CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Education /
Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41846ef0bdb27e4320e3a3/mengenal-dpr-lembaga-negara-yang-citra-nya-memburuk-di-masyarakat

Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat

Hi There, selamat datang di Thread. hari ini pengen bahas DPR dan juga membahas secara rinci beberapa hal yang mungkin kita nggak tahu soal DPR. kayaknya Ini bakal panjang, tapi gue usahain biar jadi pendek sependek sumbu netizen yang mudah koar-koar di kolom komen sosial media.

Mengenal DPR, Lembaga Negara yang Citra nya Memburuk di Masyarakat

DPR, sebuah instansi legislatif negara yang cukup tidak dipercaya oleh masyarakatnya. namun uniknya instansi ini tetap ada dari periode ke periode. terlepas dari itu semua apa kita udah tahu DPR dan sejarahnya. ya gue tahu lu gak suka sejarah, tapi tak kenal maka tak sayang tapi DPR udah dikenal masih gak disayang, jadi mari kita kelupas lah apa sih DPR, sejarah, fungsinya, dan rekam jejaknya.

DPR
DPR adalah instansi negara yang berfungsi sebagai wadah yang menampung suara rakyat atau mereka juga disebut perwakilan rakyat. tapi juga diisi oleh anggota partai politik yang dipilih melalui pemilihan umum (pemilu)


Sejarah DPR secara ringkas

pada awal kemerdekaan DPR itu belum ada, dan yang ada tuh Komisi Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang dibentuk berdasarkan sebuah sidang (tak perlu disebut, fokus kita ke DPR). kita sebut aja KNIP ini bapaknya lembaga legislatif di Indonesia.
karena you know, negara baru lahir, mau gak mau harus ada lembaga yang ngurusin banyak hal dan KNIP ini yang ditunjuk untuk bantu-bantu presiden di jaman itu.
lah DPR mana ? yah KNIP merupakan bentuk awal dari DPR gan, KNIP saat awal kemerdekaan itu juga mendapat hak legislatif DPR karena DPR belum ada. dan juga hari dibentuknya KNIP ini juga disebut sebagai hari lahirnya DPR RI yakni tanggal 29 Agustus 1945.
anyway KNIP cuma ada di awal kemerdekaan sampai 1950. dari 1950 itu udah jadi DPR. karena tugas KNIP waktu itu sebagai DPR sementara dan karena DPR dah lahir maka tugas KNIP kelar.
singkatnya KNIP ini adalah DPR 1.0, nah yang sekarang DPR 2.0 versi jadi.
kalo mau lebih lengkap sejarah DPR

Tugas DPR(gue coba singkat)

dalam bidang legislatif mereka menyusun, dan membentuk RUU yang dirancang sendiri maupun yang diajukkan oleh DPD atau Presiden. singkatnya mereka yang ngatur masalah Undang-undang boleh lolos atau nggak.

dalam masalah anggaran mereka yang memberi persetujuan mengenai RUU tentang APBN baik dari presiden maupun pertimbangan DPD. dan juga menindaklanjuti laporan keuangan oleh BPK. 
singkat cerita DPR itu orang yang ngecek laporan keuangan, atau orang yang bisa ngomong "anda terlalu boros nih. kurangi anggarannya". yah seperti itu lah

dan yang terakhir mereka mengawasi pelaksanaan  UU, APBN dan kebijakan pemerintah dan membahas sekaligus menindaklanjuti laporan pengawasan DPD.
singkat cerita mereka pengawas negara.
kalo mau ribetnya klik dimari  fungsi DPR

Rekam Jejak Kinerja DPR

Bagaimana sih rekam jejak DPR dalam dan perannnya pemerintah Indonesia, baik dalam bentuk KNIP sampai sekarang. check it out 
Kinerja DPR itu dibagi beberapa periode, yaitu orde lama, orde baru dan era reformasi. mari deh kita rincikan dibawah ini ditiap periode.

orde lama (1945-1965)
Spoiler for Periode lama:


