CARI
KATEGORI
KATEGORI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e425ddbc8208466ad2d1c80/mirip-wali

Mirip Wali

Mirip Wali

Sebuah Kisah menceritakan perjalanan spiritual dari teman OM Widi. Yang kisahnya banyak humorisnya, kental mistis.
Cerita ini bisa menggugah pembaca untuk menyelami dunia Sufi. Walaupun cerita ini di cerita kan dengan sederhana Dan jenaka. Tetapi bisa di ambil hikmahnya.
Inilah Kisah "Mirip Wali", nyata adanya berasa fiksi alur ceritanya.

Mirip Wali

Mirip Wali 1

Awalnya aku diajak temen kantorku, dia dulu temanku tapi sekarang posisinya diatasku...
Pada suatu sore dia memanggilku pas lewat ruangannya ketika pulang kerja "om, sini ngopi, ada yang mau tak obrolin " aku pun stelah fingerprint nyamperin diruangannya langsung duduk disofa tamu.

"ana apa bos, kok tumbenan ngajak ngopi..."
"enggak, santai aja karena aku mau minta tolong sedikit "
" hadeh, masak komandan mau minta tolong sekelas aku sih, orang tak berdaya gini ..."
"ngene lho om...ehm..sik..sik...mas lindu...mas lindu !!!"
Dia beringsut dan memanggil mas lindu, security kantorku...
" inggih pak " kata mas lindu menuju ruangan...
"pesenke kopi...karo awakmu pesen apa ?"
"pak wahyu nopo ? Kopi item ?" mas lindu menawari aku...
"iya mas kopi item..." jawabku...
"aku nescafe" jawab mas agus yang duduk sambil megang rokok sampoerna mild...
Oh. Iya yang memanggil aku masuk ruangan adalah mas agus, gaya jakarta asli kebumen...
"aku katene crita, aku duwe kanca ana keahlian iso ambil benda dari alam "kata mas agus sambil membuka pembicaraan...
"aku yo iso..." jawabku cengengesan, tabiat yang sudah kubangun lama yaitu bercanda, biar hilang sifat aku, sifat angkuhku...
"cuk !! Iki tenanan iki. Serius..." mas agus kesel sambil cengengesan...
" trus apa yang bisa saya bantu bos, aku wong cilik, nggak tau apa apa ?"
"tulung samplingke batuan saka kancaku, ahli menarik benda alam...."

Next season
Next time

Quote:


Quote:
emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Kim2011 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919
Halaman 1 dari 2

Mirip Wali .02.

Teman mas agus namanya juga agus, cuman orang asli purwodadi aslinya di gundih. Berguru agama dari cirebon sampai arab.

Cara yang ditempuh pun tak masuk akal
Dua taun serasa 10 hari. Bertemu para ulama mashyur ada ulama ulama tasawuf, ada ulama ulama syariat, bahkan ketemu gus dur.

Nah hal unik unik ini yang akan saya susun menjadi cerita, cerita yang banyak mengandung hikmah.
Mas agus gundih ini punya murid dan pondok, mengajinya hanya bercerita mengajak kebaikan dan agama, tidak membuka kitab, semua yang diajarkan hanya mengajak sholat, dan hal hal umum .

Mas agus gundih juga bercerita bertemu ulama ulama besar. Dan malah kadang telp telpunan...

Bahkan gus mi#t#h yang lagi kesohor aja pernah dinesahati dirinya. Pernah telp kh.m#akr## a#m#n bahkan dia bercerita pernah menjadi tukang kayu di pabrik mebel bapak presiden...

Ceritanya pas malam itu datar aja, beberapa saat setelah ketemu dan ngobrol di rumah dinas mas agus.
Agus bertemu agus. Ditemani pak budi perhutani. Dan mas joko teman sekantor kami...

Inilah sekelumit mas agus, mas agus yang mengaku bukan wali tapi banyak tau tentang wali...
Bahkan ulama masyur yang aku kenal baik dia juga kenal, emang mas agus gundih itu siapa ?
,aku juga tak tahu, yang aku tahu hanya bisa bercerita kepadamu dan berharap kita dapat memetik sebuah hikmah dari bercerita...

Sebagaimana dalil

Dalam hadits Qudsi, “Allah berfirman yang artinya: “Para Wali-Ku itu ada dibawah naungan-Ku, tiada yang mengenal mereka dan mendekat kepada seorang wali, kecuali jika Allah memberikan Taufiq HidayahNya”

Abu Yazid al Busthami mengatakan: “Para wali Allah merupakan pengantin-pengantin di bumi-Nya dan takkan dapat melihat para pengantin itu melainkan ahlinya“.

Sahl Ibn ‘Abd Allah at-Tustari ketika ditanya oleh muridnya tentang bagaimana (cara) mengenal Waliyullah, ia menjawab: “Allah tidak akan memperkenalkan mereka kecuali kepada orang-orang yang serupa dengan mereka, atau kepada orang yang bakal mendapat manfaat dari mereka – untuk mengenal dan mendekat kepada-Nya.”

Next time
Next season

profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919

Mirip Wali 03

Mas agus gundih orangnya kecil, berdagu kotak, ciri bergeraham besar, giginya besar, agak maju dikit, rambut lurus dibelah tengah, kurus , kulit coklat, kumis tipis , pantat tepos.

