CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Automotive / Otomotif /
Jangan Nekat Terobos Jalan Layang Non Tol Gan! Ini Sanksi dan Dendanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e411177a2d1953f052e2f42/jangan-nekat-terobos-jalan-layang-non-tol-gan-ini-sanksi-dan-dendanya

Jangan Nekat Terobos Jalan Layang Non Tol Gan! Ini Sanksi dan Dendanya


Dari awal Februari 2020, beberapa jalanan di Jakarta telah memberlakukan tilang elektronik untuk pengendara motor. Seminggu berjalan, ETLE telah banyak menjaring pemotor yang tidak tertib aturan. Di hari pertama saja, ada sebanyak 161 pemotor yang ditindak.

 Jangan Nekat Terobos Jalan Layang Non Tol Gan! Ini Sanksi dan Dendanya

Pihak kepolisian menilai metode ini cukup efektif untuk menertibkan pengendara motor yang bandel alias sering ngelanggar aturan. Oleh karena itu rencananya kamera ETLE penggunaannya akan diperluas. Salah satu spot yang akan dipasangkan kamera ini adalah Jalan Layang Non Tol (JLNT). JLNT Casablanca, Pangeran Antasari, dan Pesing Cengkareng menjadi yang pertama akan dipasangkan kamera ETLE.

Gimana menurut Agan dan Sista kalau JLNT dipasangkan kamera ETLE?

Kalau Ane sih setuju banget GanSis, soalnya banyak banget pemotor yang nekat lewat JLNT padahal udah jelas ada larangannya kalau JLNT bukan untuk motor. Itu larangan bukan tanpa alasan loh GanSis. Itu jalanan tinggi banget dan otomatis anginnya juga kenceng, dan tentunya dengan kondisi seperti itu motor tidak akan stabil apalagi dengan kecepatan tinggi. Mending kalau ketiup angin jatuhnya masih di jalan, kalau jatuhnya terjun bebas ke bawah gimana coba?

 Jangan Nekat Terobos Jalan Layang Non Tol Gan! Ini Sanksi dan Dendanya

Selain berbahaya, pemotor yang tetap kekeh ngelewatin JNLT juga akan dikenai sanksi dan denda GanSis. Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 mengenai lalu lintas dan angkutan jalan.

Dalam Pasal 287 ayat 1 dan 2 disebutkan, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan melanggar aturan perintah atau larangan pada rambu dan alat pemberi isyarat lalu lintas dipidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda Rp 500.000.

Belum lagi jika pemotor menghindari razia, lalu melawan arus. Meski tidak ada ketentuan yang melarang kendaraan melawan arus, namun biasanya ada rambu lalu lintas satu arah atau tanda larangan masuk di sisi jalan sehingga melawan arus dapat terjerat Pasal 287 ayat 1 dan 2.

 


 

profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.buky dan 23 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 10
Saran yang bagus, mau cepat boleh tapi keselamatan harus didahulukan
profile-picture
strangekl memberi reputasi
Bingung aja dengan pemotor, jalan layang non yg ga bole lewat, masih nekat aja, jalur busway juga, trotoar tanpa ampun, lawan arah, apa sih maunya.. Padahal naek motor itu uda jauh lebih cepet daripada mbl kalau di Jkt.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
chrysalis99 dan 11 lainnya memberi reputasi
Lihat 26 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
biar masyarakat lebih tertip dalam berkendara
profile-picture
Gagak76 memberi reputasi
jangan suka melanggar2 ya akhi emoticon-Maaf Agan
profile-picture
lupitvanjava92 memberi reputasi
ane bingung apa kebanyakan pemotor di jakarta gak tau rambu dan aturan yak emoticon-Bingung
profile-picture
mr.buky memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Misal kendaraan dipinjam orang lain, terus orang lain yang pinjam kendaraan melanggar aturan lalu lintas, apakah yang ditilang pelanggarnya atau pemilik motor?

emoticon-Bingung

Soalnya yang membayar denda pemilik motor,, bukan pengendara motor. Harus ada aturan lebih rinci, sebelum jadi polemik....
emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
syahwani.kaskus dan arfan1997 memberi reputasi
Diubah oleh riendzy92
Lihat 2 balasan
baru tau ada jalan layang yg tdk boleh dilewati oleh pemotor
profile-picture
profile-picture
dheo.prasetyo dan josephpurba memberi reputasi
Lihat 2 balasan
cih tahu devisa devisa adalah pembayaran luar negeri
mampos nih yg hobi2 trabas gada otak emoticon-Blue Guy Bata (L)
taatilah rambu rambu lalu lintas... emoticon-Ngacir
Biar taat harus dikerasi wkwkwk
gini nih kalo punya sim hasil nembak minta tolong calo.
bodo amat sama keselamatan diri dan org lain,yg penting cepet nyampe.
pemikiran bodoh.
kenapa elu gk nyoba bangun lebih pagi dan berangkat lebih awal??
jgn jd pemalas lah.
ahelaaahh
Quote:


Setau ane sudah diumumkan bahwa tilang akan dikirimkan ke alamat yang terdaftar di STNK dan apabila tidak dibayarkan maka STNK tidak bisa diurus. Jadi hati² lah saat meminjamkan kendaraan bermotor ke orang lain.. kasih ke yang bisa dipercaya aja..
profile-picture
profile-picture
tonilinch dan ambarawan memberi reputasi
Balasan post davecchio
Wahhh loe klo kedengeran sama yang naek motor di marahin lo ngomong kayak gini.
Nanti kata yang suka naek motor bilang gini.
Kan sama sama bayar pajak masa g boleh motor lewat situ, emangnya itu JLNT hanya untuk orang kaya yang punya mobil.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
josephpurba dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post riendzy92
Ya berarti jangan pernah minjemin motor
Quote:


Banyak gan, contohnya di fly over pesing. Itu sering sekali pengendara sepeda motor menerobos. Kalau ada pak polisi baru pada takut wkwk
Sebaiknya jangan karena itu semua demi keselamatan kita juga kok, peraturan dibuat untuk kebaikan dan keselamatan pengguna jalan kok.


Om-tante bila berkenan mampir ke thread ane ya
👇👇
Thread
Diubah oleh bangtajur
Quote:


Karena mereka butuh lebih cepat ke surga
Balasan post davecchio
@kusseninul ya bilang ane bayar pajaknya drpd kisminer.
Halaman 1 dari 10


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di