CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Inspirasi /
Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e414fb3c9518b606254ebc2/yuk-berhenti-merepotkan-diri-sendiri-dengan-tidak-membicarakan-keburukan-orang-lain

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Selamat malam kaskuser dan pembaca setia akun Katakhoi. Semoga kebahagiaan tidak pernah henti-hentinya mendatangi kita dan semoga ucap syukur tidak pernah luput dari mulut dan hati kita.


Tidak hanya hari ini, jauh sebelum hari ini kebiasaan buruk membicarakan keburukan orang lain seperti sudah menjadi darah daging bagi manusia. Banyak di antara mereka seperti lebih senang membicarakan keburukan orang lain daripada memperbaiki diri sendiri. Alih-alih memperbaiki diri sendiri, untuk sekumpulan orang lebih memilih menghabiskan waktu dan kesehariannya hanya untuk membicarakan keburukan orang lain.


Tahukah kamu, saat dirimu membicarakan keburukan orang lain saat itu juga sebenarnya kamu sudah merepotkan dirimu sendiri. Orang-orang di luar sana memanfaatkan waktunya dengan kegiatan-kegiatan positif, lalu kamu masih mengisi waktumu dengan hanya membicarakan keburukan orang lain? Duh, sepertinya kamu mainnya kurang jauh.


Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Agar hidupmu lebih bermanfaat dan tentunya agar kamu lebih fokus memperbaiki diri, yuk, simak 5 cara bagaimana berhenti merepotkan diri sendiri dengan tidak membicarakan keburukan orang lain.


1. Ingat, membicarakan keburukan orang lain bukan membuatmu terlihat istimewa, melainkan membuatmu terlihat lebih rendah

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Saat kamu membicarakan keburukan orang lain kepada teman-temanmu ataupun orang-orang terdekatmu, ketahuilah, itu tidak membuatmu terlihat istimewa atau bahkan terlihat seperti orang yang paling baik di mata orang lain. Dengan kamu membicarakan keburukan orang lain itu sudah menunjukkan bahwa secara tidak langsung kamu merasa iri akan kehidupan orang lain.


Kamu boleh saja menyebut itu sebagai hal yang wajar, tapi saat kamu menyebut itu sebagai hal yang wajar, saat itu juga kamu dengan terang-terangan memperlihatkan kepada orang lain bahwa ternyata kamu jauh lebih rendah dari orang yang sedang kamu bicarakan keburukannya. Jadi, yuk berhenti membicarakan keburukan orang lain karena itu hanya merepotkan dirimu sendiri.


2. Bayangkan jika keburukan yang dibicarakan itu adalah keburukanmu

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Ketika kamu membicarakan keburukan orang lain apakah kamu pernah berpikir bahwa jika seandainya keburukan itu adalah keburukanmu sendiri? Bukankah sesuatu yang tidak baik pasti akan kembali tidak baik juga. Bagaimana jika suatu saat yang kamu lakukan hari ini adalah yang orang lain lakukan terhadapmu?


Menjadi seseorang yang dibicarakan keburukannya kepada orang lain adalah salah satu penyebab mengapa seseorang memilih untuk menutup diri dan tidak bersosialisasi. Bayangkan jika itu terjadi kepadamu! Sakit yang orang lain rasakan saat keburukannya dibicarakan, suatu saat mungkin akan terjadi kepadamu juga.

3. Jangan membuang waktumu dengan membicarakan keburukan orang lain
Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Sekali lagi, coba kamu pikirkan baik-baik! Apa keuntungan dari membicarakan keburukan orang lain? Apa kamu menjadi bahagia saat membicarakan keburukan orang lain? Jika seperti itu yang kamu rasakan, ketahuilah hati nuranimu sepertinya sudah membeku dan mengeras seperti batu. Membicarakan keburukan orang lain hanya membuang waktumu saja. Dan jika ditelaah lebih dalam memang tidak ada kebaikannya sama sekali saat seseorang membicarakan keburukan orang lain.