Sangat jauh performance seorang kyai bahkan dai aja jauh dari style gayanya, kata orang orang daerah kudus terkenal dengan julukan "mas agus bengkel wong konslet " bahkan ada yang memberi gelar "tukang ndandani uwong " atau "tukang reparasi manusia " atau malah ada yang nyebut pakai gelar syeh "syeh malik tukang ngobati uwong "
Ketika mas agus bercerita itu sambil senyum, menghisap pelan rokok mild pemberian mas agus selaku tuan rumah malam itu...

Mas agus bercerita awal dia berguru agama, dia mengaku bukan NU atau Muhammadiyah, karena keduanya adalah organisasi islam, dan dia mengaku belajar agama islam saja nggak pakai organisasi, itulah salah satu pendapat mas agus.

Awal berguru adalah ketika ia pengen belajar baca al quran waktu kerja di brebes, atas saran teman dia disuruh ke cirebon, sampai di cirebon bertemu ulama yang namanya aku lupa mengingatnya.
Sampai aku menulis ini pun nggak ingat, cuman itu ulama lumayan terkenal di cirebon sana.

Disini hanya cerita awal kejadian, kejadian agar kita kembali ingat, bahwa kita itu penempuh jalan ruhani...
Para penenpuh jalan kembali...
Hanya disisi Allah tempat kita kembali...

profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 4

Episode obat virus corona

Ditengah cerita nggak jelas juntrungnya mas agus gundih bercerita tentang virus. Corona di wuhan...
"lha orang cina itu diadzab Allah karena telah berperilaku dzolim " kata mas agus, sesaat dia melanjutkan "orang uyghur di karantina, tidak boleh keluar, dipenjara , dikekang haknya bahkan sampai nggak boleh sholat dan punya agama islam " coba sekarang di wuhan itu kan sebelahnya uyghur, semua kena wabah virus, akibatnya satu kota dikarantina nggak boleh keluar, banyak yang mati, itu namanya dia adzab sama Allah, karena presiden cina membanggakan teknologi, ilmu pengetahuan dan melupakan Allah pemilik segalanya, padahal obat virus itu gampang sekali " jelas mas agus gundih kepada kami....

Suasana menjadi hening sejenak dan kemudian mas agus gundih melanjutkan " saya di beritahu Allah obatnya ".

Aku mendengar itu hanya diam, mungkin ini yang namanya ilham atau wangsit atau wisik ghaib, bagiku juga nggak penting, aku hanya tak mau memaksa sebuah pemahaman, biarlah dia bicara sepanjang tak menambah Tuhan menjadi 2 atau 3 akan kubiarkan dan tak kudebat, karena ini dirumah orang, aku hanya menjaga sikap sesama tamu dirumah dinas ini.

"jadi manusia itu janganlah sombong kayak jian jie ping itu (mungkin maksudnya presiden china) negara maju, ekonomi pesat, teknologi maju, diuji dengan penyakit, penyakit yang disebabkan oleh virus, virusnya namanya corona " jelas mas agus seperti mengulang yang tadi..

"obatnya gampang padahal, hanya bawang putih dimakan , nah aroma dan khasiat bawang putih itulah yang akan membunuh virus corona itu, tapi saya mau memberitahu presiden cina juga bingung gimana caranya masak saya temui presiden cina, lha saya ini siapa ? Trus ngomonge juga piye ? " mas agus gundih terkekeh dan kami yang ada juga ikut ketawa..

Kadang sesuatu yang rumit itu selesai dengan cara yang mudah dan un prediktable.

Next scene...
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919

Mirip Wali 5

Sebelum bercerita dan ceritaku ini anggaplah, sebuah dongeng saja. Aku tak ingin berdebat dan didebat, karena aku hanya pendengar dan banyak mendengar dalam jagongan ini, jagongan masalah iman dimana banyak dominan mas agus gundih dan aku serta teman temanku hanya mendengarkan saja.

Dan biar nggak berdebat anggaplah beliau berdongeng saja dan aku menulisnya dalam sebuah cerita.

Mas agus gundih berjam jam cerita, seperti kothbah yang panjang kadang masalah tauhid, kadang perilaku yang baik sesuai syariat agama dan ada yang sifatnya menghindari sifat sifat buruk.

Menurut cerita mas agus gundih, bahwa dia pernah bertemu syeh haqqani di lebanon, atau pas di mekkah (saya lupa) , mas agus bercerita...
" syeh haqqani pernah memegang tangan saya ?" terang mas agus gundih " dia (syeh haqani) itu muridnya syeh abdul qodir jailani "
Aku pun bertanya "lho mas bukannya beliau itu mursyidnya Naqsyabandiyah ?"
Mas agus gundih dengan menjawab "iya, beliau memang naqsyabandi tapi beliau diajar syeh abdul qodir ketika di mekkah "
"ehm beliau sudah meninggal sekarang", kataku sambil menunjukan foto beliau di internet pakai hape "tahun 2014, sekarang penerusnya ini " kataku menunjuk syeh kabbani di foto hapeku.
"iya itu muridnya " jawab mas agus...
Sementara yang lain pada mendengarkan dialog kami berdua...
" pantesan kapan hari saya telp kok syeh haqqani nggak mengangkat, ternyata dah meninggal " kata mas agus gundih datar.

