CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Bagaimana Cara Menciptakan Suatu Tren?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41546af0bdb25fff445757/bagaimana-cara-menciptakan-suatu-tren

Bagaimana Cara Menciptakan Suatu Tren?


Bagaimana Cara Menciptakan Suatu Tren?
globalsearchinteractive.net

*****

Bagaimana sih cara menciptakan suatu tren, atau istilah kerennya menjadi trendsetter?

Saat sedang berkelana di Youtube, ane melihat beberapa konten video yang menurut ane punya benang merah dengan pertanyaan di atas. Video-video tersebut juga memiliki kesamaan satu sama lain.

Orang-orang yang terekam di dalamnya mencoba mengawali suatu aksi yang pada akhirnya diikuti oleh hampir semua orang di sekelilingnya. Mereka yang terekam dalam video merupakan trendsetter yang berhasil mengajak seisi lapangan, bahkan seisi stadion, untuk mengikuti aksi yang mereka mulai.

Dan bukan sekedar cocoklogi. Kalau agan amati sebenarnya ada pola dari aksi yang dilakukan oleh para trendsetter di dalam video. Pola tersebut bisa banget agan tiru jika ingin menciptakan suatu tren.

*****

Video Pertama | Mexican Wave

Spoiler for the trendsetter:

Buat yang males streaming, atau mungkin belum akrab dengan istilah mexican wave, agan bisa langsung lompat ke menit 2:52. Tapi dengan begitu agan akan melewatkan inti dari video ini. Yaitu proses awal terciptanya mexican wave itu sendiri.

Video ini diawali dengan percakapan dua bocah yang hendak memulai mexican wave di stadion berisikan 82.000 penonton.

Awalnya tentu saja mereka tidak langsung berhasil. Apalagi para penonton tidak saling kenal satu sama lain. Untuk itu mereka perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai seisi tribun mau berdiri dari tempat duduknya.

Pada percobaan ketiga, penonton yang duduk agak jauh mulai ikut berpartisipasi sambil terus memperhatikan aba-aba dari kedua bocah. Sampai kemudian, entah pada percobaan yang keberapa, aksi ini mendapatkan momentumnya. Lautan manusia di tribun atas yang mengelilingi stadion, secara bergantian membuat "ombak".

Dari "ombak" pertama dibuat sampai kemudian kembali lagi ke tempat yang sama, memakan waktu kira-kira 1 menit. Lihatlah euforia yang didapat saat "ombak" itu kembali ke pembuatnya. Priceless!

*****

Video Kedua & Ketiga | Memulai Pesta Dansa

Spoiler for turun:

Spoiler for :


Nah kalau dua video ini lebih keren lagi. Dengan pola yang sama, ada satu orang yang berdansa sendirian di tengah suatu festival musik. Di mana kerumunan orang yang berada di sana hanya duduk-duduk saja.

Kerumunan itu sesekali memperhatikan orang yang sedang berjoget sendirian. Tapi tidak ada yang berminat, atau mungkin terlalu jaim (jaga image), untuk sekedar berdiri berjoget menikmati alunan musik.

Sampai kemudian ada satu orang yang bergabung untuk menemani sang pionir berjoget bersama, dan mengajak orang lain turut serta. Baru setelah itu seluruh kerumunan tidak jaim lagi dan ikut menari bersama-sama.

*****

Apa Benang Merahnya?

Ketiga video tadi menunjukkan terjadinya suatu aksi massal yang diawali oleh segelintir orang saja. Hampir sama dengan pola terciptanya suatu tren viral yang juga diawali segelintir orang saja.

Dan tentunya hal tersebut menjawab pertanyaan di judul thread. Polanya pun sesederhana itu, yakin dan konsisten.

*****

1. Yakin

Bagaimana Cara Menciptakan Suatu Tren?
digitalspy.com

Pertama, agan harus percaya diri. Awalnya agan pasti "berjalan sendiri", menjadi lone wolf, dianggap aneh atau gila. Tapi, asal tahu saja, sekecil apapun pengaruh yang agan berikan pasti akan berdampak. Dan di balik perjuangan selalu ada pengorbanan.

