CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Cerita gue tentang pengalaman kuliah
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42c024a2d19536920891cc/cerita-gue-tentang-pengalaman-kuliah

Cerita gue tentang pengalaman kuliah

halo gan ane pen curhat disini yaakk
jadi gan ane mahasiswa yang sedang dalam fase salah pilih jurusan...
ane ngerasa kayak ini bukan passion guee
dan guee ngerasa saat ini gue harus cabut buat nyoba ptn terbaru..
(gue kuliah di salah satu ptn )

gue sekarang adalah mahasiswa dkv semesster 2 dan gue ngerasa banget ada yang janggal kayak gue tuh suka banget yang namanya ngulik tentang dunia marketing,entreupreunership tapi kemaren alasan gue milih desain karena gue mikirnya kuliah disini tuh gak terlalu susah....
ternyata salah coyy... gila sih gue stress banget yang namanya tugas gagal bikin sama tugas belum kelar.

sebenernya itu belum ngebikin tekad gue buat pindah jurusan... tapi yang bener2 ngebikin bulet adalah temen2 gue gan...
ya temen2 gue gan... gimana yah gan gue ngerasa kea temen2 gue tuh kayak bocah SMA banget yang ngebikin bikin circle2 pertemanan.apa karena gue mikirnya gue gak bisa asik gitu mo ngobrol apa tapi gue tiap ada apa2 gue ngajak ngobrol mulu.. dan gue lama2 gedek dengan situasi yang gue gak suka
jadi dari situ gue rada kesel mau berbaur ma temen2 baru gue. dan kea lama kelamaan gara2 ginian ngebikin tekad gue bulet mo pindah jurusan.

yang pingin gue tanyain gimana pengalaman agan pas kuliah tentang sosial nya dan gue harus ngapain sih di dunia kuliah tuh ?
gue sma asik2 aja dan kontak gue cuma notif temen2 sma gue.gue ngerasa temen baru gue tidak semenyenangkan gue pas sma
atau gue mikir beda cara pergaulan (gue orang jakarta soalnya)(gue kuliah bukan di jakarta)
gue sih gak punya masalah apa2 karena gue paling hubungin temen pas nanya tugas dsb.

dan sekarang gue lagi belajar yang namanya sbmptn.gue udh sempet bilang sama nyokap bokap buat gue gak kuliah dulu dan fokus buat belajar sbmptn tapi gak diizinin.jadinya gue tetep kuliah di hari2 tertentu.

jadi makanya ane nulis thread di h2h emoticon-Big Grin
mo sekalian curhat gan soalnya ane mo curhat ke temen tapi keanya gue ngerasa lemah banget buat ngutarain keluh kesah gue.gue tipikal orang yang gak mau ngebikin orang ngerasa kasian ma gue.



dan pertanyaan terakhir gue:
cara kalian milih jurusan kuliah soalnya temen2 gue juga banyak yang ngalamin salah jurusan.apa masih labil gue juga bingung wkwkwk
thank you

Cara milih jurusan kuliah?

1. Apapun jurusan yang lo pilih, pastiin lo tau apa yang akan lo hadapi (kalo lo milih jurusan itu) dan betul-betul tau konsekuensinya.

2. Jangan pernah milih jurusan karena alasan finansial atau prospek kerja.

3. Jangan milih jurusan (hanya) berdasarkan dari pelajaran yang paling lo kuasai atau pelajaran yang paling lo sukai.

4. Jangan milih jurusan karena disuruh sama orangtua karena toh yang akan ngejalanin & menanggung semua suka-dukanya adalah diri lo sendiri

=================

Jadi rumus tokcer buat milih jurusan yang tepat dan dijamin gak akan bikin lo nyesel seumur hidup:


“ Pilihlah bidang yang membuat lo tertantang… Pilih bidang yang bikin lo penasaran sampai lo rela buat ngulik itu siang-malem tanpa kenal waktu biar gak dibayar sekalipun. Pilih bidang yang tanpa disuruh pun lo curi-curi waktu buat belajar sendiri, atau tanpa sadar suka cari-cari info di internet atau lewat google.. Pilih jurusan yang memicu ‘sense of wonder’ dalam diri lo. Pilih jurusan yang bener-bener jadi muara ilmu pengetahuan yang ingin lo tekuni sampai akhir hayat lo… ”


itulah (menurut gue) rumus yang paling tepat buat milih jurusan yang bener… Kalo lo nemu bidang yang bisa bikin lo ‘merinding‘ karena tertantang, nggak akan ada lagi tuh pertanyaan semacam….

