CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Perkara Ilham Bintang, Indef ke OJK: Benahi Itu Data SLIK
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41054265b24d2dae7990e2/perkara-ilham-bintang-indef-ke-ojk-benahi-itu-data-slik

Perkara Ilham Bintang, Indef ke OJK: Benahi Itu Data SLIK

WE Online, Jakarta - Institute for Development of Economics and Finance (Indef) menilai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) perlu melakukan pembenahan data terkait Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK agar tidak disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Untuk diketahui, pelaku pembobol rekening wartawan senior Ilham Bintang memanfaatkan data SLIK OJK yang didapatkan dari seorang pejabat bank. Selain itu, pejabat bank tersebut juga dikabarkan menjual data tersebut melalui media sosial.

"Menurut saya sih itu harus dibenerin data OJK. Itu artinya ada sistem yang tidak bisa dibangun oleh OJK dengan semua akun itu bisa diakses semua orang. Tidak ada verifikasi dan sebagainya dan itu bisa dimanfaatkan oleh pihak ketiga untuk tujuan-tujuan tertentu," kata Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad di Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Selain itu, Tauhid menekankan, OJK perlu memberikan sanksi baik secara struktur maupun individu orang-orang yang terlibat baik orang-orang yang dimanfaatkan.
"Ini kan ada hal kelalaian sistem yang sebabkan banyak orang dirugikan atau banyak orang manfaatkan ini dan menurut saya itu penting," ungkapnya.

Maka, dia mengimbau regulator segera membangun sistem baru dan mengganti sumber daya manusia (SDM) yang menangani SLIK OJK. "Karena tentu saja ada kelemahan teknologi yang dimanfaatkan orang lain," cetusnya.


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di