"It's better to appear strange to others, than to be a stranger to yourself."

Pada dasarnya agan tidak sendiri. Pasti ada orang di belahan lain dunia ini, negara ini, atau kota ini yang punya visi sama dengan agan. Hanya saja belum dipertemukan.

Dan memulai hal baru atau kebiasaan baru itu sulit. Kadang di tengah perjalanan untuk mewujudkannya, tiba-tiba ada saja alasan yang bikin putus asa.

Kejadian-kejadian yang bikin mental down. Misalnya impian yang sudah lama kita kerjakan tidak kunjung membuahkan hasil. Atau percobaan yang kesekian kalinya masih saja gagal. Seakan tiada lagi kemungkinan untuk mencapainya. Tapi sehina apapun, tidak ada yg bisa menghentikan agan, kecuali agan sendiri. Just ...

2. Konsisten

Bagaimana Cara Menciptakan Suatu Tren?
nme.com

Langkah selanjutnya, datangi keramaian dan tunjukkan karya agan. Untuk melakukan ini agan bahkan tidak perlu keluar rumah. Manfaatkan internet dan curi perhatian netizen.

Lakukan satu kali, dua kali, seratus kali, seribu kali. Undanglah satu orang, dua orang, tiga orang, dan berimanlah. Saat orang sudah bersedia meluangkan waktu mereka untuk sekedar "mengangkat (maaf) pantat mereka dari kursinya", saat itulah agan mendapatkan atensi orang-orang. Agan tinggal menunggu momentumnya saja.

*****

Sekian dari ane Bre & Sis.
Udah siap jadi trendsetter? emoticon-Big Grin
Salam dan sampai jumpa di thread Cipt. Papa.T.Bob selanjutnya.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bang.dot dan 15 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Papa.T.Bob
Halaman 1 dari 4



cukup modal kopi emoticon-Ngakak
Quote:


wasyem, dapet aja ente bre emoticon-Ngakak
Gampang, pakai jasa Buzzer emoticon-Nyepi
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Quote:


buzzer juga oake cara enih sih gan. gak mesti sekali ngebuzz langsung berhasil. butuh beberapa kali percobaan

emoticon-Nyepi
seperti tren gangnam style dulu? sampe di undang kemana2 itu gangnamnya
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Quote:


karena latah adalah sifat alami manusia emoticon-Ngakak
profile-picture
MrJeffBezos memberi reputasi
pengen liat kimi hime emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
Papa.T.Bob dan kupss memberi reputasi
namun hanya sesaat
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
di Indonesia tren sekarang beda dengan dulu
dulu yang ngetren adalah mereka yang berilmu, beragama, berwawasan luas
sekarang tren Indonesia kacau, video viral yang gak ada yang bagus aekerin, oldlex, dan fcnjffh
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
bikin pilm anu aja biar langsung terkenal
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
kudu sering dipake kali yah... biar tren emoticon-Big Grin
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Mana nih iklan nambah follower biasanya ada...
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
klo bkn influencer agak susah kyknya

gak punya massa, sulit
profile-picture
profile-picture
starcrash dan Papa.T.Bob memberi reputasi
Quote:

apa itu om kok bulet bulet emoticon-Belo
Quote:

oleh karena itu, jangan jadi follower
Quote:

orang yang beneran keren pada stay cool soalnya, gak doyan bikin kontroversi dan drama
Quote:

film apaan nih bre
Quote:

dikira sandal kali, sering dipake
emoticon-Entahlah
Quote:

awokawok
Ngakak njir!
emoticon-Leh Uga
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
seru yak joget2 bersama emoticon-Big Grin
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
wah gokil juga sih ini,
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
harus tahan bullyan
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Modal muka tebel aja
profile-picture
profile-picture
marikemana dan Papa.T.Bob memberi reputasi
masi mncoba
profile-picture
Papa.T.Bob memberi reputasi
Halaman 1 dari 4


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di