CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e419a614601cf1d90756091/nonton-sambil-belajar-9-kartun-asal-korea-selatan-ini-bisa-jadi-inspirasi

Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi

Nonton Sambil Belajar, 9 Kartun Asal Korea Selatan Ini Bisa Jadi Inspirasi

Annyong Haseo

Hujan-hujan gini, enaknya makan mie ramyon sambil nonton drama Korea. Setuju, gak, Gan/Sis?

Eh, itu sih kerjaan para jomlo. Kita emak-emak, boro-boro nonton drakor, mau masak mie instan aja kudu nunggu aman dari pantauan anak-anak.

Lain dulu lain sekarang, emak sudah pindah haluan. Yang dulu isi file di laptop penuh drama Korea, sekarang ganti video-video kartun lucu. Yang dulu tontonannya di TV drama Turki, sekarang ganti dong jadi kartun lucu jugak.

Nah, biar gak ngenes amat akibat nggak bisa nonton drakor, emak punya alternatif win win solution biar bisa nobar sama anak. Sekarang, di stasiun televisi swasta kita banyak ditayangkan kartun dari negeri Gingseng itu juga loh. Agan/Sista mungkin belum tahu kalau tayangan di bawah ini berasal dari Korea Selatan.


1. Pororo (tayang di ANTV)

Quote:


Berkisah tentang persahabatan seekor penguin kecil bernama Pororo dan teman-temannya yang tinggal di habitat bersalju. Tak hanya penguin, ada juga beruang kutub besar, burung, rubah, bahkan buaya yang diadopsi dan menjadi sahabat Pororo. Kisah mereka penuh petualangan dan rasa ingin tahu, serta dibumbui konflik persahabatan yang bisa dijadikan pelajaran untuk anak kita.

2. Tayo (tayang di rtv)

Quote:


"Ada Tayo! Ada Tayo!"
"Eh, bukan! Itu Rogi!"

Sering dengar anak-anak beradu gara-gara melihat bus warna-warni? Sebegitunya tontonan ini melekat di pikiran bawah sadar mereka. Selain nilai-nilai yang diajarkan dalam setiap episodenya, anak-anak juga secara tidak langsung diajak untuk mengenal warna, macam-macam kendaraan beserta fungsinya, adab di jalan, dan masih banyak lagi.

3. Rainbow Ruby (tayang di rtv)

Quote:


Ruby adalah gadis kecil yang memiliki imajinasi yang tinggi. Dia selalu hadir ketika kawan-kawannya di desa Pelangi membutuhkannya. Dalam menjalankan misi untuk menolong penduduk desa Pelangi, Ruby akan berubah wujud menjadi dokter, polisi, detektif, petani, atau profesi apa pun yang sesuai dengan masalah yang harus dipecahkan. Anak-anak jadi bisa belajar tentang aneka macam profesi yang semuanya bermanfaat dan amat besar jasanya. Jadi, ketika mereka ditanya, "Cita-citanya mau jadi apa?" mereka memiliki banyak hal untuk diceritakan.

4. Cloud Bread (tayang di rtv)

Quote:


Kisah Hongsi dan Hongbi yang sangat suka makan roti buatan ibu. Bagaimana tidak, setelah memakannya, mereka akan bisa terbang. Bersama roti awan buatan ibu, mereka banyak mendapat pengalaman baru.

5. Bernard Bear (tayang di MNC)

Quote:


Meski tanpa dialog, animasi ini selalu bisa mengundang tawa. Bernard adalah nama seekor beruang kutub yang entah ke mana bulunya, hehe. Dia punya banyak kawan yang lucu dan ceria.

6. Larva (tayang di RCTI)

Quote:

Siapa yang masih geli dengan ulat? Lihat tontonan ini, dan lupakan phobiamu. Cerita tentang dua ulat gemuk dan teman-teman serangga lainnya ini selalu lucu dan bikin geregetan di endingnya.

7. Robocar Poli (tayang di rtv)

Quote:


Poli dan teman-temannya adalah tim penyelamat yang terdiri dari mobil polisi, ambulan, helikopter, dan mobil pemadam kebakaran. Mereka bisa bertransformasi menjadi robot dalam keadaan genting. Kisah mereka banyak mengajarkan tentang pentingnya kerjasama dan jangan bersikap egois.

