CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bantah Harvard, Kemenkes Pamer Kemampuan Deteksi Virus Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41e3f1c8208452c50f29d1/bantah-harvard-kemenkes-pamer-kemampuan-deteksi-virus-corona

Bantah Harvard, Kemenkes Pamer Kemampuan Deteksi Virus Corona

Bantah Harvard, Kemenkes Pamer Kemampuan Deteksi Virus Corona

Bantah Harvard, Kemenkes Pamer Kemampuan Deteksi Virus Corona

Kemenkes juga punya laboratorium khusus penyakit infeksi ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan Pontianak mengukur suhu badan penumpang pesawat yang tiba di Bandara Supadio, Kamis (6/2/2020).

Kemenkes hari Senin (10/2) mengatakan RI punya cara untuk mendeteksi keberadaan virus corona. Pemerintah membantah hasil penelitian Universitas Harvard bahwa Indonesia tak memiliki alat pendeteksi virus corona terbaru. Kementerian Kesehatan mengatakan mereka punya beberapa cara untuk mendeteksi virus tersebut.


Salah satunya dengan metode bernama Polymerase Chain Reaction (PCR). Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemenkes Siswanto mengatakan metode ini berbeda dengan pan-corona yang hanya mampu mendeteksi virus corona SARS dan MERS.

Siswanto juga mengatakan mekanisme deteksi virus corona yang dilakukan pemerintah sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Jadi artinya (deteksi menggunakan PCR) dengan suatu penggandaan DNA atau RNA, apakah betul itu adalah RNA dari n-CoV 2019,” kata Siswanto di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Senin (10/2).


Dikutip dari laman Yourgenome.org, PCR merupakan teknik untuk mereplikasi jutaan DNA hanya dengan sampel yang minim. Metode ini ditemukan tahun 1983 oleh ilmuwan asal Amerika Serikat yakni Kary Mullis.

Teknik ini umum digunakan dalam riset medis dan biologi terutama untuk mengidentifikasi patogen selama infeksi dari suatu penyakit. Atas penemuannya ini, Mullis diganjar hadiah Nobel bidang kimia tahun 1993.

Tak hanya itu, Siswanto menyebut Kemenkes memiliki laboratorium rujukan nasional untuk penyakit infeksi. Di laboratorium tersebut, Kemenkes memiliki banyak mesin seperti Next Generation Sequencing (NGS) yang dapat digunakan mendeteksi virus corona.

Dengan mesin tersebut, Kemenkes akan melacak sekuensi genetika virus corona. “Jadi pada dasarnya dalam memeriksa ini kita menggunakan standar WHO,” kata Siswanto. Sejauh ini, Siswanto menyebut ada 62 kasus terduga virus corona yang tersebar di 16 provinsi. Dari jumlah tersebut, Kemenkes sudah selesai memeriksa 59 spesimen. Dia mengatakan 59 spesimen tersebut dinyatakan tak terjangkit virus corona. Sementara, tiga spesimen lainnya masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

“Yang sudah selesai diperiksa ada 59 dan alhamdulillah negatif,” kata Siswanto.


Dia mengatakan hal tersebut kepada intensitas frekuensi penerbangan dari dan ke Wuhan, Tiongkok, yang menjadi lokasi asal wabah virus corona.

Menurut Lipsitch, ada kemungkinan virus corona tak terdeteksi ketika masuk ke Indonesia. Ini karena sistem kesehatan yang dimiliki Indonesia mungkin tak dapat mendeteksi virus tersebut. “Kasus yang tidak terdeteksi di negara mana pun berpotensi menyebarkan epidemi di negara-negara tersebut," kata Lipsitch seperti dilansir VOA News, Jumat (7/2).

Penulis: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ameidyo Daud

https://katadata.co.id/berita/2020/0...i-virus-corona

Jadi curiga ini kenapa bule bule seolah memaksakan bahwa CV harus ada di indonesia

Bernarkah sebatas ketakutan karena diklaim indonesia ga punya alat sehingga dikawatirkan menjadi jom waktu

Ataukah ada sesuatu maksud tersembunyi sehingga penggiringan opini dramatisasi CV sebagai Virus Global berkurang sehingga colateral demagenya juga berkurang

Sejarah mencatat bagaimana Menkes Siti Fadillah Supari membongkar link keterlibatan WHO - Los Alsmos Amerika - Departemen Pertahahan Amerika - Kartel Obat Obatan Farmasi Amerika yang menciptakan alat pendeteksi dan obatnya sekalian

Harus diingat bahwa perang sekarang adalah perang asimetris atau perang proxy

Pasukan amerika di timur tengah 60% sudah digeser ke asia pasifik dengan dalih membendung tiongkok tapi dari 15 pangkalan militer amerika semua moncong senjatanya mengarah ke indonesia

Menghadapi Tiongkok pola berbeda karena tiongkok adalah penguasa ekonomi,maka ekonomi itulah yang pertama akan dihancurkan karena terlalu mahal biaya bila gunakan senjata militer

Caranya bisa dengan embargo,perang dagang ataupun dengan virus

Semoga indonesia terhindar dari orang atau negara yang punya niatan tidak baik

Aamiin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Apriliaswett dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Halaman 1 dari 7
Unair telah menemukan Reagen CV sehingga bisa mengidentifikasi suspect

Apakah karena tidak beli alat ke amrik makanya indonesia diragukan??



