CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41c45afacb956320434e02/industri-fmcg-diperkirakan-bisa-tumbuh-positif

Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif

Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif

JAKARTA - Di era digital bisnis memiliki beragam pilihan untuk mengembangkan brand (merek). Lembaga riset Kantar mengeluarkan studi yang dapat mengukur dan membantu perusahaan menyusun strategi pemasaran secara efektif.

Studi ini melibatkan 11.000 panel rumah tangga di Indonesia. Para responden sebagian besar pembeli produk barang konsumsi atau Fast Moving Consumer Goods (FMCG). Menurut Kantar, pertumbuhan brand pada segmen itu semakin sulit untuk dicapai. Tahun 2017, brand FMCG tumbuh sebesar 73%, namun pada 2018, hanya tumbuh sebesar 42%.

"Bagaimana membuat sebuah merek tumbuh secara berkelanjutan adalah tantangan besar, sebab hanya 32% merek yang tumbuh di kedua tahun tersebut," ujar Expert Solution Director Kantar Indonesia, Johan Pangaribuan, dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/2/2020).

Baca Juga:

Dari analisa Kantar dalam industri FMCG di Indonesia, Facebook memberikan Return On Ads Spend (ROAS) yang cukup tinggi. Dalam setiap Rp1 yang diinvestasikan oleh sebuah merek di Facebook, secara rata-rata akan memberikan pengembalian penjualan 1.82 kali lebih besar.

Meski media sosial menjadi saluran menarik bagi perusahaan, di Indonesia, TV masih tetap menjadi platform yang kuat dengan jangkauan audiens yang sangat luas. "Keduanya harus dapat saling bersinergi untuk mendorong pertumbuhan merek dan meningkatkan penjualan serta bisnis," paparnya.

Sinergi antara TV dan Facebook, kata dia, sangat positif. Sinergi ini menghasilkan tambahan penjualan yang lebih besar, dan kemungkinan konsumen untuk membeli produk tertentu setelah mereka yang melihat TV dan Facebook menjadi lebih besar, yaitu 1,3x lebih besar dari estimasi.

Ada analisis menarik dari sinergi antara TV dan Facebook. Studi dari Kantar menunjukkan ketika terjadi kombinasi antara TV dan Facebook, kemungkinan pembelian terhadap sebuah merek meningkat hingga 56%. Bahkan, pada kenyataannya, kemungkinan pembelian bisa mencapai 71%.

"Ini artinya bahwa TV dan Facebook menghasilan sebuah simbiosis yang saling melengkapi dan bersama-sama mendorong pertumbuhan merek dan bisnis di Indonesia," tuturnya.

Marketing Science Lead untuk Facebook di Indonesia, Adisti Latief, mengatakan Facebook terus mendukung perkembangan bisnis yang mengadopsi teknologi digital untuk memberikan program dan solusi dan membantu mereka terhubung dengan para konsumen.


Sumber : https://ekbis.sindonews.com/read/152...tif-1581354779

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif Desa Pelangi, Wisata Taiwan yang Dahulu Kampung Veteran Perang

- Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif Bank Mandiri Catat Volume Transaksi Agen Laku Pandai Sebesar Rp16 Triliun

- Industri FMCG Diperkirakan Bisa Tumbuh Positif Indef Sebut Skema Baru Dana BOS Rawan Penyelewengan

profile-picture
Kup4s memberi reputasi
Wah kayanya ga ada menurunnya sih bisnis FMCG itu selama masyarakat masih membutuhkan


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di