CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42b986018e0d796223b580/pa-212-terowongan-istiqlal-katedral-dilarang-islam

PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam

PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam

Jakarta - Ketua Media Center Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin menanggapi rencana pembangunan terowongan bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dengan Gereja Katedral di Jakarta.
Novel Bamukmin menilai pembangunan terowongan yang disebut sebagai 'terowongan silaturahmi' oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu tidak diperbolehkan dalam agama Islam.

"Dari sisi agama Islam sangat terlarang, karena masjid harus suci dari sentuhan orang yang beragama di luar Islam. Sehingga kesucian ini harus dijaga. Tidak sembarangan orang harus masuk ke dalam masjid," ujar Novel kepada Tagar, Senin, 10 Februari 2020.
Kemudian dia mendesak agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) harus segera bersikap atas rencana yang menurut dia 'nyeleneh' itu. 
Musababnya, pembangunan terowongan penyambung antar rumah peribadatan tersebut akan mengusik syariat agama Islam, lantaran mencampuradukkan hak dan batil.
Novel menilai, kerukunan antar umat beragama sudah berjalan dengan baik. Sehingga pembangunan terowongan Istiqlal-Katedral baginya tiada urgensi untuk dikonstruksi. 
Dia mencontohkan demonstrasi massal PA 212 pada 2016 lalu telah menunjukkan terjalinnya toleransi antar umat beragama.

Dari sisi agama Islam sangat terlarang, karena masjid harus suci dari sentuhan orang yang beragama di luar Islam.


"Dibuktikan masa alumni 212 sampai kurang lebih 7 jutaan pada tahun 2016, sangat terjalin yang mana pengantin yang sekiranya melangsungkan perkimpoian di Katedral, diantar dan dikawal oleh massa 212, termasuk FPI (Front Pembela Islam)," kata dia.
Selain itu, mantan Jubir FPI itu menganggap rencana pembangunan terowongan silaturahmi akan menjadi hal yang sia-sia dan hanya menghabiskan uang negara semata. 

Padahal, dikatakan dia saat ini perkembangan ekonomi Indonesia sedang merosot tajam dan banyak rakyat yang masih kelaparan. 
Sehingga, wacana pembangunan terowongan silaturahmi patut dikritisi. Terlebih, kucuran dana yang akan digelontorkan pemerintah, kabarnya hingga Rp 475 miliar.
Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan akan ada terowongan bawah tanah yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, Jakarta. Kala itu, dia didampingi Menteri Agama Fachrul Razi dan Menteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.
"Ini menjadi sebuah terowongan silaturahmi. Jadi tidak kelihatan berseberangan, tapi silaturahmi," kata Jokowi saat meninjau renovasi Masjid Istiqlal, Jumat, 7 Februari 2020.


sumur

emoticon-Leh Uga ngoahahah


ingat ya masjid wajib steril dari tangan kotor orang2 kafirun kafirin al-kuffar emoticon-Leh Uga

PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 21 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 7
PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam


profile-picture
profile-picture
profile-picture
vaxinblood dan 9 lainnya memberi reputasi
Dari sisi agama Islam sangat terlarang, karena masjid harus suci dari sentuhan orang yang beragama di luar Islam.

Terus pas pilkada kemarin gimana dong ????

S&K berlaku ??? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vaxinblood dan 9 lainnya memberi reputasi
PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam

PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
yanka555 dan 43 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Bentar2... Dr kitab mana tu ngajinya, ane pengen tau...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vaxinblood dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
aduh gimana ya ngikut2 aja ini pa 212
profile-picture
profile-picture
vaxinblood dan gabener.edan memberi reputasi
Cuma bisa ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
free_use dan 5 lainnya memberi reputasi
Setiap sholat Ied, Jumatan, mobil pada banyak parkir di katedral, jadi biar mudah nyebrang, dibuat jalur bawah. Gitu juga sebaliknya...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 9 lainnya memberi reputasi
dalilnya apa?
profile-picture
gabener.edan memberi reputasi
orang goblok agama kog di dengerin...emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cipokan.yuk dan 2 lainnya memberi reputasi
Si gigi hiu klo omong ga pernah pakai otak
profile-picture
goodspell memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Setau ane yg dilarang itu masjidil haram doang...
emoticon-Traveller
Sok exclusive bgt emoticon-Busa

Itu media jga napa sih tiap org ini ngoceh dimasukin media dan gratis publikasi ? emoticon-Busa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wmt22 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh donal.duck.
Quote:


Tujuan utama terowongan emang ini ya gan alasannya??

Kalo bener ya g ada salahnya sih.
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan luv.you memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mana dalilnya?
kecuali masjidil haram iya
profile-picture
natsuzaki48 memberi reputasi
Kooooontol 212.paling berisik.

PA 212: Terowongan Istiqlal-Katedral Dilarang Islam
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mangentong dan 13 lainnya memberi reputasi
kongtol lah gigi hiu
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan mobiusgatz memberi reputasi
Tooth fairy
Maling sendal suci noh!
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan galuhsuda memberi reputasi
Quote:

475 lu mau bikin jembatan sirotol mustakim.
Jangan smpe dh bikin jembatan tar setan2 banyak yg nangkring dijembatannya lagi.
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di