Sementara aku malah mlongo....
Bukan takjub, bukan tak percaya...
Aku hanya tak menyangka dia berkata kata...

Next season....

Note:
Syaikh Muhammad Nazhim Adil ibn al-Ahmad ibn Hasan Yashil Bash al-Haqqani.Mursyid besar Tarekat Naqsyabandiyah abad ini. Beliau dilahirkan pada tahun 1922 M (1341 H) di Kota Larnaka, Siprus (Qubrus). Beliau dilahirkan dari keturunan yang mulia. Dari sisi ayahnya, silsilahnya sampai kepada sufi besar Islam, Syaikh Abdul Qadir Jailani, pendiri tarekat Qadiriyah. Sedangkan dari sisi ibunya, silsilahnya menembus sampai kepada sufi dan penyair besar, Jalaluddin Rumi. Jadi, pada dirinya ada pertemuan dua samudera tasawuf Islam.meninggal pada 7 Mei 2014 (8 Rajab 1435), berusia 92 tahun.
Penerusnya :
Muhammad Hisham Kabbani Atau Syaikh Muhammad Hisham al-Kabbani (lahir 13 Safar 1364/28 Januari 1945) adalah Sufi Muslim Lebanon-Amerika terkemuka. Kabbani telah menasihati dan menyarankan para pemimpin Muslim di seluruh dunia dari Afghanistan ke Inggris untuk membangun ketahanan masyarakat terhadap ekstremisme kekerasan. (sumber wikipedia)
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919

Mirip Wali 6

Aku bercerita seperti potongan puzzle, susah diterka, meloncat loncat dan tak urut...

Pengen tau maksudnya ?

Karena ada hal yang kalo diceritakan atau kuceritakan membuat yang baca tersesat atau menuduhku menghina orang mashyur. Orang orang shaleh, atau guru guru mereka padahal itu kata mas agus gundih, dan juga saya takut merusak pemahaman orang padahal asalnya bukan dari aku, hanya bercerita saja, cerita ketika bertemu seseorang yang mirip cerita wali, atau ini sebenarnya orang yang diceritakan orang di e-book "wali paidi" . Aku jujur tak tau karena mas agus juga nggak mempersoalkan jalan hidupnya seperti cerita wali paidi tersebut.

Kembali ke kisah mas agus gundih, "aku setelah ketemu ulama cirebon itu disuruh berjalan ke arah indramayu dan aku berjalan kesana, dengan dibekali tugas mengamalkan dzikir la qaula walla kuata ila bila, aku terus berjalan menuju indramayu. Dan diberi pesan ketika nanti jika dijalan bertemu orang yang mengucapkan salam balaslah, dia itu gurumu kelak " mas agus gundih mematuhi perintah ulama cirebon itu...ia berjalan menuju ke arah indramayu.

Ditengah jalan ada lelaki tua berpakaian compang camping menyapanya dengan salam, dia menengok ke kanan "walaikumsalam " alangkah terkejutnya lelaki berpakaian compang camping, berbaju putih lusuh dan berlubang dibeberapa sisinya mirip orang tak punya ?atau gila ? Entahlah mas agus hanya mengatakan itu saja kepada kami para pendengar cerita.

Kemudian lelaki itu mengajaknya dipinggir sawah dan disitu telah berkumpul 7 orang, salah satunya adalah ustadz terkenal bernama h##y#n#, dai kondang era 2000an , ada yang bekas perampok ada yang berprofesi tukang kayak dirinya dan ada yang tak jelas kerjaannya, semua mengikuti lelaki berbaju putih lusuh itu. Dan anehnya dia disuruh kembali ke cirebon lagi menemui ulama yang memerintah dia tadi.

Dan mas agus gundih menuju cirebon. Setelah bertemu dia bertanya "saya sudah bertemu orang yang mengucapkan salam dan saya balas salamnya, saya disuruh sowan ke panjenengan lagi " kata mas agus gundih.

"lho kamu bukan muridku, kamu ikuti lelaki berbaju lusuh itu, coba susul ke arah sukabumi atau padalarang !!"

Mas agus gundih pun mengejar orang berbaju lusuh itu. Meskipun dia juga bingung bagaimana mengejar orang itu , karena tak punya uang dia harus jalan kaki bolak balik cirebon indramayu...sekarang harus ke arah sukabumi padalarang. Sementara arahnya saja dia tak tau kemana....

Next scene...
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919

Mirip Wali 7

Untuk mengetahui langkah orang berbaju lusuh itu,,
dia langkah pertama menuju indramayu dahulu dan ditemui lelaki berbaju lusuh itu...

Disitu telah berkumpul enam orang calon muridnya dan tujuh ditambah dirinya.

Rombongan itu menuju tengah sawah dan diberi cangkul masing masing disitu, untuk membuat galian tanah, termasuk sang ustad yang kemana mana sampai naik helicopter kalo dakwah itu, jamaahnya ratusan bahkan kadang ribuan kalo melaksanakan pengajian.

Mas agus menggali tanah dan juga tujuh orang itu ditimbun dalam tanah serta disuruh berdzikir.

Mas agus gundih mengikuti saja apa yang diperintah gurunya itu, dan dia berfikir "lho disuruh ngaji kok ditimbun dalam tanah ?" tapi dia tetep berdzikir dan kalolah mati mungkin ini takdirnya....

