CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e422f6bb840880dd674aec5/media-asing-soroti-foto-orangutan-di-kalimantan-yang-ulurkan-tangan-ke-seorang-pria

Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria

Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria
Kolase Tribunnews.com/ Instagram @anil_t_prabhakar/ CNN
Orangutan ulurkan tangan kepada warga.


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Baru-baru ini viral di media sosial foto seekor Orangutan yang mengulurkan tangannya.

Foto itu menjadi sorotan media internasional.

Momen mengharukan itu berhasil diabadikan oleh seorang fotografer amatir bernama Anil Prabhakar.

Setelah viral, hasil jepretannya itu langsung menjadi sorotan publik mancanegara.

Dikutip dari Metro, peristiwa itu terjadi di kawasan hutan konservasi di Kalimantan.

Melihat kejadian itu, Prabhakar yang kala itu sedang bersama dengan teman-temannya langsung memisahkan diri dan mengabadikan momen langka tersebut.

Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria
The great ape appeared to be trying to help the warden, who was standing in a muddy, flowing river (CNN)

Dalam foto terlihat seekor Orangutan menghampiri seorang pria yang berjalan di tepi sungai.

Dari foto terlihat kedalam sungai tersebut setinggi dada pria dewasa.

Diketahui pria tersebut merupakan salah seorang pekerja bagian proyek perlindungan kawasan tersebut.

Ternyata pria tersebut turun ke sungai utuk mencari ular untuk melindungi para Orangutan.

"Ada laporan ular di daerah itu sehingga sipir datang dan dia membersihkan ular," ujar Prabhakar pada CNN.

Menurut penuturan Prabhakar, Orangutan itu tampak seperti mengatakan, 'boleh saya bantu?' pada pria itu.

"Saya melihat Orangutan datang sangat dekat dengannya dan hanya menawarkan tangannya," lanjutnya.

Momen mengharukan itu membuat jari-jarinya kaku seketika.

Prabhakar bahkan merasa kesulitan untuk memencet tombol shutter kameranya.

"Aku benar-benar tidak bisa memencetnya. Aku tidak pernah mengharapkan hal seperti itu."

"Aku hanya mengambil momen itu. Itu benar-benar emosional," papar Prabhakar.


Penjaga itu kemudian menjauh dari Orangutan dan keluar dari sungai.

Ketika Prabhakar bertanya mengapa dia pindah, pria itu mengatakan jika Orangutan itu tidak bisa diprediksi.

"Dia berkata, 'mereka benar-benar liar, kita tidak tahu bagaimana mereka akan bereaksi," papar Prabhakar mengulangi ucapan pria itu.

Meski pertemuan mereka begitu singkat, hanya berlangsung sekitar tiga atau empat menit ia merasa sangat bahagia.

"Aku sangat bahagia saat itu terjadi padaku," kata Prabhakar.

Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria
The conservation forest is maintained by Borneo Orangutan Survival Foundation, which protects the critically endangered species from hunters and habitat destruction until they can be returned to the wild. (CNN)

Prabhakar mengunggah fotonya itu di akun Instagram pribadinya @anil_t_prabhakar pada 23 Januari 2020 lalu.

Hingga kini, foto unggahannya itu telah disukai oleh lebih dari 61 ribu pengguna Instagram dan hampir 2 ribu komentar.

Foto itu juga diunggah kembali oleh Gurbernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Bahkan orang utan pun mengerti caranya saling tolong menolong.

Sekalipun orang yang ditolongnya telah mengancam dan berbuat jahat kepadanya.

Stop pembalakan liar, perburuan Orangutan, dan perdagangan satwa asli endemik Indonesia.

Jaga kelestariannya, agar bisa dinikmati anak cucu kita semua. Salam Jum'at Berkah," tulis Khofifah dalam unggahannya.

Masih dikutip dari CNN, Orangutan adalah satu-satunya kera besar di Asia.

Populasi Orangutan paling banyak ditemukan di Kalimantan dan Sumatera.

Sementara itu, sekitar 10 persen sisanya ditemukan di wilayah Sabah dan Sarawak, Malaysia.

