CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Belajar Dari Warga Arab Dalam Menghadapi Wabah Penyakit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41faa60577a97d676fa268/belajar-dari-warga-arab-dalam-menghadapi-wabah-penyakit

Belajar Dari Warga Arab Dalam Menghadapi Wabah Penyakit

Belajar Dari Warga Arab Dalam Menghadapi Wabah Penyakit
sumber ilustrasi

Setelah beberapa negara menarik balik warganya dari China, terutama yang tinggal wilayah Wuhan, ternyata ada hal mengejutkan ketika puluhan atau mungkin lebih warga Arab masih bertahan di kota tersebut, seperti yang dilansir Sumber.

Lebih mengejutkan lagi, selain tetap bertahan di sana, mereka juga mengajukan kepada otoritas China agar diterima menjadi relawan demi menanggulangi dampak virus mematikan itu.

Mungkin sebagian orang akan memuji rasa kemanusiaan mereka, karena tak peduli berbeda dari segi SARA, ternyata mereka tetap bantu. Sementara hampir semua warga negara asing eksodus ke negara asalnya.

Mungkin juga sebagian lainnya menganggap apa yang warga Arab lakukan itu sudah tidak masuk akal. Apakah mereka tidak memiliki uang untuk kembali ke negara asalnya? Hal ini sungguh tidak mungkin, sebab mereka sangat terkenal tajir melintir. Coba, apa gunanya bertahan di negara yang sudah darurat virus?

Saya juga sempat berpikir kenapa mereka berbuat demikian? Ya, barangkali saja warga Arab itu begitu cinta dengan kota Wuhan, seperti apa yang diucapkan salah seorang calon relawan bernama Mohammad Asaad, "Saya sedih melihat kota yang berwarna ini dalam masa-masa sulit. Inilah saatnya untuk mendukung dan membalas mereka yang melakukan hal-hal baik. Jadi, saya secara sukarela membantu dan mendukung teman-teman saya di China dalam mengalahkan situasi keras ini."

Tapi saya tak boleh salah persepsi, apalagi ketika menemukan sebuah Hadits Rasulullah yang membuat saya tersentak dan malu. Hadits itu kira-kira berbunyi demikian; "Kematian karena wabah adalah surga bagi tiap muslim (yang meninggal karenanya). (HR Bukhori) . Apakah mereka berpatokan pada Hadits itu?

Ternyata selain Hadits tersebut, Hadits selanjutnya membuat saya semakin faham tujuan mereka, yakni yang berbunyi demikian; "Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu." (HR Bukhari).

Nah, bila pun kita yang di negara luar China dikatakan tak ada rasa solider terhadap mereka yang di China karena tidak terjun langsung membantu, tentu tak usah cemas, karena sudah jelas ditekankan bahwa kita jangan masuk ke daerah yang terjangkit wabah, begitupun jangan pula berlari dari daerah yang terjangkit wabah.

Efeknya bisa kita lihat bersama betapa serangan virus corona akhirnya menghinggapi belasan bahkan lebih banyak negara di dunia akibat orang yang terpapar virus, keluar dari wilayah China dan menyebarkan virus di negaranya masing-masing (sadar atau tidak). Kita berharap semoga kejadian tragis ini cepat berlalu.

Ternyata saya harus lebih banyak belajar. Segitu saja. Sekian, dan terima kasih.

-----
profile-picture
valruss memberi reputasi
Diubah oleh RifanNazhif
good emoticon-shakehand emoticon-shakehand emoticon-shakehand
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
semoga menjadi inspirasi buat banana emoticon-Maaf Agan
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mesti jgn masuk kalo wabahnya uda seperti gitu emoticon-Matabelo
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post banksymonkey
Quote:


Setelah menemukan Hadits itu baru ane ngerti kenapa puluhan warga Arab masih bertahan di daerah isolasi.
Balasan post Vandisk
Quote:


Makasasih, Gan. Cuma segelintir kegelisahan. Tapi semoga Indonesia dengan iklim tropisnya berhasil membuat virus corona keok.
Balasan post Broser
Quote:


Tapi masih ada warga China atau orang yang memiliki keterkaitan bisnis di China nekad keluar masuk ke daerah wabah. Akhirnya ketika dia kembali ke negara asal, tinggal nyebar wabah. Heran juga, China yang kena wabah, tetapi yang mendapat imbasnya banyak negara.
manteb gan, tritnya informatif bangett
keren nih, gak memandang musibah dari sisi negatifnya aja
emoticon-Jempol
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
:tepuktangan :tepuktangan
Sekarang jaman kebalik

Arab mulai maju
Indonesia mulai mundur
emoticon-Hammer2
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Ternyata emang ada di manual book
emoticon-Matabelo
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
baguuus nii
jadi inspirasi bagi kita
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
wah ternyata ada haditsnya juga, mantab gan threadnya emoticon-Jempol
Semoga segera sembuh ya orang orang yang kena virus
profile-picture
RifanNazhif memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post salmino
Terima kasih, Gan.
Balasan post wolfzmus
Quote:


emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Balasan post wiskey31
Quote:


Benar sekali, tinggal kita nurutinya aja.
Balasan post yay1016
Quote:


Tks, Gan.
Balasan post caduceus22
Quote:


Memang semua sudah ada tuntunannya. Tinggal jalani aja. Semoga semua sehat2 aja.
Bagusnya emg gtu sih kalau tau ada wabah yah jgn bepergian sehingga wabahnya gk nyebar ke tmpt yg lain


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di