Semakin lama yang dia rasakan dingin, trus gelap dan tenang, tanpa disadarinya dia telah sampai di palembang.

"sudah kalian sampai dipalembang, bangunlah " kata guru mereka bertujuh.

Dan ketika mata dibuka telah sampai di palembang, kemudian lelaki berbaju lusuh itu memberi pertanyaan lagi...

"Kalian masih yakin ingin mengaji ? " kata lelaki berbaju lusuh itu...
Semua sepakat masih ingin mengaji lagi...
"baiklah sekarang kita menuju ke mekkah " kata lelaki berbaju lusuh itu...

Lelaki berbaju lusuh itu memerintah 7 orang itu mengambil cangkul lagi dan menggali tanah lagi sebanyak tujuh lobang, semua mengikuti termasuk mas agus gundih mengikuti perintah lelaki berbaju lusuh itu....

Dan prosesi seperti awalnya, masuk tanah dan dikubur hidup hidup.

Dan kemudian mas agus gundih ilang. Tapi tak menuju mekkah seperti yang dijanjikan malah menuju perbatasan afganistan.....

Next capter...
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 8

Lanjut ke cerita...

Di afganistan ternyata masih malam, dan dilangit dia lihat kembang api di langit saling meledak dan bersautan.

Dia terus berjalan di gurun itu dan gelap menjalani malam itu dia masih takjub dengan hujan kembang api dilangit malam itu...

Tiba tiba pundaknya ditepuk dan diajak bersembunyi..
"kamu mau kemana kok, berada di medan perang " tanya orang itu pakai bahasa arab...
"saya mau ke mekkah !" jawab mas agus gundih..
"lho kamu itu salah, ini lagi perang kamu dimedan perang itu tadi hujan peluru dan roket kok kamu santai aja "
" lho saya pikir itu kembang api ?" jawab mas agus tanpa bermaksud melucu...
" kalo begitu kamu jadi pemimpin kami" kata orang tentara dari iraq itu dia diberi "gunmini" cerita mas agus gundih polos...

"bukan gun mini mungkin maksudnya mini gun " jawab ku menerka terka....

"itu lho mas semacam senapan tapi ada kotak bulat peluru dibawahnya" jelas mas agus gundih
"oooo" jawab kami berbarengan seperti orang bloon..
" aku nolak mas, lha wong aku nggak tau caranya makai gimana, disana saya ketemu orang orang indonesia juga, a#r##i dkk, itu lho yang akhirnya ngebom di bali itu lho" jelas mas agus gundih tanpa maksud menerangkan ...
Dan kami serempak bilang "oooooo",..

"mereka itu salah menafsirkan dalil al qur'an dan semua ditelan mentah mentah " terang mas agus...

"Saya sama orang iraq tadi diangkat jadi komandan perang..." kata mas agus gundih, kemudian dialog berhenti karena minuman kopi yang tinggal setengah diminum lagi dan rokok mild di hisab lagi....
" ini lah mengaji langsung, jihad fi sabililah, aku disuruh jihad di afganistan ini " terang mas agus gundih...
" Hari hari dalam perang saya lalui perang jihad menurut aku , eh lagi asyik asyiknya perang tiba tiba pundakku digeret guruku yang berbaju lusuh lagi, beliau berkata "tugasmu bukan disini , nanti kamu salah langkah dan tersesat. Jangan ikuti orang orang indonesia itu, mereka nanti dikampung di indonesia sana kamu membuat kerusakan, ayo lanjutkan jalanmu lagi ",,,.

Tiba tiba dia telah hilang di afganistan, dia telah sampai di kota mekkah....

Dan cerita terus berlanjut...
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 9

Ada cerita ketika mas agus gundih di afganistan dia tidak pernah menembak hanya pistol dibawa kesana kemari, dia seperti perang tanpa senjata..
Sampai dia dibawa gurunya, lelaki berbaju lusuh itu..

Ternyata dia nggak ke mekkah tapi malah balik ke palembang lagi, bersama tujuh orang yang dikubur itu, dan mulai lagi setelah sholat isya menggali kubur lagi dan mengamalkan dzikir dan ditimbun tanah lagi...

Sampai dimekkah hanya 4 orang, gurunya dan 3 orang muridnya, sisanya termasuk ustadz terkenal itu nggak sampai di mekkah....

Kemudian mereka di test lagi untuk melihat kakbah dan yang ada didalamnya...

Yang pertama mantan perampok ditanya , " apa yang kamu lihat didalam kakbah ?" , ia menjawab "nggak melihat apa apa, kyai "
"brarti kamu nggak lulus, kamu belum siap belajar mengaji di mekkah "

"kalo kamu di dalam kakbah melihat apa ?" tanya lelaki berbaju lusuh itu " saya melihat ruang kosong kyai , didalam kakbah hanya ruangan kosong belaka " jawab orang kedua itu...
"berarti kamu orang yang mengada ada dan dusta , kamu tidak lulus...

"Kalo kamu apa yang kamu lihat ?" tanya lelaki berbaju lusuh itu....

