CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Lebih Dari 40 Ribu Ekor Babi Mati
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e425cd610d2952f401afbff/lebih-dari-40-ribu-ekor-babi-mati

Lebih Dari 40 Ribu Ekor Babi Mati

Medan, Gatra.com – Kasus kematian babi di Sumatera Utara (Sumut) yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir dipastikan telah menyebar di 21 kabupaten kota yang ada di Sumut. Data terakhir yang diterima dinas terkait jumlah ternak babi yang mati lebih dari 4o ribu ekor.

Pihak Dinas Pertanian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut mengatakan bahwa kematian babi tersebut disebabkan penyebaran virus African Swine Fever (ASF). Virus ASF merupakan salah satu virus yang hanya ditemukan pada babi.

Virus ASF dapat dengan mudah menular pada babi baik melalui kotoran, maupun turunannya. Virus ASF menyebabkan kematian yang sangat cepat pada babi. Serta dapat bertahan hidup di lingkungan dan relatif lebih tahan terhadap disinfektan.

“Jumlah populasi babi di Sumut mencapai 1,2 juta ekor langkah yang telah dilakukan saat ini melalui tim pengendalian,” terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumut, Azhar Harahap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di DPRD Sumut, Senin (10/2).

Azhar menegaskan bahwa virus ASF belum ada vaksi dan obatnya. Penanganan yang dilakukan adalah menjaga dan mengawasi pola hidup babi. Termasuk membersihkan kandang dan menjaga kesehatan babi agar tidak terkontaminasi.

“Kita memperketat lalulintas ternak babi antar kabupaten kota. Cara ini yang paling efektif untuk mencegah penyebaran virus. Namun harus diketahui bahwa virus dapat menyebar dari kendaraan yang mengangkut, keranjang bekas babi dan beberapa media lainnya,” terangnya.

Sumur:
https://www.gatra.com/detail/news/46...ekor-babi-mati

udah gawat bener tuh kasusnya
dibikin wacana buat musnahin babi yg sakit malah didemo ntar ketular penyakitnya baru treak2
emoticon-Traveller
profile-picture
db84x3 memberi reputasi
tapi banyak yg teriak save baby ya...
babik kaskus masih pada sehat
profile-picture
marvelrt memberi reputasi
Lihat 1 balasan
belum ada kasus mati karena makan babi emoticon-Ngakak
Lihat 1 balasan
lah babi gip aja masing nguik2 di kaskus emoticon-Frown
kasian gip saudaranya pada mati emoticon-Frown
profile-picture
androidiot memberi reputasi
klo khusus yang sakit dimusnahin, emang prosedurnya gitu wajar
tp yang pada demo kmrn konon ktnya gara2 ada larangan ternak sm mkn babi khan?

ntah gimana komunikasinya, pastinya ada miss disitu emoticon-Big Grin

Diubah oleh dwiatmaja
Lihat 2 balasan
Balasan post dwiatmaja
sebelum jadi gede kayak di Cina gan emoticon-Salaman
dikakus bnyak lay yg makan babi
Ntar ke manusia baru geger... emoticon-DP
Balasan post dwiatmaja
@db84x3
lebih aman gmn klo g usah mkn semua daging sklan aja gan

ayam = flu burung
sapi = anthrax, mad cow
onta = mers

emoticon-Salaman
emoticon-Big Grin
Diubah oleh dwiatmaja
save babik
Balasan post broncos23
Bukan masalah itu, babi yg sehat pada mati nanti.
hhmmm..... Flu Babi kah....?!
emoticon-Travelleremoticon-Ngacir
Balasan post winehsuka
Quote:


tul gan, malah nguikannya semakin kencang saban hari...
budidaya celeng aja lah, babi piaraan kan spesies impor. mending budidaya spesies asli Indonesia, kearifan lokal...
kasian juga elu bi pada mati


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di