CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Cashback dan Manfaatnya bagi Perusahaan Jasa
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42db91af7e93555b1ee8b1/cashback-dan-manfaatnya-bagi-perusahaan-jasa

Cashback dan Manfaatnya bagi Perusahaan Jasa


Cashback dan Manfaatnya bagi Perusahaan Jasa

Dalam dunia bisnis, terlebih akhir-akhir ini, sering kali kita mendengar istilah cashback. Cashback adalah sebuah penawaran oleh penjual barang atau jasa kepada pembeli di mana pembeli diberikan pengembalian berupa uang tunai, uang virtual, atau berupa produk atas pembelian yang mereka lakukan dengan syarat dan minimum pembelian yang telah ditentukan oleh penjual. Saat ini, kebanyakakan cashback yang ditawarkan oleh penjual biasanya tidak selalu berbentuk uang tunai, melainkan virtual money, produk, atau variasi cashback lainnya.

Perusahaan yang melayanai jasa massage misalnya, jika customer memesan jasa massage dengan tarif sekian akan mendapatkan cashback berupa potongan 15% di pemesanan massage selanjutnya. Promo semacam ini dilakukan agar customer melakukan pemesanan ulang kedepannya. Hal ini tentu tidak hanya menguntungkan bagi customer tapi juga bagi perusahaan. Untuk perusahaan startup, promosi dengan menggunakan cashback merupakan sebuah strategi yang tepat, karena saat ini customer jauh lebih tertarik dengan promo berupa cashback dibanding voucher atau pemberian poin. Untuk menetapkan persentase cashback, alangkah lebih baik jika perusahaan melakukan penghitungan dan survey terlebih dahulu.

Pertama, coba tengok margin keuntungan dari masing-masing jasa yang akan dibayar customer. Hitung jasa apa yang paling menguntungkan hingga yang paling sedikit menguntunkan kemudian tentukan jasa yang mana yang akan memiliki cashback yang paling besar. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka cashback yang ditawarkan pun harus lebih banyak dan besar.

Kedua, perusahaan bisa melihat kompetitor mereka untuk dijadikan referensi. Cashback seperti apa yang mereka tawarkan, berapa jumlah yang persentase yang mereka berikan, dan lain-lain. Setelah mengetahui kondisi pasar, perusahaan akan lebih mudah menentukan cashback seperti apa yang akan ditawarkan kepada customer. Hal ini agar perusahaan dapat bersaing dengan kompetitor mereka. Umumnya perusahaan jasa menawarkan cashback bagi customer mulai dari 10% hingga 20% dengan minimal pembelian atau pembayaran tertentu. 

Sumber Referen:

Halo Jasa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di