Next #apayangmembuatnyalulusujian
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 10

Mas Agus Gundih menjawab " saya melihat di dalam kakbah ada 3 buah tiang, dan ada dilangit langitnya tergantung lampu atau semacam lampu minyak "
"kamu lihat apa yang ada di pintu itu ?" tanya lelaki berbaju lusuh yang sekarang jadi guru mas agus
" ehm, ada tulisan lafadz Allah " kata mas agus...
"trus apa lagi ?"
"lho tadi perintahnya kan nggak lihat tulisan di pintu ?"
"ya coba kamu liat dan baca " perintah sang guru...
"kalo nggak salah la illa ha illalah " jawab mas agus ragu, maklum mas agus nggak bisa mengaji , awal berguru bukan untuk mengaji model begini hanya ingin bisa membaca al qur'an dan menjadi orang baik saja...

" iya. Berarti kamu lulus dan kamu ketemu dulu sama penjaga pintu menuju kakbah sebelah barat, nanti kamu mengaji sama sayid A**** disana di pondok pesantrennya " perintah sang guru...

"saya pamit guru " kata mas agus gundih dan tiba tiba lelaki berbaju lusuh itu hilang setelah mengucap salam...
Mas agus masih dimekkah dan bergegas mencari penjaga pintu kakbah, lama menunggu nggak bertemu kemudian mas agus menuju arah pesatren sayid A****
Ternyata disana banyak sekali ulama dan kyai dari indonesia belajar dan mesantren, mas agus gundih binggung kok semuanya ulama masyhur, dan dirinya itu siapa ?
Sambil clingak clinguk bingung dia tak berani masuk, merasa dirinya bukan siapa siapa dan hanya ingin belajar baca al qur'an dan mengaji....

Next scene...
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 11

Kita tinggalkan mas agus dan belajar mengaji di Mekkah, dan Cerita kembali ke kantor pas sepulang kantor....

"sebetulnya ada apa to mas agus kok tumben, mencari aku ?" tanyaku kepadanya setelah membetulkan letak dudukku..

"ngene om, aku due kenalan, wis koe gak sah ngerti kui sopo sing penting wong kui iso nekake emas ning kene"

" weh, bahaya kui bos nanti urusane panjang kalo dibawa kesini, wah aku nggak paham... Coba cerita yang urut biar aku paham" tanyaku sok tau..

" ngene om, aku pas dolan dolan cari kayu buat bikin rumah ketemu orang perhutani dan kemudian di kenalkan dengan orang itu, dan ia bisa mengambil emas dari ghaib " jelas mas agus...

"wah, aku gak percoyo bos, paling kuning sari kui, aku juga punya yang bisa narik narik kayak gitu. Nanti kalo muncul jadinya bukan emas lagi tapi kuning sari, kayak kuningan kayak tembaga"

Dan mas lindu datang membuka pintu dan masuklah kopi dua cangkir dan aku beringsut sedikit , " suwun lho mas lindu " kataku santun, "inggih pak wahyu retro " balasnya sambil senyum, namaku ditambah retro setelah aku buat sepeda lipat dan kuberi nama retro biker's dan sampai kubuat chanel youtubenya .. Seputar kegiatan sepeda lipat dan juga isinya semau aku saja disitu.

"lah, koe kok gak percoyo, jangankan satu kilo satu ton juga jadi om..." jelas mas agus

"lha iyo , itu berbahaya to mas agus, jual emas sekilo aja berbahaya apalagi sak ton..." aku memberi jeda " coba mas agus pikir, jika kita nih punya emas sekilo trus cara jualnya gimana ? Emas itu meski kecil dia punya berat jenis logam yang berbeda " jelasku sok berteori kayak anak jurusan ipa padahal anak ips...

"aku tau caranya menjual emas begituan juga aku nggak berharap punya, wong asalnya barang ghaib, biasanya kayak gitu kalo nggak palsu ya bohong, atau bau darah " aku mencoba menjelaskan

" maksudnya gimana ? Ini bukan barang curian, ini emas harta karun tinggalan orang jaman dulu istilahnya lah yo, bukan hasil pesugihan " terang mas agus kepadaku...

" ya , enggak tau ya mas, setahu aku kayak gitu bau darah, maksudnya ada perjanjian nyawa kita diambil, masalahnya itu sih, nyawa taruhannya dan aku nggak mau bos kalo urusan kayak gitu " kataku menegaskan...

Next : emas ???
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan Atlantik Thaher memberi reputasi

Mirip Wali 12

Cerita kembali ke mas Agus Gundih di mekkah , tapi sebelumnya ku akan bercerita penilaiku terhadap mas agus gundih ini...

Setiap aku melihat agus aku pindah ke pak budi, lelaki tinggi di depanku dan mas agus gundih di sisi depan kananku , kami terbatas meja tebal kayu jati setelah 20 cm, ciri meja lurah disini dan kaki meja model gareng...

" mas wahyu, dari tadi melihat saya lama dan melihat kami berdua lama , sebetulnya kayaknya mas wahyu kayaknya tau siapa kami dan punya pengetahuan mengenai kami " pak budi bertanya

"hem, susah untuk dikatakan, saya hanya mengamati bapak karena orang yang baru saya kenal dan mas agus kayaknya kita pernah ketemu, kita pernah ketemu dimana mas agus ya ?" jawabku mengalihkan perhatian...

" nggak tau !!! " kata mas agus seolah tau arah bicaraku...