Menurut yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS), diperkirakan bahwa populasi Orangutan Borneo telah berkurang lebih dari 80 persen dalam tiga generasi terakhir.

Kera-kera tersebut dibawa ke hutan konservasi jika mereka terluka, karena berisiko terhadap pemburu atau perusakan habitat mereka.

Setelah mereka sehat, Orangutan itu dikembalikan ke alam liar.

Hewan ini bereproduksi sangat lambat, menurut BOS Orangutan betina hanya akan melahirkan setiap enam hingga delapan tahun di alam liar.
(Tribunnews.com/Bunga)

https://m.tribunnews.com/nasional/20...-pria?page=all





profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Kok jadi ilfil ya kalo politikus ngomong... emoticon-Ngakak walaupun pesannya bagus emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
terranova345 dan 2 lainnya memberi reputasi
ngulurin tangannya pake tanya agamanya apa dulu nggak? emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dalamuka dan 7 lainnya memberi reputasi
anak kecil dan binatang adalah jiwa yang paling murni di bumiemoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
legor dan 7 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kira² hasil jepretan Anil Prabhakar dihargai berapa ya
profile-picture
abau. memberi reputasi
Saat orangutan menolong , dia gak akan tanya apa agamamu

Beda sama kadrun sini , dikit2 agama

Jelas beda orangutan yg hewan tapi punya rasa kemanusiaan yang tinggi. Nah kadrun yang manusia tapi kelakuan kayak binatang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan 4 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan

Beti orang utan dan orang botak

Klo yg suka gerbek setelah pake itu orang botak eaaaa
Quote:


Media Asing Soroti Foto Orangutan di Kalimantan yang Ulurkan Tangan ke Seorang Pria

Coba tanya sama etnis loe, saat mereka dibantu, apa fpi tanya apa agama mereka dulu? Gak dibantu kasihan, takut dibilang cuma peduli sama yang seiman, dibantu pasti dituduh pencitraan, memang susah buat ladenin babik lokal, hati sudah benci setengah mati sama agama tertentu, puasin aja provokasi di kaskus kalau getoh emoticon-Imlek
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kalex46 dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bang.rusman
Lihat 1 balasan
Kesimpulan yg diambil banyak binatang beperilaku kemanusiaan sebaliknya banyak manusia berperilaku binatang
lucuuuu yaaaa, baik banget orangutannya
Diubah oleh blackvelvet23
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Quote:

Penjaganya takut kena prank....... emoticon-Ngacir
profile-picture
dalamuka memberi reputasi
subannalloh emoticon-Matabelo
Balasan post abau.
Kalo kadrun mah. Jangankan menolong,pas ditolong aja dia tanya dulu ente apa agamanya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
rgenpeninsula dan abau. memberi reputasi
Orangutan itu satu-satunya Great Ape yang gentle sama manusia.

Berbeda dengan Gorilla dan Simpanse yang mungkin bisa membunuh kita kalau kita pelihara.

Orangutan sangat peaceful.

Seharusnya orangutan bisa hidup bersama-sama di kota bersama manusia, seperti kucing dan anjing.
Terharu banget gue lihatnya nih Orangutan bisa muncul inisiatifnya untuk bantu manusia. Btw, di Kalimantan ada yayasan yg fokus konservasi Bekantan gak ya? Sama-sama endemik dan sebangsa kera juga khan?emoticon-Bingung (S).
Balasan post bang.rusman
ohhhh akuhhhh terharuuuuuuu asukkkkkkkkk.......wadaawwwwwww kiraa kiraaa gratissss atauuu bayarr??? emoticon-Mewek

"Bahkan orang utan pun mengerti caranya saling tolong menolong.

Sekalipun orang yang ditolongnya telah mengancam dan berbuat jahat kepadanya.

ga tau kenapa gw baca ini kok jadi aneh ya
tu orang lagi nyari uler biar ga matok orangutan, kok malah kayak disalahin
Weh.....orang utan kalian sangat....wow...
Balasan post doronpa31
tergantung, jangan di pukul rata gan
Bikin duit gambar orang utan lagi dong kyk 500 dulu itu lejen bgt emoticon-Belo
profile-picture
ciptawan memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di