CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Penawaran Kerjasama & Investasi /
Intip yuk tips-tips sukses dalam berbisnis umkm kuliner
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4245d782d495394643b653/intip-yuk-tips-tips-sukses-dalam-berbisnis-umkm-kuliner

Intip yuk tips-tips sukses dalam berbisnis umkm kuliner

Intip yuk tips-tips sukses dalam berbisnis umkm kuliner
Tips sukses bisnis umkm kuliner-industri kuliner dengan pemain terbanyak. Hal ini yang membuat restoran gagal ditengah jalan. Maka dari itu, untuk dapat sukses memulai bisnis kuliner diperlukan persiapan dan tekat kuat agar dapat bertahan dan berkembang. Kini untuk menemukan berbagai tips memulai bisnis kuliner pun sangat mudah, semudah mengusapkan jari dilayar smpartpone anda. Untuk memudahkan anda berikut ini kami jabarkan intisari dari berbagai tips yang diberikan oleh para propesional yang telah berpengalaman. 

Tips yang akan saya berikan ini juga termasuk produk umkm jember yang juga menjual produk online jember lho.

Tanya pada orang yang lebih berpengalaman

Sebenarnya, salah satu cara terbaik untuk mengetahui bagaimana agar anda bisa memulai bisnis kuliner sendiri adalah dengan bekerja di restoran terlebih dahulu. Apapun posisi anda selama bekerja di restoran jadilah kutu yang menyerap semua ilmu yang bisa anda pelajari di restoran. Dengan begitu anda bisa pelajari bagaimana membangun tim yang solid, bagaimana pola komunikasi antara owner, chef dan para karyawan. Pelajari bagaimana melayani pelanggan, pelajari bagiamana menangani complain dengan kepala dingin, dan masih banyak lagi yang bisa anda pelajari dengan metode terjun langsung ke lapangan ini.

Miliki perencanaan dan konsep yang matang

Kebanyakan restoran gagal karena kurangnya perencanaan. Maka dari itu, anda harus menyusun perencanaan bisnis yang matang. Dalam penyusunannya pun, anda perlu mengetahui benar siapa competitor anda. Perencanaan yang matang akan sangat membantu berjalannya restoran anda dari hari ke hari. Selain itu anda juga perlu mematangkan konsep kuliner di restoran anda.

Ciptakan menu yang sesuai

Dalam bisnis restoran, menu adalah representasi dari visi anda. Dalam penyusunannya, anda perlu sesuaikan dengan konsep, target pasar dan tren kuliner yang sedang berkembnag. Apabila anda bisa melibatkan chef pilihan anda untuk menyusun menu bersama-sama. Dalam pembuatan menu, jangan ragu untuk mengujinya terlebih dahulu. Anda bisa muali dari lingkungan keluarga untuk mendapatkan masukan. Ingat bahwa anda juga tidak diwajibkan untuk memiliki menu yang terlalu banyak, karena akan hanya membingungkan para pelanggan.

Rekrut chef yang sesuai dengan kebutuhan anda

Chef adalah bagian penting dari restoran anda karena dari karyawan lah passion anda dapat tersampaikan ke meja pelanggan. Dalma memilih chef, terdapat beberapa kriteria umum yang harus dipenuhi yaitu memiliki kestabilan emosi, mengutamakan kualitas daripada kuantitas dan kesamaan visi.

Rekrut karyawat yang sesuai denga kebutuhan anda

Para karyawan bertugas untk memastikan pelanggan dapat menikmati hidangan dengan nyaman. dalam merekrut karyawan, usahakan andauntuk terlibat langsung dalam proses penyelesaian. Apabila anda sudah merekrut karyawan, bisa juga untuk turut melibatkannya. Lakukan wawancara langsung untuk mengetahui karakteristik dari calon karyawan anda. Tujuannya adalah untuk memastikan tim anda terdiri dari orang-orang yang dapat bekerja sama demi mencapai satu tujuan.

Tentukan lokasi yang tepat

Saat memulai bisnis restoran, lokasi memegang peranan penting karena kemudahan akses akan sangat mempengaruhi jumlah pelanggan anda. Memiliki restoran di sisi jalan yang ramai adalah salah satu pilihan yang tepat lho.

Buat layout senyaman mungkin

Setelah anda mematangkan konsep dan menemukan lokasi terbaik untuk restoran anda, maka penting untuk menyusun layout restoran anda sebaik mungkin. Layout dekorasi dan pilihan furniture akan sangat mempengaruhi kenyamanan dari pelanggan saat menikmati hidangan anda.

Minat? Bisa lansung hubungi 0877 7530 9776 (Fegi Ayu Merina) terima kasih.





GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di