“Kalo jurusan X ini kerjanya nanti ngapain? Prospek gajinya gede gak?
Jurusan ini belajarnya ngapain aja sih nantinya? Kerjaannya nanti ngapain yah?”
Gue suka pelajaran A, tapi gue juga jago di pelajaran B, eh tapi gue juga minat di pelajaran C. Jadi sebaiknya gue ngambil jurusan apa yah?”


(Zenius education)
Diubah oleh Hikigaya009
Lihat 1 balasan
klo cara milih jurusan ane ga tau jg krn waktu kuliah ane ga suka jurusan ane, sukanya pas udah wisuda emoticon-Hammer

Klo masalah teman nih ya, misalnya ente pindah nih trus teman2 ente d kampus yg baru trnyata ga seperti ekspektasi ente malah lbh buruk dibanding kampus sblmnya. Apa ente pengen pindah jg?
kalo pengalaman ane sih gan
hal baru itu bakalan terlihat lebih menyenangkan
lu bakal terjun berorganisasi, mencari uang, berkreasi, mengumpulkan massa, bersosialisasi, dll. lu bakal dihadapkan dengan kerjaan yg mungkin lu anggap menyenangkan dan mungkin bisa memalingkan pikiran lu dari kuliah yg bener. lu juga pasti bakal dapet temen baru dan mungkin bakal klop, memurut saya disini lu bisa jadiin backup kalo temen kampus lu gak srek, tapi lu mesti tetep tau informasi.
nah disemester yg makin tua, lu bakal lebih dihadapkan dengan tugas perkuliahaan yg lebih gila apalagi jika lu ikut suatu organisasi atau panitia even maka waktu lu bakal terasa sangat sedikit. dari sini bakal muncul rasa malas lu dan beranggapan salah jurusannya dah kejauhan. tapi itu semua cuma rintangan, selama lu masih konsisten dan ulet setiap pengalaman lu pasti bisa lu aplikasiin ke disiplin ilmu lu yg dimana kedepannya lu bisa nyari kerja yg bener
btw gua semester 8 sekarang, doain semoga cepet lulus ya heheh
Cara nentuin jurusan pas ane SMA?

1. Ane yakin semua jurusan pasti bnyk tugas emoticon-Big Grin
2. Ane ga dibayarin kuliah klo selain masuk FKed atau FTek
3. Ane sadar diri, jd ane milih teknik aja...
4. Krn ane sadar diri maka ane pilih teknik termudah, Teknik Industri emoticon-Ngacir

Intinya hrs sadar diri sih..

Klo masalah pergaulannya pinter2 kita aja adaptasi
Ga ush gampang baper, kesel atau apalah
Klo tmn ga suka sm kita ya gpp, mungkin kita bkn seleranya (topik obrolannya beda) emoticon-Ngakak (S)

Cari aja yg 1 selera, atau kita yg belajar selera/topik mereka..

Bnyk2 ngalah aja klo mau bnyk tmn emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Quote:

Spoiler for spoiler:
Lihat 1 balasan
Gw milih jurusan sesuai dgn kebutuhan pangsa pasar aja 😂😂😂 simple, setelah kuliah kita butuh duit wkwk
Cerita gue tentang pengalaman kuliah
you can do it
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah
Balasan post Hikigaya009
Quote:


wkwkwk ini mah ane udh tau,cuma mau tanya gimana klo pendapat agan..
makasih gaann
Quote:

itu sih kalo ane simpel aja, dulu milih jurusan karena diajak temen ..
Balasan post enam.kehendak
Quote:


iya sih gan tapi aku tuh udh berusaha banget ngejaga banget yang namanya friendship.kea gue klo kesel dengen sesuatu gue gak bakal ngungkapin karena pertama gue statusnya belum punya temen banyak. dan gue juga ketemu ada temen gue yang kasusnya sama gan. beda nya dia sreg dengan kuliah tapi ya lingkungan sosial ngebikin dia gak betah. gue kaget banget sih segininya lingkungan luar? maklum soalnya dulu gue sekolah sama temen klo ada masalah mah langsung selesain abis itu have fun bareng2.jadi kyk gue ambil kkesimpulan emang lingkungan gue aja yang kacau..

