CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
❇️ Prinsip-prinsip Dasar Berbisnis (Bagian 1) ❇️
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e421188facb95586d352f80/prinsip-prinsip-dasar-berbisnis-bagian-1

❇️ Prinsip-prinsip Dasar Berbisnis (Bagian 1) ❇️

❇️ Prinsip-prinsip Dasar Berbisnis (Bagian 1) ❇️

GRUP WA Tips Bisnis: http://bit.ly/GrupWATipsBisnisPB


1. Cari dulu pasar yang akan dibidik, lalu sediakan produk/jasa apa yang mereka butuhkan.


2. Jika Anda “memulai” dengan produk/jasa yang akan dijual, baru mencari pasarnya, bersiaplah dengan biaya edukasi yang tinggi.


3. Tentukan harga sesuai value yang ingin Anda berikan. Jangan terlalu mahal karena konsumen akan lari. Jangan terlalu murah, karena Anda akan kesulitan soal marginnya dan menimbulkan persepsi “murahan” di mata konsumen.


4. Pilihlah lokasi bisnis yang traffic “berbelanja”nya tinggi, bukan sekedar ramai.


5. Jika Anda berbisnis online, pastikan Anda paham bagaimana mendatangkan traffic dalam jumlah besar.


6. Diferensiasi itu penting. Jika Anda tak menemukan “perbedaan” atau nilai unik produk Anda, bersiaplah bertarung “berdarah-darah” di kompetisi yang sudah ada.


7. Pebisnis itu salah satu pekerjaan utamanya “berpikir” bukan cuma tukang eksekusi. Jangan malas memikirkan soal diferensiasi produk, positioning, dan bagaimana menyampaikan pesan itu ke “market”.


8. Pertimbangkan bisnis secara matang sebelum memulai tetapi juga jangan terlalu lama sehingga Anda tidak pernah action. Pertimbangan itu perlu, tapi action juga perlu. Agar Anda tak sekedar jadi “ilmuwan bisnis”.


9. Berapa lama Anda mempertimbangkan penawaran bisnis? Banyak faktor (banyak yaaa), salah satunya (ini cuma salah satu saja) ditentukan berapa besar modal yang Anda keluarkan. Contoh :


• Modal > 1 Milyar : waktu pertimbangan 3-12 bulan
• Modal > 100 juta : waktu pertimbangan 1-6 bulan
• Modal > 10 juta : waktu pertimbangan 1-4 pekan
• Modal 5-10 Juta : waktu pertimbangan 3-6 Hari
• Modal 1-5 Juta : waktu pertimbangan 1-3 Hari
• Modal 500rb-1Juta : waktu pertimbangan 1-2 Hari
• Modal 200rb-500rb : waktu pertimbangan 1Hari
• Modal 100rb-an, waktu pertimbangan < 1 Hari


10. Angka-angka di atas, bukan sebuah kewajiban, hanya sebuah gambaran. Agar Anda terhindar dari “kejatuhan” gara-gara sifat greedy/tamak dan memutuskan terlalu cepat untuk modal yang sangat besar “hanya karena tergiur” prospek potensial sebuah bisnis (yang biasanya dipresentasikan secara sangat bagus). Korban terbanyak soal ini adalah “OKB”, Orang Kaya Baru, yang baru dapat uang warisan, pensiun besar, dll.


11. Angka-angka di atas juga panduan, supaya kita tak jadi “filsuf bisnis”, ketika modal yang kita keluarkan di bawah 500rb misalnya atau bahkan masih di bawah 10juta, kita mempertimbangkannya seakan-akan itu bisnis milyaran, berbulan-bulan hingga akhirnya potensi bisnisnya sudah diambil orang lain. Atau Anda jadi “ketinggalan kereta”.


12. Sekali lagi, bisnis butuh pertimbangan, tapi juga action. Tanpa action, itu bukan bisnis, tapi “ilmu bisnis”.


13. Semoga bermanfaat…


Semoga sahabat-sahabat bisa sukses dalam berbisnis… Amiiin…


(bersambung)


Hendro Tri Rachmadi


Owner POSBEL | Poster Pendidikan Anak Usia 3-9 Tahun, Sudah Terjual > 100.000 pcs dari Aceh hingga Papua | Membuka peluang bisnis sebagai : Dropshipper (modal 100rb-an), Reseller (modal : Silver 480rb-an, Platinum : 2jt, Infinity :3,5jt, Quantum : 7jt),  Agen (modal 50jt) | WA keagenan : 0812-8490-8806


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di