CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
BNPT Buka Peluang Pekerjakan eks Napi Terorisme di BUMN
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e410e0f349d0f151f3c5023/bnpt-buka-peluang-pekerjakan-eks-napi-terorisme-di-bumn

BNPT Buka Peluang Pekerjakan eks Napi Terorisme di BUMN

BNPT Buka Peluang Pekerjakan eks Napi Terorisme di BUMN

Beritaterheboh.com - Badan Nasional dan Penganggulangan Terorisme (BNPT) membuka kemungkinan untuk bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mempekerjakan mantan teroris agar menjauh dari radikalisme.

Diketahui, BNPT bekerjasama dengan Yayasan Pelita Harapan Bangsa (YPHB) untuk membantu mantan teroris di Indonesia. Mereka akan membuat program khusus agar mantan pelaku radikalisme mudah mendapat pekerjaan.

YPHB disebut menggandeng Kingdom Business Community (KBC) yang sedikitnya memiliki 15.000 anggota dari kalangan pengusaha swasta di dalam negeri.

Selain bakal bekerjasama dengan pihak swasta, Kepala BNPT Suhardi Alius menyebut pihaknya tidak menutup pintu untuk menyalurkan para mantan napi terorisme di perusahaan pelat merah.

"Kalau sudah baik kenapa tidak [ke BUMN]? Jadi kami kan yang ikut dampingi mereka," kata Suhardi, di Jakarta, Minggu (9/2).

Ia menambahkan pengusaha tidak perlu khawatir menerima mantan terpidana teroris sebagai karyawan. Sebab, seleksi buat narapidana bakal sangat ketat.

Menurut Suhardi, syaratnya bukan hanya sudah selesai menjalani hukuman. Ia menyebut mereka harus menjalani seleksi untuk memastikan para eks napi benar-benar sadar dan tidak terpapar paham radikal lagi.

Seleksi ini bakal melibatkan BNPT, Detasemen Khusus 88/Antiteror Polri, psikolog, Kejaksaan Agung, hingga lembaga pemasyarakatan tempat para napi itu ditahan.

"Jadi ya tidak bisa main-main. Jadi yang disalurkan mereka yang sadar dan benar-benar baik," ucap Suhardi.

Menurutnya, mantan narapidana terorisme itu terbilang efektif dalam mencegah teror dan radikalisme baru.


"Ini contoh sekarang banyak napi terorisme diundang di dalam dan luar negeri untuk berbicara soal pengalamannya. Mereka itu lebih efektif mengampaikan pesan kepada kelompok yang rentan," kata Suhardi, yang merupakan mantan Kepala Badan Reserse Kriminal Polri itu.

Perwakilan YPHB yang juga koordinator KBC, Julian Foe, mengatakan program ini baru kali ini dibicarakan. Menurut dia memang belum semua anggota setuju, tapi sebagian besar menyambut baik.

"Ya ibaratnya ini (masalah terorisme) juga masalah bersama," kata dia.

Dari pembicaraan sementara, lanjutnya, ada tiga poin yang ingin ditindaklanjuti. Yakni, lapangan kerja, pembinaan soal berbisnis, dan beasiswa.

Julian mengatakan program ini tidak hanya akan dikhususkan buat mantan terpidana radikalisme. Korban aksi terorisme atau penyintas pun akan diikutsertakan.

"Tapi anggota banyak juga yang mau. Sebetulnya mereka juga sudah biasa, karena kan mereka juga sudah sering nampung mantan narapidana sebagai karyawan mereka," tuturnya.

Julian menyebut syarat bagi mantan narapidana teroris yang ingin bekerja harus benar-benar 'bersih' dari radikalisme dan berniat bekerja serta mendapat rekomendasi dari BNPT.

Sementara, katanya, penyintas tidak memiliki syarat khusus. Bahkan, kata dia, perusahaan swasta akan menyesuaikan pekerjaan dengan korban terorisme itu.

"Karena kalau penyintas itu mereka pasti ada masalah juga pada fisiknya," ucap Julian.

