CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Apa Sih Pentingnya Garansi untuk Perusahaan Jasamu?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42d57baf7e9350a3605660/apa-sih-pentingnya-garansi-untuk-perusahaan-jasamu

Apa Sih Pentingnya Garansi untuk Perusahaan Jasamu?


Apa Sih Pentingnya Garansi untuk Perusahaan Jasamu?

Sebagai perusahaan yang bergerak di layanan jasa, tentu salah satu aspek yang wajib ditonjolkan adalah service atau layanan yang kita berikan untuk customer. Service atau layanan kita menjadi penentu kualitas perusahaan jasa kita. Service yang baik berarti memuaskan pelanggan, dan kepuasan pelanggan akan memberi image yang baik pada perusahaan jasa kita. Service, kepuasan pelanggan, dan rating atau penilaian perusahaan merupakan sesuatu yang berbanding lurus. Apabila service baik dan pelanggan puas, maka rating perusahaan pun akan baik. Begitu pula sebaliknya. Untuk itu sangat penting bagi sebuah perusahaan jasa untuk all out dalam memberikan service, karena customer pasti ingin mendapatkan yang terbaik dari kita.

Salah satu cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan adalah dengan memberikan garansi. Garansi adalah jaminan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada pelanggan, bahwa pelanggan tersebut akan mendapatkan produk atau layanan yang baik, sesuai dengan tawaran yang diberikan oleh perusahaan dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Sebuah perusahaan yang menawarkan jasa service AC misalnya, garansi yang diberikan bisa berupa service ulang jika dalam kurun waktu yang telah ditentukan AC yang sebelumnya diperbaiki rusak kembali.

Perusahaan jasa akan jauh lebih baik jika menerapkan program garansi. Pertama, garansi akan membantu perusahaan dalam meningkatkan kepercayaan customer. Saat customer menerima garansi, mereka biasanya akan jauh lebih tenang karena mereka merasa memiliki jaminan akan layanan yang mereka terima. Misalnya sebagai jaga-jaga jika apa yang mereka terima tidak sesuai dengan eskpektasi atau semacamnya.  Selain itu, kepercayaan dan kepuasan customer juga akan meningkat dengan adanya garansi ini.

Tak hanya itu, garansi juga dapat dijadikan sebagai alat quality control dan penetapan standard perusahaan. Perusahaan yang menawarkan garansi kepada customer secara otomatis akan termotivasi untuk memberikan service terbaik demi mendapatkan feedback positif dari customer. Dengan begitu, perusahaan secara otomatis akan meningkatkan kualitas mereka. Perusahaan dengan layanan service AC misalnya, akan memiliki standardtersendiri bagaimana caranya agar service AC-nya berkualitas tinggi. Entah dengan meningkatkan kulitas vendor, meningkatkan kualitas equipement, atau meningkatkan aspek lainnya.

Dengan garansi, perusahaan secara tidak langsung juga telah melakukan promosi. Customer biasanya lebih memilih perusahaan yang menawarkan garansi daripada yang tidak. Dengan begitu, garansi juga berperan sebagai alat promosi perusahaan. 


Sumber Referensi:
Halo Jasa


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di