CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Sains & Teknologi /
Fitur Google Maps yang Tidak Banyak Diketahui
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4241dbb840881383495e27/fitur-google-maps-yang-tidak-banyak-diketahui

Fitur Google Maps yang Tidak Banyak Diketahui

Fitur Google Maps yang Tidak Banyak Diketahui
Sumber Foto : Istimewa

emoticon-cystg

Apakah ada yang belum tahu mengenai aplikasi Google Maps? Seharusya sudah dong, apalagi di jaman yang serba maju ini. Semua orang memakai google maps untuk berpergian dan tidak tahu arah jalan.
emoticon-Salam Kenal

Aplikasi Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan dari Google sendiri. Aplikasi Google Maps ini berdiri sejak tanggal 9 Februari tahun 2005. Aplikasi Google Maps ini telah mengubah lanskap pada industri seluler yang sebelumnya memang jika kamu ingin menggunakan aplikasi navigasi yang fungsinya sama dengan aplikasi Google Maps, kamu harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk mengaksesnya.
emoticon-Matabelo

Setelah itu, dunia di gemparkan dengan adanya aplikasi Google Maps ini. Aplikasi ini memberikan layanan mengenai navigasi secara digital yang tidak dipungut biaya sedikitpun. Dari awal berdirinya aplikasi Google Maps ini dan sampai sekarang pun, aplikasi ini masih menjadi pemain utama atau yang terfavorit istilahnya untuk akses pemetaan atau navigasi.
Dilansir dari CNNIndonesia.com.
emoticon-Bingung
Bingung gak sih, kenapa bisa seberhasil itu?

Pembaruan dan adanya peningkatan secara berkala ini dilakukan oleh Google Maps supaya bisa terus menjadi pelopor di segala aplikasi pemetaan atau navigasi. Cara ini menjadi kunci dari kesuksesan aplikasi Google Maps ini. Jika kamu masih merasa biasa saja ketika menggunakan aplikasi Google Maps ini, mungkin memang ada beberapa layanan fitur dari Google Maps yang memang belum kamu ketahui. Nah, setelah ini adalah tips-tips supaya aplikasi Google Maps ini bisa bermanfaat dengan maksimal.

Klik kanan
Aplikasi Google Maps ini memang biasanya lebih sering dibuka lewat telepon genggam. Padahal aplikasi ini bisa dibuka lewat website. Ketika kamu membuka aplikasi Google Maps ini di website, kamu bisa klik kanan pada mouse supaya kamu bisa menggunakan berbagai macam fitur dengan cepat.
Fitur-fitur itu antara lain, navigasi ke tujuan yang akan kamu tuju, apa saja tempat yang ada di tujuanmu. Sampai bisa juga untuk mengukur jarak antara dua titik pada peta.

Perbesar dengan satu jari
Kalau fitur yang satu ini, bisa kamu gunakan ketika kamu mengakses aplikasi Google Maps ini melalui telepon genggam seperti Android ataupun iPhone. Memang sudah seperti biasa orang-orang menggunakan telepon genggam dengan satu tangan. Nah, fitur ini sangat berguna.
Ketika kamu mengakses aplikasi Google Maps ini di telepon genggam touchscreen, tidak perlu susah payah untuk mencubit layar supaya ngezoom. Fitur dari aplikasi ini adalah tinggal klik sebanyak dua kali pada layar dan peta akan membesar.

Bisa hindari antrean di restoran
Selain itu, Google Maps ini bisa melihat pada jam berapa restoran sibuk. Misalnya, kamu ingin pergi ke restoran A tapi tidak tahu lagi rame atau tidak. Nah, kamu bisa melihat di aplikasi Google Maps untuk melihat jam-jam sibuknya. Supaya, kalau restoran lagi ramai, bisa berpikir dua kali untuk pergi ke sana. Ataupun bisa juga mengubah keputusan untuk pergi ke restoran yang lainnya, dan sebagainya.
Cara menggunakan fitur ini adalah dengan cara memilih nama restoran yang ingin kamu datangi dan geser ke bawah. Kemudian akan terlihat tombol ‘popular times’. Selanjutnya akan keluar grafik yang menunjukkan jam saat padat restoran tersebut.

Bisa reservasi restoran
Ini cocok sekali  buat kamu yang ingin mengadakan acara pertemua atau yang lain di restoran. Aplikasi Google Maps ini bisa juga digunakan untuk memesan tempat terlebih dahulu supaya ketika kamu datang ke restoran tersebut sudah pasti dapat tempat. Untuk menggunakna fitur ini, kamu bisa langsung cari nama restoran yang akan dituju atau juga bisa dengan memilih tab ‘Explore’. Disitu akan ditampilkan restoran-restoran yang terdekat dengan lokasi kamu saat itu.
Jika sudah, kamu bisa memilih untuk memesan meja atau menaruhkan nama di daftar tunggu. Namun pilihan ini juga tergantung dengan restoran itu sendiri, karena yang menyediakan pilihan itu dari restoran itu sendiri.