Kalo mau jujur ada yang berkata kata kepadaku, dan dia berkata dalan batinku " aku pengen tau apakah benar kalian sebagai manusia, karena dari tadi mas agus cerita seperti kisah wali dalam hidupnya, jika memang dia wali aku ingin cium tangannya, jika dusta kuanggap teman ngobrol saja, dah keburu tanggung aku nyemplung dalam dialog ini, tapi dalam hatiku muncul bisik bisik kesombongan dan dia berkata :

" kamu adalah ahli dzikir dan dia bukan seorang wali, sebagai mana dia mengaku dirinya bukan wali dia hanya dukun ilmu hikmah !!!" bisikan itu berulang ulang, itulah bisikan iblis yang menjerumuskan, dan aku membaca taawud berkali kali "ya Allah lindungi aku dari bisikan syaithon yang terkutuk " amin

Sebagaimana kisah Kesombongan serta ketidakmauan sujud hormat kepada Nabi Adam AS, Iblis akhirnya dikutuk dan diusir Allah dari surga ke muka bumi dalam keadaan terhina. Sebab, tak sepantasnya makhluk yang takabur dan merasa paling baik berada dalamnya.

Selain itu, Iblis berjanji kepada Allah akan menghalang-halangi manusia dari jalan yang lurus, dari arah mana saja dan dengan cara apa saja, sebagaimana ikrar pernyataannya, “Kemudian aku akan mendatangi mereka dari depan, dari belakang mereka, dari arah kanan, dan dari arah kiri mereka,” (Surat Al-A‘raf ayat 17).

Note : tafsir-at-thabari
profile-picture
profile-picture
profile-picture
cos44rm dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919
Lihat 1 balasan
Monggo dilanjutken, gan....emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star emoticon-Salaman
Balasan post kiocatra919
dilanjut gan

Mirip Wali 13

Iblis itu menyesatkan dengan bisikan halusnya, itulah salah satu ketakutan berurusan dengan hal ghaib, banyak tipudaya dan dusta.

Itulah fungsi membersihkan diri. Fungsi uslah dari keburukan, berpindah tempat, bahkan teman yang dulu dekat juga menjauh itulah makna berubah, karena teman yang baik adalah teman dikala suka dan duka, bukan hanya bersenang senang , foya foya dan hepi hepi saja

Demikianlah iblis memberi julukan dengan kata kata dan pujian, rayuan yang melenakan, bisikan kepadaku
Dengan memuji tapi palsu semua, itulah makanya aku sering sendiri dan menyendiri takut perbuatan burukku menular kepada sekelilingku, aku itu kotor...

Apalagi urusan jin dan siluman atau apapun itu namanya saya nggak mau, karena sebaik baik jin itu seburuk buruknya manusia.

Firman Allah SWT :

يَا بَنِي آدَمَ لا يَفْتِنَنكُمُ الشيْطَانُ كَمَا أَخْرَجَ أَبَوَيْكُمْ مِنَ الْجَنةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْآتِهِمَا إِنهُ يَرَاكُمْ هُوَ وَقَبِيلُهُ مِنْ حَيْثُ لا تَرَوْنَهُمْ إِنا جَعَلْنَا الشيَاطِينَ أَوْلِيَاءَ لِلذِينَ لا يُؤْمِنُونَ


Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.(Al-Araf : 27)

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan untuk mereka menyembah dan beribadat kepadaKu". [Surah Az-Dzaariyaat : ayat 56]

Dari Jabir r.a. ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: "Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di lautan. Dari sana dia mengirim pasukannya untuk membuat fitnah (mengacau atau membencanai) umat manusia. Maka siapa yang lebih besar membuat bencana, dialah yang lebih besar jasanya (terhormat) di kalangan mereka." (HR.Muslim: 2813-Shahih Muslim: 2408)

Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:

وَإِذْ صَرَفْنَا إِلَيْكَ نَفَرًا منَ الْجِن يَسْتَمِعُونَ الْقُرْآنَ فَلَما حَضَرُوهُ قَالُوا أَنصِتُوا ۖ فَلَما قُضِيَ وَلوْا إِلَىٰ قَوْمِهِم منذِرِينَ قَالُوا يَا قَوْمَنَا إِنا سَمِعْنَا كِتَابًا أُنزِلَ مِن بَعْدِ مُوسَىٰ مُصَدقًا لمَا بَيْنَ يَدَيْهِ يَهْدِي إِلَى الْحَق وَإِلَىٰ طَرِيقٍ مسْتَقِيمٍ يَا قَوْمَنَا أَجِيبُوا دَاعِيَ اللهِ وَآمِنُوا بِهِ يَغْفِرْ لَكُم من ذُنُوبِكُمْ وَيُجِرْكُم منْ عَذَابٍ أَلِيمٍ وَمَن لا يُجِبْ دَاعِيَ اللهِ فَلَيْسَ بِمُعْجِزٍ فِي الْأَرْضِ وَلَيْسَ لَهُ مِن دُونِهِ أَوْلِيَاءُ ۚ أُولئِكَ فِي ضَلَالٍ مبِينٍ


