CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42bddda727683dbb28fab2/pengusaha-kayu-pohon-mahoni-semakin-tua-makin-mahal

Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal

Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal
Kompas.com - 07/02/2020, 16:49 WIB



Penulis Muhammad Isa Bustomi | Editor Sandro Gatra
TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Revitalisasi kawasan Monas khususnya pada sisi Selatan menjadi sorotan karena adanya penebangan pohon yang jumlahnya mencapai ratusan. Pohon-pohon tersebut terdiri berbagai macam jenis, salah satunya mahoni. Pengusaha kayu di kawasan Serpong, Tangerang Selatan, Hasan mengatakan, pohon mahoni yang ditebang memiliki kualitas baik. Bahkan, kayu jenis pohon tersebut memiliki harga yang relatif tinggi. "Kita tidak main kayu berkelas gitu. Kita main murah aja kayu jenis sengon gitu. Cuma mahoni itu ada kelas kelasnya. Diameter 60 sentimeter sampai Rp 4 juta per kubik. Kalau di bawah diameter 60 senti bisa Rp 2,8 juta," kata Hasan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/2/2020).


Menurut Hasan, harga jenis kayu mahoni semakin tinggi jika usianya terbilang tua. Pasalnya, kata Hasan, kayu yang berusia tua memiliki kualitas yang baik. "Kalau semakin tua semakin mahal. Cuma biasanya harga segitu sudah diproses seperti sudah ditebang dan segala macam. Kalau sama pohon itu ada rumusnya, satu pohon itu jadi berapa kubik," paparnya. Bukan soal harga, proses kepemilikan kayu jenis tersebut harus memiliki izin karena keberadaanya yang tak bisa dimiliki di lahan pribadi. "Lagi mahoni itu jenis kayu kehutanan yang dilindungi lah kasarnya. Menebang harus izin, kalau nggak salah Dinas Kehutanan. Sekalipun masyarakat menanam nebang harus izin," katanya.


Karena itulah tak banyak pengusaha kayu yang memproduksi jenis pohon tersebut. "Termasuk saya nggak main karena ribetnya itu. Kalau pun ada pemeriksaan Dinas Kehutanan itu ada surat-suratnya," tutupnya.


Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah sebelumnya mengakui bahwa ada 191 pohon yang ditebang demi proyek revitalisasi sisi selatan Monas. Menurut dia, penebangan pohon itu tak bisa dihindari. Selain pohon yang ditebang, ada 85 pohon yang dipindahkan ke sisi barat dan timur kawasan Monas demi proyek itu. Kepala Seksi Informasi Unit Pengelola Teknis (UPT) Monas Irfal Guci menyatakan hal serupa. Irfan berujar, 191 pohon ditebang karena terlalu besar.


Irfal berujar, ada banyak jenis pohon yang ditebang. Beberapa di antaranya merupakan pohon buah. "Banyak pohonnya, ada jati satu, kemudian ada trembesi, ada mahoni, ada juga pohon buah," ucapnya. Saefullah mengaku tidak mengetahui keberadaan 191 pohon yang ditebang. Dia hanya memastikan, batang 191 pohon yang ditebang itu tidak dijual.


"Oh enggak, enggak (dijual). Saya yakin enggak ada nilainya," ujar Saefullah. Revitalisasi sisi selatan kawasan Monas pertama kali menjadi sorotan karena adanya penebangan sejumlah pohon demi proyek tersebut. Sejumlah pihak mengkritik keputusan Pemprov DKI yang mengorbankan pohon-pohon di sana untuk membangun plaza. Arsitek pemenang sayembara desain kawasan Monas Deddy Wahjudi mengatakan, revitalisasi sisi selatan kawasan Monas tidak harus menebang pohon. Dalam desain yang dia buat, pohon-pohon di sisi selatan Monas tetap dipertahankan. Dia mengusulkan, pohon-pohon tersebut dikonservasi di antara plaza yang dibangun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal", https://megapolitan.kompas.com/read/...n-mahal?page=2.
Penulis : Muhammad Isa Bustomi
Editor : Sandro Gatra

gak dijual tapi kok ngak kasih lihat di mana? itu aset publik, publik wajib diberitahu di mana pohon itu berada. Gak dijual juga bisa berarti diberi secara cuma cuma kepada orang lain.


profile-picture
servesiwi memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Tuh dengerin sekda!

Ngebohongnya ga kira kira


emoticon-fuck
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan galuhsuda memberi reputasi
Tidak dijual tapi ngga bisa menjelaskan dikemanain tuh kayu. Padahal tinggal nanya ke pihak pelaksana.

Kalo ngga dijual trus kayu2nya dibuang begitu saja ? Atau diserahkan pada siapa aja yg mau ambil ?

Lebih goblok lagi kalo begitu....
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
membohongin publik dgn cara yg sangat GOBLOK

anak buah bon bonemoticon-Tai

profile-picture
profile-picture
profile-picture
madL99 dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ya udah, kalo ga bernilai buat gue aja sini tuh kayu2 gue tampung semua
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan galuhsuda memberi reputasi
Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal

emoticon-2 Jempol
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan otak.100cc memberi reputasi
Pengusaha Kayu: Pohon Mahoni Semakin Tua, Makin Mahal
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
I SMELL SOMETHING STINK.
penuh kebohongan dan kepalsuan

anies tidak punya pilihan selain bersama orang-orang munafik
Para cebong disini negatif semua

Tuh kayu dibikin kayu bakar demi kehangatan dan kemaslahatan umat.

Paham lo semua?!! Bukan buat dijual! Atau disembunyikan, memang sudah dijadikan kayu bakar ko

emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
Skyland999 dan galuhsuda memberi reputasi
Quote:


Gubernur dan jajarannya maksimal tololnya tapi gw lebih kasihan sama pendukungnya, jauh lebih tolol.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
esaka.kedua dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jhonlenon60
Uda gk bakal kelacak tuh ataupun kalau ada, gk bakal bisa nyasar ke Anies, skrng yg diperlukan bukti uang transferan, lah kalau dibayar dalam bentuk lain spt tanah dan deal-dealnya berlangsung di luar negeri? Susah terendus, Blum lagi adanya orang dalam yg bekerja utk Anies atau siapapun yg terlibat.
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Mahoni dimonas milik ALLAH, apa yg hilang bukanlah milik kitak.
Dari Allah kembali ke Allah....
Ebong gk usah julid dan dengki
emoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
servesiwi dan galuhsuda memberi reputasi
klo memang ga bernilai, sini buat gue aja itu batang mahoninya

dasar saefullah berkepala kontoI
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
yg waras pasti paham soal kayu emoticon-Cool
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Kemana tuh pohon nya ....
begitu rupanyaemoticon-Jempol
bagi2 lobster lagi
ayo mumpung masih berlimpah dana2 yg ada
Sekda tukang bohong,

Udah jadi pembohong yang pinter, karena ngikut bosnya si gubernur kadrun..

Kayu mahoni kalo dah kering sulit utk dibelah
Tenang, disehatkan kan jadi muda kembail.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di