8. Tobot (tayang di rtv)

Quote:


Kartun kegemaran anak laki-laki ini bercerita tentang anak-anak dan Tobot mereka. Tobot adalah mobil yang bisa berubah menjadi robot, mirip-mirip Transformer, lah. Bersama anak-anak, Tobot-Tobot ini membantu menumpas kejahatan yang mengancam kota Deido.

9. Detective Peet (tayang di rtv)

Quote:


Belajar satwa dan tanaman di hutan dengan cara yang menyenangkan. Tiga detektif hutan yang lucu akan membantumu mengenal aneka macam satwa dan tanaman yang bisa kita temui di hutan.


Nah, sembilan list karkor di atas bisa jadi bahan nobar deh, sama anak-anak. Eh, karkor apaan? Ya, kartun Korea lah emoticon-Ngakak

Selain menghibur, rata-rata kartun animasi dari Korea Selatan yang tayang di stasiun televisi swasta di Indonesia memiliki nilai-nilai yang bisa ditanamkan dalam keseharian anak-anak. Emak juga jadi punya bahan buat menasihati anak-anaknya, tinggal bilang saja, "Eh, tadi Pororo jadi gak ditemenin Crong karena nggak mau minjemin mainan, kan? Enak nggak, kalau nggak punya temen?" misalnya saja gitu. Jadi simpel, kan?

Tapi, tetap usahakan selalu dampingi putra putri kita ketika melihat tayangan apapun itu. Kelihatannya kartun-kartun itu ramah anak dan punya banyak sisi positif, tapi yang namanya anak belum bisa membedakan mana yang baik dan buruk. Misalnya saja ada adegan kekerasan di tayangan 'Larva', jangan sampai anak-anak menganggap memukul teman demi mendapat apa yang diinginkan adalah benar. Atau menganggap hebat kebiasaan Ruby ketika berbohong kepada ibunya agar tidak ketahuan saat mau pergi ke desa Pelangi. Selain itu, budaya Korea tentu berbeda dengan budaya kita, kan.

Jadi, selamat menikmati nonton bareng bersama anak-anak.

Jangan lupa 🌟🌟🌟🌟🌟, cendol, dan share. Titip salam buat Ananda emoticon-Kiss


Sumber gambar :
1. Pororo
2. Tayo
3. Rainbow Ruby
4. Cloud Bread
5. Bernard Bear
6. Larva
7. Robocar Poli
8. Tobot
9. Detective Peet
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Indriaandrian dan 35 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh bundasholihaah
Halaman 1 dari 5
hai tayo hai tayo dia bis kecil ramah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan 9 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
melaju melambat tayo selalu senang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Katakhoi dan 6 lainnya memberi reputasi
share yuk! agan/sista punya pengalaman apa dengan tontonan anak2?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 6 lainnya memberi reputasi
no 3, anak" seneng bget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Cewek pasti ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Widih keren banget dah acara anak-anak menjadi favorit para emak super hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Emak2 korban acara tivi anak2 ini emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 6 lainnya memberi reputasi
aku suka larva, so bikin ngakak terpingkal pingkal guling guling
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 6 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iya bun, 2 cwe semua.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 6 lainnya memberi reputasi
aku suka cloud bread. enaknya makan roti banyak tapi gak bikin gemuk, malah melayang di awan. kalau beneran ada yg jual bakal jadi langganan 🤣
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 5 lainnya memberi reputasi
Baru tau kalo Tayo dari Korselemoticon-Hammer2
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 5 lainnya memberi reputasi
Suka larva. Hihi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
anna1812 dan 3 lainnya memberi reputasi
bernard sama pororooooo sukaaaakkk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
pororo, tayo, tobot, dari korea ya? baru tau saya. 😁
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Anak ane seneng ama Tayoemoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
baru tau semua saya klo semua kartun itu dari korea emoticon-Bingungemoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tuh, kan banyak yang belom tau
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Tos dong! emoticon-I Love Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 4 lainnya memberi reputasi
Quote:


Ho oh. Seneng nonton itu juga ya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bekticahyopurno dan 3 lainnya memberi reputasi
Quote:


Aq jugaaa
profile-picture
erinherlina memberi reputasi
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di