“Dan ingatlah ketika Kami hadapkan sekumpulan jin kepadamu yang mendengarkan Al-Qur`an. Maka ketika mereka menghadiri pembacaannya lalu mereka berkata: `Diamlah kamu (untuk mendengarkannya)’. Ketika pembacaan telah selesai, mereka kembali kepada kaumnya (untuk) memberi peringatan. Mereka berkata: `Wahai kaum kami, sesungguhnya kami telah mendengarkan kitab (Al-Qur`an) yang telah diturunkan setelah Musa, yang membenarkan kitab-kitab yang sebelumnya lagi memimpin kepada kebenaran dan jalan yang lurus. Wahai kaum kami, terimalah (seruan) orang yang menyeru kepada Allah dan berimanlah kepada-Nya, niscaya Allah akan mengampuni dosa-dosa kamu dan melepaskan kamu dari azab yang pedih. Dan orang yang tidak menerima (seruan) orang yang menyeru kepada Allah, maka dia tidak akan lepas dari azab Allah di muka bumi dan tidak ada baginya pelindung selain Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata’.” (Al-Ahqaf: 29-32)

Sumber Artikel:
https://salafy.or.id/blog/2006/05/05/seputar-jin-setan-iblis-dan-sifat-sifatnya/ | Salafy.or.id
profile-picture
cos44rm memberi reputasi
Diubah oleh kiocatra919
Asekk neh ceritanya…
bagaimana pun bentuknya orang.

jangan pernah menghakimi seseorang karena penampilan baju atau fisiknya...
don't judge by cover

karena kita tidak tahu siapa yang paling dekat denga Tuhannya.emoticon-thumbsup
profile-picture
Kim2011 memberi reputasi

Mirip Wali 14

Cerita kembali ke mas agus gundih di mekkah

Aku bertanya dalam dialog malam itu " lho mas agus itu pondok pesantrennya sebelah mana kalo dari kakbah , dari pintu kakbah maksud saya ?"
" ya sebelah baratnya ?"
"ehm, mahhad qur 'an ya ? " tanyaku lagi..
" mahhad iku opo om ? " tanya mas agus temen kantorku
"disana itu istilahnya mahhad , ya seperti ponpes kalo di indonesia " jelasku
" lha kok tau sebelah barat pintu kakbah ? Emang pernah kesana apa piye ? " Tanya mas agus dan mas joko hampir bersamaan...
" pernah mas, dua ribu enam belas " jawabku...
" disitu itu ulama banyak dan dari indonesia paling banyak, salah satunya G#s ##r dan S##kh as### al is#### , dan pernah suatu ketika saya disuruh guru saya ketika itu ulama dari indonesia itu sakit mata dan saya disuruh guru saya untuk menasehatinya agar sembuh dari sakitnya...." jelas mas agus gundih

"pripun critane mas agus? " tanya mas agus temen kantorku...

"waktu itu masyayik as### sakit mata, dan dia tidak bisa mengaji dan membaca al qur'an, sedemikian sakitnya sampai nggak bisa membaca kalo diteruskan akan menjadi buta " jelas mas agus gundih sambil mengetuk pinggir asbak untuk menjatuhkan ujung rokoknya...

" saya diberitahu g#s d## untuk menasehati beliau agar tidak marah, karena selama disana beliau mudah marah dan emosian " mas agus gundih diam sejenak dan memberi kesan, namanya dialog ya ada jeda dan bukan melulu jagongan...

#sopotemenbakaltinemu
profile-picture
profile-picture
al.ayubbi dan cos44rm memberi reputasi
Sangat menarik sekali ceritanya, semoga kita bisa mengambil manfaatnya. Monggo di lanjut maneh mas, matur sembah nuwun.emoticon-Jempol

Mirip Wali 15


"Dan tiba tiba lelaki berbaju lusuh itu datang lagi dan menyuruh aku keluar dari Majlis mahhad yang saat itu syaikh Al Habib A### sedang mengajar " mas agus gundih menyambung cerita yang terputus tadi

"kamu temui masyayik A#### , katakan suruh wudhlu dan sholat saja seperti biasa, nanti dia akan sembuh dan bisa membaca Al Qur'an lagi " perintah lelaki berbaju lusuh guru mas agus gundih. Dan kemudian menghilang lagi.

"Kemudian aku menemui kyai as#### yang dikamar sedang sakit" kata mas agus gundih tanpa maksud menerangkan.

"asalamualaikum kyai " kata mas agus selesai mengetuk pintu kamar
"waalikumsalam wr wb " terdengar sautan salam dari dalam dan sesaat kemudian mas agus gundih masuk ke dalam. Dan duduk bersimpuh dihadapan kyai as####.
" kyai saya disuruh memberitahu nasehat agar kyai sembuh " kata mas agus gundih
" lha aku itu abis dari dokter di mekkah, katanya kalo kena air mataku bisa buta, gimana kamu ini " jelas masyayik as####
" saya hanya diperintahkan guru saya untuk menyampaikan obat agar kyai sembuh dari sakit mata dan bisa membaca Al Qur'an. Juga agar kyai tidak gampang uring uringan (marah) " jelas mas agus sesantun mungkin.
"ya udah kalo itu memang pesanmu dari gurumu saya akan laksanakan" kata kyai as####
Mas agus gundih pamit dan besuknya kyai as#### itu sembuh dan menemuinya " gus aku wis mari bar wudlu kmaren , matur nuwun yo "
Kemudian mas agus gundih menceritakan kepada kami dan menasehati " sebetulnya ilmu kedokteran itu diambil dari islam, dari al qur'an dan hadist tapi karena yahudi, maka dia menyembunyikan hal itu, yahudi sengaja menyembunyikan sumber ilmu kedokteran itu asalnya dari mana.