4. Bersihkan hatimu dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Salah satu cara terampuh untuk menghindari agar tidak membicarakan keburukan orang lain adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif, atau bisa juga dengan menyibukkan diri terhadap pekerjaanmu. Ketahuilah, hati yang bersih terlihat dari apa yang diucapkan oleh seseorang. Saat yang kamu ucapkan adalah keburukan orang lain, saat itu juga di dalam hatimu ada kekeliruan yang harus benar-benar dibersihkan.


5. Fokus untuk memperbaiki diri sendiri agar tidak ada waktu untuk membicarakan keburukan orang lain

Yuk, Berhenti Merepotkan Diri Sendiri dengan Tidak Membicarakan Keburukan Orang Lain

Tidak bosan-bosannya mengingatkan untuk lebih mencintai diri sendiri dengan memperbaiki diri, membatasi diri sendiri agar tidak menambah masalah dalam hidup, dan masih banyak yang lainnya. Saat kamu lebih memilih menghabiskan waktumu dengan membicarakan keburukan orang lain, saat itu juga sampai kapan pun tidak akan ada waktu untukmu memperbaiki dirimu sendiri.


Padahal yang paling penting dalam hidup ini adalah diri sendiri. Dari, untuk, oleh diri sendiri. Jika kamu belum bisa membantu meringankan beban seseorang, jangan menambah mereka dengan membicarakan keburukannya. Dan jangan menambah beban hidupmu dengan membicarakan keburukan orang lain.


Nah, itulah 5 cara tentang bagaimana berhenti merepotkan diri sendiri dengan tidak membicarakan keburukan orang lain. Semoga kita terhindar dari hal yang tidak baik yang hanya bisa merugikan diri kita sendiri.


Narasi: murni imajinasi sendiri
Sumber gambar: google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hugomaran dan 38 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 14
Selamat membaca. Semoga bermanfaat. ❤
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
edited
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh karyanakbangs4
kalo ada temen yang suka ngomongin temennya sama lu berdua berarti bisa aja dia suka ngomongin lu kalo lagi gaada lu nya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sfcloud9 dan 7 lainnya memberi reputasi
Quote:


Keren dah say, mantul banget dah,👍👍👍
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Nah, bener banget tuh. Saya punya temen, dan temen saya itu punya temen lagi. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa temen saya itu membicarakan tentang saya kepada temen-temennya lagi. emoticon-Sorryemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iHudZ dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Duhhhh, terima kasih banyak, kak. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Maksudnya gimana nih, kak?
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Nice Thread dik
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Katakhoi memberi reputasi
Quote:


Terima kasih, kak. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Keknya susah kalo mau ngilangin kebiasan yg satu ni, apalagi buat cwek. Kalo mereka udah ngumpul pasti ada aja yg diomongin dr orang lain emoticon-Menang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
id.mahlukplanet dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Quote:


Samisami dikemoticon-Peluk nanti singgah lagi, boleh yaa
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Katakhoi memberi reputasi
iya, sebenernya ga ada kejntungannya kok membicarakan keburukan orang lain, malah cm nanti jd muter2 di pikiran kita terus aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post antomulyo
bener banget emoticon-2 Jempol . sudah kodratemoticon-Ngakak

sefokus-fokusnya enggak ngomongin orang tetap ngomongin jua
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Setidaknya cuman bisa mengendalikan yg tadinya ngomongin kejelekan diubah topik jadi ngomongin kebaikan orang, kan bisa jadi motifasi diri tuk berbuat baik pula
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Iyaa sih pasti susah banget. Tanpa mereka sadari mereka pun diomongin dari belakang, baik itu sama orang lain ataupun sama temen gosipnya sendiri. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan antomulyo memberi reputasi
Quote:


Boleh banget dong, kak. Betah-betahin aja di sini, nanti dikasih suguhan deh. emoticon-Pelukemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Nah, betul banget. Malah jadi repot sendiri ujung-ujungnya. emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Wkwk. Memang cuma ada 2 pilihan, kalau gak ngomongin ya diomongin. emoticon-Sorryemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Nah, mantap. Lebih bermanfaat dan ke kita nya bisa mengambil nilai positifnya untuk berbuat kebaikan juga. emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan embunsuci memberi reputasi
Quote:


Apa cuba cemilan ma minumannya? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
ciptawan dan Katakhoi memberi reputasi
Halaman 1 dari 14


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di