btw thankyou gan atas tips nya
Balasan post 3770372
Quote:


iya gan ane udh ketemu yang ginian tapi yahhh gak sreg aja lah gue ngejalanin nya apalagi kena dua problem..

thanks gan saran nya
Quote:

gue gak tau juga gan,tapi gue klo ngerasain dua bebaan tuh gimana yah... gue udh ngambil jalan tengah buat kuliah di hari2 ternteu supaya tugas gue gak numpuk buat belajar sbmptn gitu..
capek gan klo udh suntuk ddi matkul,temen gak ada yang support.di support juga ma temen2 sma gue yang gak tau gimana gue dikampus


Quote:

gue udh pengen ngelakuin itu gan semenjak masuk kuliah,tapi gimana yah gue dikampus gak ada yang support mana tiket pulang jakarta jauh jadinya gue ke tempat temen gue yang kuliah jauuh
aamin gan hehe

Quote:

simpel dan praktis sih gan jawaban ente wkwkwk
Quote:


1. Masalah sosial saat di lingkungan Kampus terkotak-kotak keknya hampir semua deh, pengalaman gw waktu kul di salah satu PTN di bandung yakni Dipatiukur. itu keliatan banget kok, apalagi saat itu tiap satu angkatan dibagi beberapa kelas. yah cara hadapinnya yah, well ente harus bisa ADAPTASI, apa lagi lo tau bukan kuliah dijakarta, perbedaan pola pikir dan pandangan itu masing-masing orang punya cara sendiri , so jgn di samain. yah mungkin aja dijakarta orang-orang bisa di ajak kongkow2 kalau didaerah fokus belajar bahkan kelompok-kelompok perdaerah. INGET KULIAH TUH BUAT BELAJAR BAIK MATKUL ATAUPUN ORGANISASI,dan bakal berguna banget ketika menghadapi dunia kerja.
Catet: LO BAKAL INGET ITU ENAKNYA MASA-MASA SAAT KULIAH CUMAN BEBAN MATA KULIAH DOANK, DIMANA SAAT ITU LO UDAH LULUS DAN BANYAK BEBAN HIDUP LEBIH BESAR DIMASA DEPAN.

2. Masalah pindah jurusan itu hak lo, tapi inget biaya yang udah dikeluarkan orang tua gmna? apakah sanggup untuk membayar biaya kuliah ditempat lain? kalau masalah biaya g ada masalah lanjut aja. kalao masalah susahnya mata kuliah, dimana-mana belajar itu sulit yah yang lo rasakan itu ga ikhlas aja mau belajar, walaupun gagal kalau berusaha dan iklas pasti bisa walaupun mungkin nilai g bagus2 amat setidaknya B itu pasti.

3. Kalau gw pemilihan jurusan Yah ngukur diri sendiri kemampuan, gw kuat di bidang apa? karena sanggup bidang hapalan dan hitungan yah gw masuk Fak.Ekonomi dan bener aja yah setidaknya nilai gw IPK gw sampe lulus 3.4 an .walaupun ga pinter2 amat dikampus karena banyak lebih pinter.
gan, agan dengarin ini baik baik
https://youtu.be/DjxhenAHyGk

( tonton sampai abis )
lo mau pindah kuliah gara gara temen doang? entar kalau udah pindah dan ga cocok lagi sama temen lo pindah lagi dong?
Quote:


kagak gan baca bener2 napa gue pengen pindah gara2 gak sreq sama jurusan yang gue ambil


Quote:


Gw baca kok, lo bilang tugas segala macam belum buat lo bertekad pindah, tp temen temen lo yg bikin tekad lo bulat kan?
untuk jurusan kuliah lu,lebih baik pindah gan.jangan lama2 karena makin lama bayarannya jalan terus,mumpung masih sem 2.
untung friendship lu emang kebetulan lingkungan kelas lu aja yang toxic.gw kuliah malem,teman2 disini sih fun2 aja karena emang mereka juga udah pada kerja dan rata2 ya pemikirannya dewasa jadi ga ada masalah kek anak2 baru masuk kuliah.
profile-picture
falin182 memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di