CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
MUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4183beb41d3076ff48fbe0/mui-jabar-biarkan-saja-isis-eks-wni-di-suriah-itu-konsekuensi-mereka

MUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka

MUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka

Bandung, IDN Times - Wacana untuk memulangkan 600 eks WNI anggota ISIS dari Suriah masih menuai pro kontra. Sebagian besar suara yang terdengar, menolak rencana pemulangan itu. 

Terkait hal ini, Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat Rafani Akhyar mengatakan, wacana menerima kembali eks WNI anggota ISIS harus dipikirkan dengan matang. 

Jika nanti para eks WNI itu dideradikalisasi atau disadarkan kembali dan ternyata upaya tersebut tidak berdampak, malah mereka membuat ulah, Rafani mengatakan, para eks WNI anggota ISIS tersebut bisa saja dihukum mati.

"Jika sudah diterima kembali di Indonesia dan nanti masih berulah, bisa saja diberikan hukum mati," ujar Rafani saat dihubungi IDN Times, Senin (10/2).

1. MUI Jabar belum mengetahui berapa warga Jawa Barat yang tergabung dengan ISISMUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka
Rafani mengatakan, berdasarkan data BNPT ada 600 eks WNI anggota ISIS yang diperkirakan akan dipulangkan ke Indonesia dari Suriah. Namun, ia belum mengetahui secara jelas, berapa jumlah yang berasal dari Jabar.

"MUI Jabar belum tahu persis presentasenya, tapi saya punya dugaan dari 600 eks WNI yang Jabar ini banyak. Ini dugaan saya," ungkapnya.

2. MUI menilai anggota ISIS eks WNI tidak perlu dipulangkan ke IndonesiaMUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka
Sebelumnya, Rafani menjelaskan, eks WNI itu selama ini sudah memutuskan untuk berangkat ke Suriah menjadi anggota ISIS. Bahkan mereka juga melakukan perbuatan yang merugikan negara seperti membakar paspor.

"Mereka juga pernah melakukan aksi bakar paspor, videonya tersebar di media sosial. Kalau hati kecil kami biarkan saja di sana. Itu konsekuensi mereka," ungkapnya.

3. Jika negara memulangkan eks WNI anggota ISIS, program deradikalisasi harus matangMUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka
Di sisi lain, Rafani mengatakan, jika negara serius ingin memulangkan dan menerima eks WNI dari Suriah, langkah-langkah deradikalisasi harus tepat dan benar-benar difokuskan. Misalnya, mengasingkan terlebih dahulu eks WNI itu di satu pulau untuk diberikan pemahaman tentang NKRI.

"Orang yang tersesat harus dibetulkan. Cuma karena ini kan sudah terlibat langsung dalam peperangan di lapangan, jadi ini harus betul matang menurut kami," tuturnya.

4. Pemerintah harus mendengarkan saran dari DPR MUI Jabar: Biarkan Saja ISIS Eks WNI di Suriah, Itu Konsekuensi Mereka
Terpisah, anggota DPR dari Fraksi Partai NasDem, Muhammad Farhan menilai, keputusan pemerintah terkait pemulangan eks WNI bersifat politis. Menurutnya, pemerintah perlu mendengar masukan dari DPR.

"Pemerintah perlu mendengar suara-suara dari DPR, pimpinan DPR sudah jelas menolak memulangkan mereka," ujar Farhan dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/2).

Farhan menambahkan, pemerintah harus bergerak cepat membawa pulang WNI yang tidak terlibat ISIS di Suriah. WNI yang tidak terlibat ISIS, kata dia, ada 150 orang yang merupakan mahasiswa dan 1.000 pekerja migran yang tersebar di Damaskus, Aleppo, Homs, Hama.

"Pemerintah perlu mencari cara tercepat melakukan evacuation route buat 1.000 lebih WNI, ini lebih penting," kata dia.


Sumber : https://www.idntimes.com/news/indone...mpaign=network

---

takut kumat lagi mereka ntuh emoticon-Takut (S)
profile-picture
adolfsbasthian memberi reputasi
Quote:


Adalah benar GanEd...
emoticon-Takut
Quote:


GanTipi bukan gan ed emoticon-DP
Benaaaar. Ane sepakat nih. Daripada membahayakan Indonesia nantinya
Quote:


Biarin aja GanEd...
emoticon-Goyang
Biarkan mereka bahagia di sana karena itu adalah pilihan mereka sendiri!!!
GIF
Pergi gk diantar, pulangnya minta dijemput emoticon-Takut


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di