CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Berita Dunia Hiburan /
Difilmkan, Adakah Beda Cerita 'Ranah 3 Warna' dengan Novel?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42c89ac9518b66da7e2b7e/difilmkan-adakah-beda-cerita-ranah-3-warna-dengan-novel

Difilmkan, Adakah Beda Cerita 'Ranah 3 Warna' dengan Novel?

Difilmkan, Adakah Beda Cerita 'Ranah 3 Warna' dengan Novel?


Akan selalu ada perdebatan soal cerita sebuah film adaptasi novel. Ada yang lebih suka versi novelnya dan kadang komplain soal versi filmnya, ada juga yang lebih memilih versi film ketimbang novel. Mengadaptasi cerita novel ke film layar lebar memang tak mudah.

Riset mendalam diperlukan dalam mengalihvisualkan novel ke film. Itu juga yang terjadi dalam proses penggarapan film 'Ranah 3 Warna' yang diangkat dari novel Ahmad Fuadi.

Secara garis besar, 'Ranah 3 Warna' berkisah tentang Alif yang ingin belajar ilmu teknologi agar bisa menjadi seperti sosok Habibie, tokoh idolanya. Namun di tengah perjalanan dia menemukan kendala yang membuat mimpinya terkesan mustahil.

Ahmad Fuadi menjelaskan, secara keseluruhan cerita dalam film masih sesuai dengan apa yang ditulisnya lewat novel 'Ranah 3 Warna'. Karena kisah masih berkutat dalam kehidupan Alif Fikri dan segala mimpinya.

Difilmkan, Adakah Beda Cerita 'Ranah 3 Warna' dengan Novel?


"Kalau di Negeri 5 Menara, Alif masih sekolah nah di sini (Ranah 3 Warna), Alif sudah melanjutkan pendidikannya. Tapi yang bersungguh-sungguh belum tentu berhasil juga, harus ada kesabaran," ujar Ahmad saat berbincang santai dengan wartawan belum lama ini di Jakarta.

Beban riset pun akhirnya jatuh ke pundak Arbani Yasiz yang memerankan Alif Fikri. Ternyata sang aktor sempat mengalami tekanan saat pra-produksi berlangsung.

"Saat reading sempat bikin saya stres, saat syuting hari terakhir pun stres. Berhasil nggak ya saya memerankan karakter Alif? Alhamdulillah, semua tantangan bisa dilewati," ujar Arbani saat berbincang santai dengan wartawan belum lama ini di Jakarta.

Difilmkan, Adakah Beda Cerita 'Ranah 3 Warna' dengan Novel?


Jika dalam kisah 'Negeri 5 Menara' disampaikan pesan Man Jadda Wa Jadda, siapa yang bersunggung-sungguh akan berhasil, dalam cerita 'Ranah 3 Warna', terselip pesan Man Shabara Zhafira, Siapa yang bersabar akan beruntung. Pesan itu mengingatkan kepada banyak orang untuk bersabar dalam setiap usaha yang dilakukan.

"Ada kalimat yang paling jitu, sesuai dari buku, Man Shabara Zhafira. Kadang saya suka menjalani sabar dengan cara yang salah. Dari film ini saya belajar banget bagaimana sabar yang benar," ujar Arbani Yasiz.

Film 'Ranah 3 Warna' yang diproduksi MNC Pictures itu, dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air mulai 25 Juni 2020.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di