Quote:


orde baru (1966-1998)
Spoiler for Orde Baru:


Era Reformasi (1998-sekarang)
Spoiler for Reformasi:


Quote:


Sekian Gan dari ane. Moga dengan ini kita bisa lebih mengenal DPR kita, walaupun masih ada buruk-buruknya dan menjadi lembaga yang belum dipercaya, semoga aja ada titik terangnya di mana mereka bisa bekerja maksimal tanpa mentingin kepentingan partai. 
dan jika ada yang kurang dari ane lengkapi aja ya gan, ane juga gak paham-paham amat soal DPR ini, research pun modal google.
thank you udah mau nyimak 
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariebetadine dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh dirawan09
Halaman 1 dari 6
Secara pribadi kami tidak mengenal
Lihat 3 balasan
Duduk manis gaji gede emoticon-nyantai
DPR..., seneng banget ih mengenal mereka
DPR..., senang banget deh ada yang bisa jadi bahan bully-an seumur hidup mereka (ane bilang oknum lho)
Lihat 1 balasan
Berterimakasihlah kepada DPR, sebab tanpa DPR maka akan tercipta Pemerintahan yg otoriter tanpa kontrol & cenderung jd tirani.

emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
pein666 dan dirawan09 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
dari dulu juga sarang koruptor kan
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
pein666 dan extreme78 memberi reputasi
dari info yang dipaparkan TS keliatan kan sejak awal (taun 55) parlemen emang isinya ngaco mulu emoticon-Cape d...
profile-picture
extreme78 memberi reputasi
DPR
wakil rakyat yang tidak pernah mewakili rakyat
"Beda DPR dengan taman kanak-kanak memang tidak jelas," kata Gus Dur

emoticon-Big Grin
Udahlah kita akhiri omong kosong ini.....

DPR .....sedari dulu kagak bakal bisa berubah..

surganya kaum koruptor disanaemoticon-Tepar
Quote:


Taman kanak-kanak versi manula
Memburuk? Emang kapan baiknya?
Apa itu DPR?
Wakil rakyat tapi ane ga kenal siapa mereka wkwkw
'jadi dpr' dambaan kere jadi org berduit en punya pensiun ama lahan buat para artis yg udah keabisan daya kreatif tapi masih pengen dianggep org byk. ditiap negara (demokrasi maupun diktator) tingkah anggota dpr adalah cermin intelegensia bangsa. termasuk indonesia. j

aman suharto kuasa tercatat dlm kurun 32 thn ada 43 anggota dpr ketauan ngutil (shoplifting) dlm berbagai kunjungan kerja luarnegeri. gue pernah bikin kliping ampe 182 halaman. iseng aja. terutama dikoran-koran ternama dunia.

alhamdulillah jaman skrg udah kagak ngutil lg tapi pd naik kelas nyatut en ngobyekin proyek pemerintah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
profile-picture
profile-picture
jagotorpedo dan achmad526 memberi reputasi
caleg terpilih di tes psikologi lebih ketat biar ga kecolongan walaupun ga menjamin si hehe
Quote:


Iseng aja tapi sampe 182 halaman, keisengan terniat agan, respect. Btw ngutil gimana yah gan ? Ane masih bocah waktu itu wkwkwk
profile-picture
kingoftki memberi reputasi
Lihat 1 balasan
memburuk? itu udah ada di jamban sama tai cok, ga dibakar semua itu hewan di sana aja udah keajaiban cuk emoticon-Tai
sebenarnya lembaganya sudah bagus karena membantu pemerintahan,yang perlu di ubah ialah orang2 yang menjabat di dalamnya harus terseleksi baik dari intelektual ataupun spiritual,karena keduanya harus sejalan kalau hanya popularitas yang di unggulkan ya semua hanya sebatas nama tanpa andil atau pun kinerja yang sesuai dengan landasan tujuan awal di bentuk DPRemoticon-Maaf Agan
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
Diubah oleh piti407
NAmanya juga DPR gan DPR = Dewan Penipu Rakyat emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 6


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di