CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e429d6168cc95538e42ffda/tarif-ojol-naik-ongkos-pelajar-no-ya

Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!

Masyarakat yang tinggal di perkotaan, khususnya di Ibu Kota Jakarta ini begitu dimanjakan oleh beberapa pilihan kendaraan umum termasuk ojek online (ojol), dimana ojol angkutan roda dua ini kini menjadi salah satu idola karena kemudahan dan praktisnya untuk menuju suatu tempat dengan lebih cepat daripada angkutan umum lainnya.

[ HT# 569 ]

Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
tirto

Dengan mengandalkan pemotor sebagai mitra perusahaan sebagai driver ojol untuk melayani konsumen, rupanya kini perusahaan mulai memiliki hitung-hitungan untung dan rugi yang lebih 'kritis', apalagi kalau bukan menaikan tarif ojol.

Seperti biasa, pro dan kontra persoalan kenaikan tarif terjadi. Masyarakat belum lama ini baru saja menelan ludah sendiri setelah adanya kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan tol, dan kini ada rencana kenaikan tarif ojol. Wew.

Oke saja sih menurut saya asalkan dengan syarat 'klasik' pelayanan dan sarana harus benar-benar di tingkatkan, kendaraan harus layak jalan, dan driver harus tertib berlalulintas.

Namun satu hal yang tak kalah penting bagi saya adalah kenaikan ini (jika jadi) sebaiknya pertimbangkan pula tarif bagi pelajar. Seperti di era 90an dimana pelajar dikenakan tarif bus murah dari penumpang umum lainnya. Salah satu tujuan pemerintah saat itu adalah agar pelajar bisa belajar mandiri, dan tentu saja meringankan beban kerja dan pengeluaran orang tua.

Zaman telah berubah, meski telah ada armada jemput bola bus khusus sekolah tapi sayangnya memiliki keterbatasan jumlah armada dan sulitnya menjangkau pelajar dari tempat tinggal rumahnya. Pelajarpun harus jalan kaki berapa ratus meter untuk ke halte bus yang tentu saja dengan tas yang terasa berat ini sudah cukup menguras energinya, akan lebih merepotkan lagi jika hujan telah turun, bisa kita bayangkan bagaimana repotnya mereka.

Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
okezone

Tapi dengan hadirnya ojol di tengah masyarakat proses penjemputan bisa lebih praktis, cepat, dan langsung menuju sekolah. Ojol terbukti membantu orang tua yang sibuk, tidak memiliki kendaraan, atau tidak bisa naik kendaraan untuk mengantarkan anaknya ke sekolah. "Ada rasa percaya, daripada naik motor sendiri malah ugal-ugalan di jalan", kata salah satu tetangga saya.

Beban biaya hidup yang terus merangkak naik ini sebaiknya jika pemerintah jadi menaikan tarif ojol, sekali lagi pesan saya tolong di fikirkan ulang mengenai kenaikan tarif ini, apakah memang sudah benar-benar mendesak? Apakah memang hanya ini solusinya? Kelebihan apa yang ditawarkan setelah kenaikan ini, ada jaminan? Kalau misalkan jawabannya adalah 'iya' tolong di kaji ulang dan berikan tarif khusus untuk penumpang pelajar, berikan dengan tarif yang lebih murah atau setidaknya masih dengan tarif lama.

Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
dramaojol

Dengan membedakan tarif lebih murah bagi pelajar keuntungan lain adalah untuk meminimalisir pelajar yang belum layak berkendara, belum memiliki SIM, mengurangi volume kendaraan di jam sekolah, meringankan kerja orang tua, dan biaya sekolah anak jadi lebih terkendali.

Pembeda tarif ini tentu saja bagi pelajar harus memiliki hak dan pelayanan yang sama. Ini bisa menjadi salah satu bukti jika perusahaan ojol dan mitranya benar-benar mendukung pelayanan massal secara aman dan nyaman. Harapan saya dengan adanya ojol harus benar-benar membantu masyarakat dan mensukseskan program pemerintah agar masyarakat mencintai dan mau naik kendaraan umum, bukan malah sebaliknya.

Sebuah opini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
davecchio dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh iskrim
Halaman 1 dari 6
ojeggg bang! emoticon-Traveller
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
profile-picture
gikogaza memberi reputasi
Quote:


Oalaah keluarga berencana nee mah emoticon-Cape d...
Mending Taxol

Sekolah bekerjasama dengan taxolm antar jemput anak sekolah.
profile-picture
wanda Thung memberi reputasi
iya ane sedih, tarif ojol sekarang mahal banget
jadi jarang make ojol sekarang
ndak peernah pake ojol
eh btw lama ente ga nongol yak usaha bijimana masih lancarkah
Ongkos buat karyawan harusnya juga engga sih wkwkwk soalnya gaji juga engga naik-naik wkwkwk
siapa ni yang buat kebijakan macem kek gini?
Lihat 1 balasan
Kenaikan tarif ojol dan demo terakhir bisa jadi unsur politis biar org beralih naik angkot dan transjakarta.tapi memang roda pasti berputar
Lihat 1 balasan
Setuju sekali jika tarif ojol untuk pelajar dimurahin, karena bisa menurunkan jumlah pelajar yang naik motor.

bata collector emoticon-Bata (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kodoktogog dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh PenebarTerror
Lah emangnya angkot? Kan sesuai aplikasi.. emoticon-Hammer2
permintaan yg tidak masuk akal
status pelajar penumpang tidak akan berpengaruh pada cost yg dibebankan ke driver

Tarif Ojol Naik? Ongkos Pelajar No, Ya!
profile-picture
profile-picture
artesia666 dan ojo.kondor memberi reputasi
sekarang ojol emang ga semurah dulu sih gan, promonya juga jarang banget
Bikin kantong bolong juga sih, mending naek angkot kalo gini mah emoticon-Hammer2
kenapa tarif ojol makin hari makin naik ajasih. ntar klo sepi gausah nyalah2in lagi yak, pake demo2an segala. driver udh bejibun dimana2 numpuk itu jg bikin sepi pelanggan. nah skrg tarif mau dinaikin lagi makin sepi dah tuh ojol
Quote:


bener gan, toh jg sama aja bakalan smpe tjuan. Mgkn bedanya lebih praktis ajasih, tp klo utk berhemat boleh jg tuh
Generasi manja.. emoticon-Ngakak (S)

Pelajar jaman dulu jalan kaki & naik sepeda aja nggak ngeluh & sampai skrg pd sukses..

Situ baru tarif ojol naik aja sudah kebingungan cem pemuda tanpa harapan.. emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
westciss dan 5 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya gan, kalo tujuannya masih bisa dijangkau transportasi umum mending naik itu aja sih, tapi kalo tempat tujuannya rumit masuk masuk gang dan jauh dari jalan besar ya naik ojol aja emoticon-Ngakak
Mungkin bisa cari alternatif lain juga gan, sekarang TJ udah rapih dan cepat dengan koridor yang banyak dan armada yang cukup. Sering liat pelajar pada naik TJ juga
Quote:


bener gan, klo emg bisa dijangkau pake transportasi umum sih boleh aja. Tp emg klo masalah kenyamanan sm cepetnya sih ya emg bakalan kalah sm online sih. Tp balik lg sih tergantung kebutuhan gan. Tp klo di daerah baru paling aman online aja dah,anti nyasar2 club emoticon-Jempol
Diubah oleh marikemana
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di