Quote:
profile-picture
profile-picture
profile-picture
elmariachi2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


cuma 1...

si bule itu cuma suudzon.. negara laen (termasuk negara2 maju), dah kena corona napa negara kita (yang mungkin dianggap masih negara rendahan) masih belum kena korona..

kenapa gw sebut si bulesuudzon? karena doi hanya mengira2, bersimulasi dll.. tanpa datang sendiri ke negara ini.. kalo kata bahasa kerennya.. ga pake pembuktian ilmiah!

untuk soal.konspirasi virus global..

kejauhan..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Apriliaswett dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 7 balasan
jd cara kemenkes dlm mendeteksi virus corona dgn metode bernama pcr
profile-picture
profile-picture
kacangbutol dan Ojodupeh memberi reputasi
mungkin dipikiran bule itu kita mirip negara sub sahara afrika ya?? dia mungkin lupa kalau kita udah masuk G-20
profile-picture
profile-picture
hainiz dan Ojodupeh memberi reputasi
Balasan post khayalan
Quote:


Kejauhan? Ahh ga juga sih,secara ahli ahli rusia,arab dll juga berbicara demikian

Cara gampangnya adalah melihat siapa yang diuntungkan dan siapa yg dirugikan

Semua berjalan sesuai dengan Road Map
Tesis Samuel T Hutington

Di sisilain yg dikatakan WHO dan Orang Havard bisa dinilai sebagai usaha agar Rakyat tidak percaya pada Pemerintah sehingga timbul kepanikan

Quote:

profile-picture
pemburu.kobokan memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Bagaimana dengan para pemuja bule Amerika di Kaskus? Monggo tanggapannya....emoticon-Shakehand2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
StrikeZZZ dan 2 lainnya memberi reputasi
Indonesia lagi meroket masa dibilang gk bisa deteksi penyakit, emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
tukangbeling7 dan Ojodupeh memberi reputasi
apalah hebatnya bule paok itu..emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ronny398 dan 3 lainnya memberi reputasi
Kalo menurut gua sih Omongan Si Bule dijadikan dorongan supaya kita tetap waspada sajah...
jadi di barrier barrier negara benar benar dijaga lalu lintas orang jangan sampe kecolongan
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan Ojodupeh memberi reputasi
Quote:


Pasti kamu berharap bukan pcr tapi cpr. Ya kan...ya kan????
Quote:


Itu kamu kali
resiko dicap sebagai negara dunia ketiga. pokoknya harus salah.

ente bekerja sempurna pun, pasti ada yg tidak beres.

kalo dibilang petugas bandara super sigap atau penduduknya imun, mereka nggak terima.
Lihat 4 balasan
bule pekok tukang genosidaemoticon-Big Grin
Indonesia uda punya lab BSL-4 (level tertinggi)
buat riset virus corona

tempatnya lupa, bandung gitu ya? emoticon-Bingung
Balasan post khayalan
kenapa dia pakai embel2 Harvard, bukannya itu yang kejauhan, apakah sebelumnya mereka sudah memprediksi "seharusnya" sudah masuk ke Indonesia namun kenapa sampai sekarang belum ada order? Jia You Indonesia
Punya alat deteksi tp blum mendeteksi satu pun, coba alatnya dites ke china Sono bener kagak bisa kerja.
Namanya Alat harus dites ke orang sakit buat kalibrasi bukan orang sehat tong.

Pejabat Bloon
emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Meski sampai sejauh ini belum di temukan kasus positif corona virus di indonesia. Tetapi jangan jumawa juga sebaiknya. Kalau melihat data terbaru jumlah kematian saja sudah lebih dari 1000 jiwa. emoticon-Berduka (S)

Quote:
profile-picture
maria.olivia memberi reputasi
Gak dibilang waktu yang diperlukan untuk hasil dari tes berapa lama.

Perasaan kemarin dibilangnya bukan karena Indonesia tidak bisa mendeteksi virus korona, tetapi waktu yang diperlukan untuk mendapatkan hasil dari tesnya yang lebih lama.
profile-picture
baniwahyudi memberi reputasi
Quote:


nah ini yg bener emoticon-Traveller
profile-picture
hainiz memberi reputasi
Quote:


setuju gan, Korona kalau kedeteksi dari awal sih kagak masalah, agan tahu sendiri nasib dokter yang mendeteksi corona saat masih kelas ecek2 emoticon-Salaman
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di