CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Apes, Yamaha NMAX Ini Harus Turun Mesin Karena Salah Pilih Oli
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e42290f10d2953af87e24f0/apes-yamaha-nmax-ini-harus-turun-mesin-karena-salah-pilih-oli

Apes, Yamaha NMAX Ini Harus Turun Mesin Karena Salah Pilih Oli

Nasib apes menimpa pemilik Yamaha NMAX satu ini, motor kesayangannya terpaksa harus turun mesin karena tidak mengikuti anjuran dalam perawatan berkala motor.

Diketahui Yamaha NMAX ini turun mesin lantaran tidak pakai oli standar pabrik…seperti yang kita ketahui, oli merupakan bagian mesin yang sangat vital dan perlu selalu diperhatikan. Apalagi motor yang kita gunakan hampir setiap hari.

Pemakaian oli jangan dianggap sepele, karena jika terjadi kesalahan maka dampaknya langsung mengenai komponen yang ada di dalam mesin.

Oli bekerja didalam mesin untuk mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam komponen mesin seminimal mungkin, selain itu oli juga mencegah keausan akibat dari gesekan yang terjadi didalam mesin.

Maka perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin motor, sebab jika salah pilih resikonya adalah kerugian dalam kerusakan mesin motor milikmu.

Kasusnya sama seperti NMAX tahun 2017 milik Raka Iknan ini. Menurut keterangan, motor miliknya tersebut sudah hampir menyentuh 30 ribuan kilometer, awalnya ia merasa bunyi aneh muncul dalam motornya, setelah dibiarkan bunyi tersebut makin kencang.

Apes, Yamaha NMAX Ini Harus Turun Mesin Karena Salah Pilih Oli

"Awalnya sih cuman bunyi-bunyi pelan biasa aja, eh lama-lama makin berisik bikin kuping gak nyaman eh pas dibongkar malah harus turun mesin" Ujar Raka Iknan.
Ia mengaku jika penggantian oli mesin motornya sempat menggunakan oli bawaan pabrik, tapi suatu ketika Raka coba pakai jenis oli lainnya yang memiliki karakter lebih encer.

"Tadinya saya pakai oli Yamalube 10W-40 ganti oli setiap 2,000 km, lebih cepet dari buku pedoman 4.000 ribu km. Namun coba oli encer merek lain pakai yang kekentalannya 10W-30, maksud hati agar akselerasi cepat, eh malah jebol," sambung Raka Iknan.

Si mekanik sempat bingung, padahal penggantian oli berkala mengikuti aturan buku manual yakni 2000km-an, tapi tetap saja hal ini gak akan berlaku di jalanan yang macet, sebab jika dihitung motor sudah berjalan 2000 kiloan tapi mesin bisa lebih dua kali lipat dari itu, karena jalanan yang dilewati seperti macet juga bisa menambah umur oli cepat berkurang.

Apes, Yamaha NMAX Ini Harus Turun Mesin Karena Salah Pilih Oli


"Padahal pemakaian olinya baru 2.000-an Km loh. Mungkin akibat kondisi jalan macet bikin suhu mesin naik dan oli menguap," Dimas mekanik bengkel ProMatic.
Jadi pelajaran yang perlu diambil adalah jangan coba-coba salah pilih beli oli ya, kalau bisa mengikuti anjuran pabrik.

Referensi : motorplus-online.com(6/2/2020).
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 17 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
saya malah berani pakai oli yg 0W-20 di vario. Ganti olinya setiap 10k Km atau setahun sekali. Saya berani soalnya pabriknya berani masang hasil detail uji laboratriumnya di websitenya. Sedangkan mencari hasil tes uji oli bekasnya di internet juga gampang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
daihachiroku dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
Ane malah lebih seneng oli yang kental buat pake ke motor...
Btw ane pakenya sih pies ya...emoticon-Big Grin
Ga pernah cek ketinggian oli

profile-picture
agusn6778 memberi reputasi
oli pabrikan kayanya paling aman
profile-picture
Mandalorian memberi reputasi
ane pake i*emitsu matic 800ml (10w/40 kadang 10w/30), kondisi mesin bore up klep std dan belum porting, ganti oli tiap 2minggu sekali dan paling telat 3minggu sekali dengan jarak tempuh perhari -+ 40km (pp) gaspol terus PP. alhamdulillah aman udah -+4 tahun bore up. mesti dicek dulu itu kerusakannya apa, jangan manut2 aja kata bengkel hahaha
profile-picture
profile-picture
j0npet0k dan mr.buky memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mampus ... biar ancur sekalian.
Biar berkurang satu dah : orang kere naek motor puluhan juta aja nyicil, tapi gayanya kaya naik Harley 600jutaan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 37 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
masa smpe berpengaruh kaya gitu gan?
pengalaman ane lepas servis berkala ane sllu ganti merk oli, tp ga ngaruh jugak
.
profile-picture
profile-picture
gundam.dynames dan angga_nero memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pake bimoli mangkanya
profile-picture
wbros memberi reputasi
pake oli sesuaikan dengan yang ada dibuku pedoman gan (merk boleh beda yang penting tingkat kekentalan sama), mereka udah cape-cape melakukan riset untuk keawetan komponen. lha ini malah main ganti kekentalan oli nya pantes rontok tuh mesin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
azull27 dan 5 lainnya memberi reputasi
berarti olinya lebih encer dong, kalo metik mending pake oli mobil diesel aja yg tahan panas
Kirain pake minyak sayur 😅
Sekalian pake minyak gosok aja biar makin josss
emoticon-Shakehand2
Yakin oli penyebab utama? pernah kebanjiran ga tu motor?
Lihat 1 balasan
kalau KM udah tembus 30.000 ya kalo ane awam mesin wajar rontok dikasih oli lebih encer.
kekentalan standar udah di 40 malah diturunkan.
mending kekentalan dinaikan walau akselerasi turun tapi mesin awet
profile-picture
whizzman memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Paling aman emg ikutin oli bawaan.
Ane rasa beliau telat ganti oli.. untuk range segitu masih masuk akal..
kecuali bocor.
profile-picture
profile-picture
aan1984 dan angga_nero memberi reputasi
Quote:


Hahahaha banyak yg begini, gayanya selangit dijalanan emoticon-Ngakak
profile-picture
hafsahhafsah memberi reputasi
knp gak langsung ke bengkel yamaha resminya yah emoticon-Bingung
Biar aman pakai oli bawaan pabrik dan DISIPLIN jadwal service
profile-picture
angga_nero memberi reputasi
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di