Pengingat tempat parkir
Siapa diantara kamu yang pernah lupa parkir dimana? Hahaha. Untuk menggunakan fitur ini caranya adalah ketika kamu sudah memakirkan mobil atau lainnya, langsung klik titik biru yang menunjukkan lokasimu. Setelah itu, kamu sudah bisa memiliki untuk mengingat lokasi parkir, dan yang seperti dilansir dari BGR.

Menggunakan Google Maps tanpa data
Jika kamu merasa keberatan dengan aplikasi yang menghabiskan banyak kuota ini, kamu bisa download ‘offline map’. Jadi ketika Android atau iPhone kamu sudah tersambung dengan WiFi, kamu bisa klik titik biru penanda lokasi, lalu pilih ‘download offline map’. Disinilah kamu harus mengatur sejauh mana jarak yang ingin diunduh.

Berbagi lokasi dengan pengguna lain
Sudah banyak contohnya ya, yang menjadi kegunaan fitur ini. Jika kamu ingin menggunakan fitur ini, caranya adalah dengan klik titik tiga yang menumpuk di sebelah kiri atas. Kemudian pilih ‘berbagi lokasi’, lalu pilih kontak pengguna lain. Tidak hanya lokasi, tetapi juga bisa mengirimkan perkiraan waktu perjalanan.

Lihat seluruh riwayat perjalanan
Layanan Google sendiri memiliki kemampuan untuk melacak lokasimu, walaupun kamu tidak memakai aplikasi Google Maps. Bagaimana caranya? Penasaran pasti, hihihi… Nah, untuk mengetahui riwayat perjalanan Google Maps adalah dengan membuka https://www.google.com/maps/timeline. Selain untuk melihat riwayat perjalanan, kamu juga bisa menghentikan Google untuk melacak lokasi.

Pencarian mudah
Aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk mencari lokasi nama jalan atau semacamnya. Tapi Google Maps ini bisa digunakan ketika kamu ingin mencari ATM terdekat misalnya, tinggal ketik saja di pencarian ‘ATM terdekat’, maka akan muncul beberapa ATM terdekat. Atau juga bisa jika ATM itu tidak dekat dengan lokasi kamu saat itu. Misalnya ‘ATM dekat jalan Tendean’, maka akan muncul ATM yang ada di jalan itu atau yang tedekat dari jalan itu. Secara tidak langsung, kamu akan sangat terbantu dengan fitur dari aplikasi Google Maps ini.



Buruan download Google Maps nih...

Mau jemput doi gak tau arah jalannya, bisa diatasii girls...

Gak tau jalan bukan alasan lagi yaaa, hihihihi

emoticon-Cape d...

emoticon-Hansipemoticon-Big Kiss

profile-picture
profile-picture
profile-picture
fazry281 dan 2 lainnya memberi reputasi
Ane seringnya pakai Waze utk navigasi, kalau Gmaps hanya sebagai back up utk doublecheck, atau check distance dari titik A ke B. Emang banyak sekali penggunaannya. Inget banget dulu di mbl selalu tersedia buka peta A to Z..
Salah satu apps yg paling bermanfaat 👍
mantaabbbb nice threadnya gaann, thanks
ane kadang pake waze kadang pakai gmaps
nice info gan...
ntar ane coba
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Quote:


nais trit gan
Alhamdulillah ane pernah kerja jadi auditor salah satu produsen radio komunikasi dan perlengkapannya, jadi fitur² maps terutama Google yang memang banyak dipake

kalo offline dan emang gak buru-buru mah bisa tuh share route dulu terus copas di sticky atau media catet lain di HP, kalo males donlot offline route yang mau dituju
CMIIW
Thanks gan..
Nice info, dari thread ini bisa maksimalin google maps
Quote:


Ane juga pake waze, efisiensi perjalanan melewati mancet emoticon-2 Jempol
ini aplikasi bikin malu bertanya jalan jalan terus
udah tau semua gan. ane pake waze malah bingung ga ngerti sama sekali
gan kenapa di iphone saya google mapsnya tidak ada pengaturan ganjil genap yah? saya buka dipengaturannya google mapsnya terus klik pengaturan terus klik navigasi biasanya ada pengaturan untuk plat nomor kalo diandroid atau otomatis nongol ketika mau ketujuan kita. tapi di iphone kenapa ga ada sama sekali? boleh kasih info caranya gimana?
Gan, di Google Maps juga kalian bisa jadi kontributor lho. Jadi misalnya kalo ada yang informasi, kayak alamat, image, nomor telepon, kita bisa edit dan benerin.

Ane pernah benerin image
Quote:
karena image-nya belum bener. Terus pas selesai edit, dapet point dari Google Maps akun kita.

Diubah oleh tiktik700


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di