Butuh Kerja

Korban bom JW Marriot pada 2003, Vivi Normasari, mengakui bahwa banyak pihak yang senasib dengannya yang kesulitan untuk bekerja karena cacat fisik akibat serangan terorisme.



"Allhamdulillah. Jadi ini semacam hadiah, sedikit banyak ini memberi perhatian kepada penyintas," ucap dia.

Vivi mengaku sempat terauma karena bom membuat tangannya tidak bisa berfungsi seperti semula. Beruntung, ia dapat menemukan pekerjaan yang cocok. Namun, itu tak terjadi pada setiap penyintas.

"Banyak yang putus asa, padahal mereka ingin kerja. Tapi ada kekhawatiran perusahaan mana yang mau menerima mereka," tandasnya.(cnnindonesia.com/Artikel Asli)

source : http://www.beritaterheboh.com/2020/0...ks-napi.html 

mantaaaaap....
dimana yang bukan TERORIS susah dapet kerjaan kesana kemari. Dari pabrik sini ke pabrik sana. Dari perusahaan sana ke perusahaan sini. Nyogok sana nyogok sini..


eeh ni yang mantan TERORIS mau dipekerjakan di BUMN..

emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 2 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
Enak benel.
emoticon-dor
Ayooo rame2 kita jadi teroris.. emoticon-Ultah
Biar bisa jd pegawai BUMN jalur prestasi emoticon-Ultah


Stupid f****cckkkk..



Gak ngerti lah logika yg punya ide, gak sadar apa selama ini kelompok intoleran & radikal banyak dpt sponsor dari para pegawai BUMN & intansi pemerintah?
Masjid2 & pengajian pegawai BUMN udah terpapar radikalisme, kok skrg mau disupply eks kombatan teroris?
Kelompok intoleran gak sekedar pegawai level bawah, tp sekelas direksi ampe komisaris aja terkena virus intoleran via HTI.

Ayo lah, kita yg awam aja bisa baca polanya kok.
Masa kalian yg berkecimpung tiap hari analisa data terorisme bisa buat ide kayak gitu?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh entecavir
Lihat 1 balasan
yang normal aja bejibun pengen kerja, lu kasi yang beginian. otak lu hasil kimpoi silang ato cem mana.
apa gak lebih baik yang masih teroris aje emoticon-Bingung malah mantep, masih kinyis2 eks ISIS
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
bumn biang korup memperjakan eks terorisme...mantabhh.....gak heran negara amburadul
The most ridiculous idea ever, d saat org baik" susah cari kerja. Malah Mau kasih kerjaan ke criminals.
Buset, yg nyari kerjaan banyak pak, kenapa diberi ke eks terroris, meroket benar tampakny
profile-picture
scorpiolama memberi reputasi
daripada kuliah 4th, mending lempar bom ikan ke pos polisi, dipenjara bbrp tahun (gratis ga perlu bayar spp, dikasih makan dll) keluar penjara masuk BUMN

usul, ex napi terorisme dipekerjakan di gudang senjata PT PINDAD aja
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Schivver dan 5 lainnya memberi reputasi
Piye mbah suhardik ?
Yg kasih ide kayak gini mesti di cek
Balasan post entecavir
Quote:


Yang saya bold setuju sekali pak.

Salah satu masjid yang bapak maksud, sering sekali mengundang ustad ustad yang terpapar.
Kalo ini benersn

Mudah mudahan rakyat miskin gk revolusi

Teroris dipekerjakan

Rakyat miskin dibiarin lontang lantung
hore, indon lebih perhatian sama bekas teroris dari pada rakyatnya emoticon-Ngakak
mau cepat diterima kerja

jadilah teroris
Awas bisa2 revolusi sosial.
profile-picture
oxcyte memberi reputasi
subannalloh emoticon-Selamat
ya atur ajalah pak, gimana baiknya biar mereka bisa sadar
Dipekerjakan di PT DI aja pak, jadi sasaran tembak buat uji coba senjata. Bertahun-tahun di combat zone kayaknya dah biasa sama suara desingan peluru, mungkin juga dah kebal.
profile-picture
yueda memberi reputasi
enak bener jadi tero emoticon-Leh Uga
Quote:


Mantul bre

emoticon-Leh Uga
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di