CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Produktivitas Padi di Jakarta Tertinggi Kedua Se-Indonesia, Kok Bisa?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41ddd98d94d037517e355c/produktivitas-padi-di-jakarta-tertinggi-kedua-se-indonesia-kok-bisa

Produktivitas Padi di Jakarta Tertinggi Kedua Se-Indonesia, Kok Bisa?

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski menyandang status sebagai kota metropolitan, ternyata Jakarta masih memiliki ratusan hektar sawah. Hamparan sawah paling besar tersebar di Cilincing, Jakarta Utara.

Mengutip data Statistik Indonesia 2019 yang dipublikasikan Badan Pusat Statistik ( BPS), Jakarta menjadi provinsi dengan lahan sawah yang produktivitas panen padinya paling tinggi kedua di Indonesia.

Luas keseluruhan sawah di Jakarta, seperti dicatat BPS, yakni seluas 960 hektar. Sementara produktivitasnya menembus 57,83 kuintal per hektar (ku/hektar). Artinya, setiap hektar lahan mampu menghasilkan gabah kering giling (GKG) 5,78 ton.

Sepanjang tahun 2018, persawahan di DKI Jakarta menghasilkan panen padi menghasilkan 3.990 ton GKG.

Produktivitas panen gabah DKI Jakarta ini hanya kalah oleh Bali yang produktivitasnya 5,98 ton per hektar. Pulau Dewata sepanjang 2018 menghasilkan GKG sebanyak 650.245 ton dari luas lahan 108.794 hektar.

Produktivitas padi per hektar dipengaruhi banyak faktor, seperti jumlah masa tanam, pemupukan, tingkat kesuburan tanah, kualitas air, benih, dan manajemen tanam.

Di sejumlah daerah, produktivitas GKG bahkan ada yang mencapai 8 ton per hektar untuk varietas padi tertentu.

Sebagai informasi, provinsi penghasil padi terbesar di Indonesia sepanjang 2018 dipegang oleh Jawa Timur sebesar 10.537.922 ton dari luas sawah 1,83 juta hektar dengan produktivitas 5,76 ton per hektar GKG.

Disusul Jawa Barat dengan produksi gabah 9.539.330 ton dari luas lahan 1,69 juta hektar dengan produktivitas 5,64 ton per hektar.

Lalu ada Jawa Tengah di posisi ketiga dengan jumlah produksi beras sebanyak 9.512.434 ton dari luas lahan 1,68 juta hektar dengan produktivitas 5,66 ton per hektar.

Sementara Kepulauan Riau menempati posisi paling buncit sebagai provinsi penghasil gabah paling sedikit, yakni hanya 833 ton dari luas sawah 355 hektar dengan produktivitas 2,34 ton per hektar.

https://money.kompas.com/read/2020/0...-bisa?page=all

Bisa ya
profile-picture
profile-picture
falin182 dan Kup4s memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Sengaja tidak dialih fungsikan olh bang anies spy bs menyerap air kl banjir
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan areszzjay memberi reputasi
Efek Oke Oce kah?
baru tau nih kalau DKI punya lahan seluas itu
what? jekardah ada sawah?emoticon-Bingung
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
gimana ga tinggi?
pasokan air untuk sawahnya banyak sihemoticon-Big Grin
Berkah kalo kata warga jekardah
Produktivitas Padi di Jakarta Tertinggi Kedua Se-Indonesia, Kok Bisa?
Diubah oleh bl0job
tanah banjir ya subur lah, sama kaya delta sungai nil
otomatis mrk bisa beli bibit unggul, air lancar, pupuk berkualitas & peralatan yg memadai

pesisir selatan jawa sering banget gagal panen krn waduk jarang, air kurang, pupuk subsidi susah, beli sendiri mahal

sekalian uneg2 keluarga gw didesa hbs gagal panen emoticon-Mewek
profile-picture
bingsunyata memberi reputasi
ada penelitian padi yg dihasilkan di jakarta tercemar polusi gak yah? di jakarta udara nya kan sangat berpolusi belum lagi airnya juga terkena limbah
luimbah rumah tangga dan industri
profile-picture
kurapbadak memberi reputasi
emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Hi

Ya bisa saja,
kan judulnya produktivitas.
Tonase/luasan.
Meskipun lahannya relatif kecil kalo hasilnya tinggi ya produktivitasnya tinggi.



emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
yanchespenda dan masgembus memberi reputasi
ane baru tau lho kalo jakarta masih punya lahan sawah emoticon-Hammer2

kirain cuma lahan kosong ato udah jadi pemukiman
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
kadrun tidak bisa membedakan antara produksi dan produktivitasemoticon-Big Grin
profile-picture
rip.cobain memberi reputasi
Quote:


Percuma dijelaskan broemoticon-Big Grin
Harusnya jakarta harus no 1
Karena punya dukungan sumber daya teknologi dan uangemoticon-Malu
Diubah oleh Skyland999
wajarlah

kinerja dinas pertanian terbaik se indonesia ya di jakarta
Bujug boneng dki yg gubernur nya abaswe ? Dono kasno indro uga dki
Tunggu tunggu

Gk salah denger ane

Pemukimanya aja sempit sempit gitu

Kok bisa ada sawah seluas itu ya?
Quote:


Produktivitas = produksi ?
1 kuintal berapa ton?

emoticon-Bingung

Yang lain produktivitasnya diukur ton per hektar, kenapa Jakarta pakai kuintal per hektar? emoticon-cystg
Lihat 1 balasan
yg lain mungkin nelayan ... ato penambang ... ato berkebun .... gak semua tanah cocok utk padi sih .... tapi harusan tanah di propinsi lain harusan jg bisa digunakan utk bertani emoticon-Traveller
Dari beritanya sendiri sih udah jelas ya gaes

Quote:


Produksi dengan produktivitas itu beda
Produksi = hasil yg sebenarnya
Produktivitas = optimalnya sih segitu

emoticon-cystg
Bukannya jawa tengah banyak sawahnya?
emoticon-Bingung emoticon-Bingung emoticon-Bingung
Balasan post khafidz99
Ha.ha.ha...agan jeli..
Emang beritanya cuma buat manasin forum saja..lagian jakarta sdh gak ada luasan tanah segitu
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di