CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Virus Corona Persulit RI Keluar dari 'Jebakan' Ekonomi 5%
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e419be1c342bb478b28e9de/virus-corona-persulit-ri-keluar-dari-jebakan-ekonomi-5

Virus Corona Persulit RI Keluar dari 'Jebakan' Ekonomi 5%

Minggu, 09 Feb 2020 17:30 WIB

Trio Hamdani - detikFinance


Virus Corona Persulit RI Keluar dari 'Jebakan' Ekonomi 5%Foto: Pradita Utama

Jakarta - 
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ekonomi Indonesia tumbuh 5,02% pada 2019. Angka tersebut sekaligus mencatatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia mentok di kisaran 5% dalam 5 tahun terakhir.
Untuk tahun ini, menurut Direktur Eksekutif Riset Core Indonesia, Piter Abdullah masih sulit bagi Indonesia dalam menggenjot pertumbuhan ekonomi di atas 5%. Bahkan untuk meraih pertumbuhan 5,3% saja sulit. Apalagi geger virus corona di China yang juga berdampak negatif buat perekonomian Indonesia.
"Makanya saya sebutkan, tanpa virus corona pun pertumbuhan ekonomi kita akan berada di kisaran 5,1% ya. Kalau 5,3 tidak akan sampai ya. Nah kalau dengan virus corona ini sangat berat," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (9/2/2020).


Dia menjelaskan, virus corona membuat tantangan di tahun ini lebih berat karena kondisi tersebut menghantam banyak sektor ekonomi, mulai dari pariwisata, investasi hingga industri.
"Produksi industri manufaktur terkena karena kita susah untuk impor ya. Kalau untuk triwulan I sudah bisa dipastikan lah (pertumbuhan ekonomi) kita akan melambat ya," jelasnya.



Kondisi di atas akan sangat tergantung dengan dua hal, yaitu bagaimana pemerintah mengantisipasinya dan kapan virus corona ini berakhir.
"Untuk tahun 2020 akan sangat bergantung, pertama berapa lama virus coronanya, yang kedua seperti apa respons kebijakan pemerintah. Kalau nggak lama (masalah virus corona) ya dampaknya relatif lebih sedikit," tambahnya.
Selama era Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjabat, rata-rata pertumbuhan ekonomi hanya 5,04% per tahun.
Berikut data pertumbuhan ekonomi era Presiden Jokowi:
Pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,88%
Pertumbuhan ekonomi 2016 sebesar 5,03%
Pertumbuhan ekonomi 2017 sebesar 5,07%
Pertumbuhan ekonomi 2018 sebesar 5,17%
Pertumbuhan ekonomi 2019 sebesar 5,02%


VIRUS CORONA JADI KAMBING HITAM

profile-picture
Kup4s memberi reputasi
profile-picture
codot.1 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Berarti Indonesia ngga punya cukup dana utk menghidupi 600 ISIS eks WNI

Mudah2an @jonfaisal dan teman2 kadrunnya tidak sedih melihat saudara2 seumatnya yg pembunuh itu tidak diterima di Indonesia emoticon-Salaman
profile-picture
pink.forces memberi reputasi
Berarti virus korona udh ada dri 2015 karena ekonomi indon sudah nyungsep dari 5 thn lalu emoticon-DP
alasannya karna korona..
gw sabunin tuh mulut yg ngomong
bisa bertahan 5% aja hrs disyukuri
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Ya karna para investor dari sono.ga bisa masuk karna penerbangan di stop..
diterima aja, jangan malah bikin kebijaksanaa ga jelas, china yang biasa 6% aja ga kaget kalo tiba2 minus 2 digit.
profile-picture
xneakerz memberi reputasi
Untuk negara sebesar indonesia pertumbuhan 5℅ itu dah bagus
Lihat 3 balasan
Balasan post Ojodupeh
Quote:


Mantap, omong2 dulu si harto & SBY bisa 6% keatas tanpa bonus demografi.
emoticon-Leh Uga

Gue seneng orang Indon banyak nerima & bersyukur makanya hidup orang Indon rata2 Kismin

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Balasan post eltosicu3
@eltosicu3 ya harus dilihat juga situasi globalnya gmn,ga bijak juga bandingin secara apple to apple
Balasan post Ojodupeh
Quote:


@Ojodupeh makanya gua bilang orang Indon itu bakatnya Kismin, kagak mau usaha, maunya berdoa lalu dapet uang, biar bisa gaya lalu ngutang,Persis kelakuan pejabatnya..

emoticon-Leh Uga
untuk ukuran negara G-20, pertumbuhan ekonomi 5% itu dah bagus...hampir semua negara G-20 melambat pertumbuhanya termasuk india dan china
Ga ada corona aja 5 persen apalagi ada.

Akan ajaib kalo masih 5%
Quote:


emoticon-Ngakak
gak perlu corona aja dah susah kok emang kita sekarang punya apaan sih wong defisit neraca perdagangan aja terbesar dalam sejarahemoticon-Cape d...
Balasan post jonfaisal
gan, celananya naikin emoticon-Leh Uga


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di