek-empek-bagaimana-bentuk-dan-rasanya

Jangan Salah, Kota Pati Juga Punya Empek-Empek! Bagaimana Bentuk dan Rasanya?


Empek-empek khas pati, kuliner pati

Siapa sih yang tidak mengenal pempek Palembang, salah satu kuliner Indonesia yang banyak disukai? Perpaduan rasa manis, asam, dan pedas yang khas dari cukonya mampu membuat penikmatnya ketagihan. Kini setelah usaha kuliner menjamur, hampir di seluruh pelosok negeri jajanan bergizi ini bisa ditemukan.

Sebuah kabupaten di Jawa Tengah ternyata juga memiliki jajanan khas bernama empek-empek. Empek-empek khas Pati ini hanya bisa ditemukan di Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Entah kapan tepatnya, yang jelas kuliner ini sudah ada sejak lama. Namun belum banyak orang mengenalnya. Meskipun demikian, jajanan ini wajib masuk dalam list kuliner jika pulang kampung, lho!

Bagaimana bentuknya? Pasti agan dan sista sudah pada penasaran.

Begini penampakan dari empek-empek Pati. Lihat gambarnya saja ane jadi pengen pulang kampung emoticon-Embarrassment

Jangan Salah, Kota Pati Juga Punya Empek-Empek. Bagaimana Bentuk dan Rasanya?

Empek-empek khas Pati ini terbuat dari potongan-potongan gorengan, seperti lumpia isi mie, heci/bala-bala, bala-bala tanpa sayur, tahu, dan tempe. Kalau yang di gambar, ane minta tanpa tahu dan tempe. Potongan gorengan ini kemudian diguyur dengan kuah dan ditambahkan bumbu kacang, kecap, cuka dan saos. Cocok juga ditambah dengan irisan timun. Rasa kuahnya sendiri sudah pedas dan gurih. Bagi penyuka makanan pedas dapat ditambahkan pula potongan cabe rawit segar. Rasa kuah yang sudah dicampur dengan bumbu lengkap tadi adalah gurih, pedas, sedikit asam, dan segar, mampu menggoyangkan lidah penikmatnya.

Jika agan dan sista mampir ke Pati, empek-empek Pati adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba!

Jajanan ini disajikan dalam sebuah mangkok, dan sebaiknya harus segera disantap jika sudah tercampur dengan kuahnya. Apabila agan menunda untuk memakannya/ beli untuk dinikmati di rumah, maka sebaiknya dipisah dengan kuahnya saat membungkus. Biasanya penjualnya sudah paham.

Mengapa demikian?

Karena jika terlalu lama potongan gorengan bercampur dengan kuah, akan menjadi lembek. Tampilan menjadi tidak menarik dan mengubah rasa dengan tidak adanya sensasi 'kres' saat menngunyah. Gorengan akan lebih nikmat jika ada kriuk-kriuknya bukan?

Kuliner ini dapat agan temukan di dekat GOR Puri Kabupaten Pati, di lokasi kuliner alun-alun Pati dipindahkan. Ada beberapa penjual empek-empek disana. Dulunya, alun-alun kota Pati menjadi pusat kuliner. Namun sekarang sudah dilarang untuk berjualan disana dan lokasi berjualannya dipindahkan.

Satu porsi empek-empek dibandrol dengan harga 5000-7000 rupiah, sudah cukup mengenyangkan perut.

Sebagai warga kota Pati, ane tertarik untuk coba membuat sendiri empek-empek ini, agar dapat mengenalkan sensasi segar pedas saat meneguk kuahnya, kepada teman yang tinggal di daerah lain. Namun sampai sekarang, ane belum menemukan resepnya saat berselancar di dunia maya. Orang-orang tua pun ketika ditanya hanya menyebut bawang putih sebagai bumbu utama dalam kuah empek-empek. Sedangkan resep bumbu kacangnya masih menjadi misteri.

Bagi agan/sista yang tahu resep empek-empek ini, boleh komen disini, karena kawan-kawan saya sangat penasaran ingin mencicip rasanya. Sementara mereka tidak ada agenda untuk berkunjung ke Kota Pati.

Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkenan untuk mampir🙏
Sampai jumpa di thread selanjutnya!



Sumber: opini pribadi, pengalaman pribadi
Sumber gambar: dokumentasi pribadi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
evihan92 dan 9 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh syrupmaple
Halaman 1 dari 3
wah ane blm pernah nyoba gan....boleh jg ini kalau bsk kesana lg
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Silahkan dicoba gan. Semoga cocok di lidah ya!
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
patii yah bree?? pengen nyoba nih anee
wkwkwkwkwk

nais trit, baru yang beginian ane bree
hehehehe
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Balasan post syrupmaple
Rasa yang pasti itu ya buatan sang koki
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Yoi bre. Kapan-kapan mampir ke pati bre
profile-picture
profile-picture
profile-picture
akutenshi dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Bener emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iissuwandi dan 2 lainnya memberi reputasi
nanti kalau ke pati, kudu nyoba nih
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Empek-empek pati ya, baru denger ane. Oke sip.
🤭🤭
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan 3 lainnya memberi reputasi
penggemar jajanan, hadiiiir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan 2 lainnya memberi reputasi
Waah baru denger nih. Taunya Palembang emoticon-Jempol
profile-picture
profile-picture
syrupmaple dan iissuwandi memberi reputasi
baru tau ane
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
belum pernah makan..hehe
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
wajar sebenernya sama2 kota pesisir dengan palembang, pasti jaman dulu adat dan cara pembuatan ini juga sama2 menyebar,
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
baru tau ane gan, selama ini taunya cuman pempek palembang
boleh lah kalo pas maen ke pati tar ane coba
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
Lihat 1 balasan
oalaaaahhh itu tuh namanya empek empek khas pati yahh? ane baru tauu nih hahahahhaa
kalo makannya sih sering sering aja di kantin sekolahan
makasih banyak atas informasi yang amat sangat bermanfaatnya ya ts
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
Balasan post yay1016
Quote:


yeyy ane ada temennyaaa
sama bangett ane baru tau hahahaha namanya doang yaaa yang sama gitu tapi bedaa
profile-picture
syrupmaple memberi reputasi
Quote:


Wajib gan🤭
Quote:


Orang mana bang? Memang gak terkenal kyk pempek palembang sih
Quote:


Wah apalagi penggemar jajanan. Wajib nyoba nihemoticon-Big Grin
Quote:


Iya sis , gak seterkenal pempek palembang. Dari rasa pun beda jauh. Cuma sama-sama nagihemoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di