CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Serba-serbi Unik tentang Korea versi Ane
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42711e349d0f4de809fab3/serba-serbi-unik-tentang-korea-versi-ane

Serba-serbi Unik tentang Korea versi Ane


Serba-serbi Unik tentang Korea versi Ane

Saat ini, nama Korea begitu tenar dengan K-Pop dan Drama-nya, melalui beberapa Boy/Girl Band dan TV Series-nya, serta para aktor dan aktrisnya yang tampan dan kece badai.

Terlepas dari semua itu, sebenarnya Korea juga punya sisi ‘unik’ lainnya yang menarik untuk diketahui. ‘Unik’ di sini berarti lain dari yang lain, atau hanya dipunyai oleh Korea saja, yang tentunya menurut pandangan Ane.


1. Punya Saudara Kembar yang Tidak Identik

Serba-serbi Unik tentang Korea versi Ane
Garis batas Korut dan Korsel

Jika mendengar kata ‘kembar’, biasanya kita langsung terbayang sesuatu yang identik, mirip, hampir sama dan sulit dibedakan, bak pinang dibelah dua.

Tapi hal itu tidak berlaku buat Korea. Meski negara ini mempunyai ‘saudara kembar’, namun antara keduanya hampir tak punya kemiripan, bahkan sangat kontras perbedaannya, khususnya di bidang ideologi negara.

Pada awalnya Korea hanya satu, tak terbelah tak terbagi. Namun akibat perang dunia, Amerika Serikat dan Uni Soviet seperti berebut wilayah jajahan. Maka pada bulan Agustus 1945, kedua negara itu seolah berbagi ‘harta rampasan perang’. Soviet mendapat bagian wilayah utara, dan mengembangkan wilayah ini menjadi negara dengan ideologi Komunis. Sementara USA mengambil sisi selatan. Karena itu, sekarang kita mengenal adanya dua negara, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan, yang tidak identik, bahkan terjadi ‘perang saudara’ antara keduanya.


2. Disebut Negeri Ginseng Karena…

Serba-serbi Unik tentang Korea versi Ane
Ginseng Korea

Setiap negara umumnya disebut dengan sesuatu yang identik atau banyak terdapat di negara tersebut. Misalnya, Cina disebut ‘negeri tirai bambu’, karena beragam jenis bambu memang banyak tumbuh di sana. Jepang terkenal dengan julukan ‘negeri sakura’ sebab bunga ini banyak tumbuh dan bermekaran di negeri matahari terbit tersebut. Begitu juga dengan Belanda yang disebut sebagai ‘negeri bunga tulip’, karena bunga ini menjadi ikon keindahan negeri kincir angin tersebut.

Lalu Korea disebut sebagai ‘negeri ginseng’. Benarkah negara ini banyak menumbuhkan tanaman yang dikenal sebagai ‘obat kuat lelaki’ tersebut. Secara alami, ginseng tumbuh di berbagai begara seperti Vietnam, Amerika dan berbagai belahan bumi utara lainnya, termasuk Korea.

Namun di Korea, khususnya Korea Selatan, ginseng ditanam secara profesional dan serius, sehingga tanaman ini menjadi komoditi ekspor bagi negara ini. Ginseng Korea terkenal karena mutunya yang terbaik di dunia. Hal itu tidak lepas dari upaya pembudidayaan tanaman ini secara khusus, misalnya tanah / lahan yang dipakai hanya untuk sekali tanam. Kemudian ginseng baru dipanen setelah beruia 6 tahun. Itulah sebabnya negara ini disebut negeri ginseng.


3. Foto Pemimpin Lebih Berarti dari Anak Istri

Bulan Januari lalu, terjadi kebakaran di sebuah rumah di Onsong Korea Utara. Seorang ibu pemilik rumah segera berlari ke dalam rumah yang berkobar itu untuk menyelamatkan anak-anaknya. Semuanya selamat, namun sang ibu itu lupa atau tidak sempat menyelamatkan foto dua pemimpin Korea di masa lalu, yaitu Kim Jong Il dan Kim Il Sung, hingga terbakar.


Atas kelalaiannya itu, si ibu ditahan polisi setempat dengan alasan tidak menghargai dan memperhatikan para pemimpin, meski pemimpin itu sudah wafat dan meski hanya berupa foto. Karena itu, warga Korea Utara diwajibkan pada setiap rumah memajang foto-foto para pemimpin mereka, khususnya yang sudah meninggal dunia, sebagai bentuk penghargaan terhadap mereka.

Itulah tiga hal unik tentang Korea versi Ane. Silakan GanSis menambahkan jika ada yang lain, di kolom komentar di bawah ini.(*)
****
Ref 1, Ref 2 Ref 3

profile-picture
kudanil.la memberi reputasi
Reservasi
ginseng juga makin bagus harganya makin selangittt euy disana
profile-picture
Aboeyy memberi reputasi


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di