للهُ الْكَافِى رَبُنَا الْكَافِى قَصَدْنَا الْكَافِى وَجَدْنَا الْكَافِى لِكُلٍ كَافٍ كَفَنَا الْكَافِى وَنِعْمَ لْكَافِى اَلْحَمْدُ لِلهِ، حَسْبُنَا اللهُ وَ نِعْمَ الْوَكِيْلُ نِعْمَ الْمَوْلٰى وَنِعْمَ النَصِيْرُ

Allah Dzat yang Maha Mencukupkan, Tuhan kami yang Maha Mencukupkan, kami bermaksud kepada Dzat yang Maha Mencukupkan, kami dapati Dzat yang Maha Mencukupkan, kepada setiap sesuatu yang mencukupkan telah mencukupkan kepada kami Dzat yang Maha Mencukupkan dan Dia-lah sebaik-baik Dzat yang Maha Mencukupkan, segala puji bagi Allah, Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung, Dia adalah sebaik-baik Pelindung dan sebaik-baik Penolong.

Dalam menulis cerita ini tiba tiba aku teringat nasihat guruku, guru yang kucintai , dari dia aku belajar menjaga diri, pelan pelan berubah, meskipun sering aku tutupi dengan hal hal kocak dan ngawur, sebetulnya itu adalah aku sembunyi, aku takut ujub dan takabur sebagai mana nanti akan kuceritakan nasehat mas agus gundih kepada kami, inilah nasihat guruku itu :

Ketika hamba itu jatuh hati pada Allah, dan masuk pada cinta yang membabi buta, semua hilang yang ada hanya Allah, itu namanya hamba jatuh pada maqom fana.. hilang alam dan seisinya, yang terlihat hanya bayangan kekasih, melihat apa saja, yang terlihat hanya kekasih, kekasih dan kekasih, siang malam dibadai rindu.. wujud alam musnah, wujud alam tak diakui. Yang diakui hanya wujud kekasih...yaitu ALLAH... maka dia jatuh pada maqom mukholafatul lil khawadis, mengingkari pada yang baru wujudnya yaitu semua alam ini...

Ketika dirinya bercumbu dengan Allah dalam alam ruhaninya... berkholwat sendirian pacaran sama Allah... ujlah lahir dan batinnya, mengingkari masyarakat, bahkan istri dan anak tidak perduli dan dianggap tak ada... saat itu percintaannya dengan Allah itu akan dibukakan rahasia rahasia Allah... sebagaimana orang yang yangyangan... apa apa dibuka.. hijab hijab dibuka.. hamba akan ditunjukkan berbagai kejadian di luar nalar,

Rasanya cinta itu tidak akan dirasakan oleh orang yang tidak sedang jatuh cinta, seorang yang sedang cinta kadang merasakan rasa udara bahagia, makanya sering bernyanyi nyanyi sendiri tak bedanya seperti orang gila, kadang melamun sendiri ada di dunia hayal yang bukan bersama orang kebanyakan, kadang tersenyum senyum sendirian, kadang awalnya tidak pintar menyusun puisi, lantas pintar berpuisi, sebagaimana orang yang jatuh pada lautan kata kata... lalu berenang di dalamnya dengan riang gembira... karena menemukan dunia baru......

Sama saja orang yang bercinta dengan Allah akan dibukakan oleh Allah aneka hijab, dan masuk ke dalam dunia baru.. bukan dunia yang sekarang di tempati, orang lain sama sekali tak melihat dunia itu, tapi dirinya itu melihat, banyak yang dilihat tapi tak dilihat oleh sesiapapun, rahasia rahasia Allah.. karena dibukakan oleh Allah sang kekasih hati...

Melihat yang bukan orang kebanyakan melihat itu namanya makrifat... melihat yang tak menetap, dinamakan weruh sak durunge winarah. Melihat sebelum kejadian, karena dibukanya hijab penutup, ada tutup itu tutup hari yang lalu dan tutup hari yang akan datang. atau masa yang akan datang. Ketika tutup hari, alam itu dibuka oleh Allah, maka alam itu terlihat, tembus ke atas bawah. Semua terlihat, kalau yang terlihat itu berkelanjutan, dan menetap maka dinamakan makrifat.
Dan maqom yang ditempati dinamakan maqom ARIFIN. maqom orang yang makrifat.

Makrifat itu beda dengan trawang. Kalau trawang itu hanya pada batas jangkauan dan yang dituju, kalau makrifat melihat dengan menyeluruh, kalau trawang itu bisa direkayasa jin dan malaikat, tapi kalau makrifat itu melihat dengan menyeluruh. Dan bersifat anugerah Allah tanpa alat.

Makrifat itu di dalamnya ada kearifan dan mendalam dalam menyikapi kejadian, jadi makrifat itu melihat alam ini dari awal sampai akhir. Utuh, tak terpisah. Terlihat semua tak tercerai berai. Utuh dalam ketentuan kehendak Allah.
profile-picture
cos44rm memberi reputasi
pertamax...
keduaxxx
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di