CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Bisnis /
Membangun Online Bersama berbasis Komunitas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e41042bf0bdb24e0b080940/membangun-online-bersama-berbasis-komunitas

Membangun Online Bersama berbasis Komunitas

Membangun Online Bersama berbasis Komunitas
Jika bergabung menggunakan jalur pemasaran milik perusahaan atau grup besar di rasa begitu memberatkan, pelaku toko UMKM online jember yang sudah berkomunitas mungkin perlu berpikir untuk membangun kekutan pemasarannya sendiri, dengan mengoptimalkan kekuatan jaringan dan sumber Komunitas Jember. bagaimana caranya?
Misalnya saja ada sebuah komunitas jember yang terdiri dari sekitar 50 pelaku usaha yang bergerak di bidang pangan (ada yang membuat makanan dalam kemasan, ada juga yang membuat makanan siap saji) kerajinan tangann dan pakaian jadi (fashion). Jika para anggota komunitas  jember sudah berkeinginan untuk bersatu dan mengembangkan galeri pemasaran atau Toko Bersama, dimana anggota komunitas dapat listing dan menjual produknya di toko tersebut. Apa saja langkah-langkah yang perlu dilakukan dan diperhatikan? Berikut ulasannya.
1. Pemilihan lokasi
Dari berbagai forum berbagi antar pelaku usaha, sering sekali muncul pertanyaan ini: “Bagaimana cara meningkatkan penjualan langsung produk saya?” Jawaban yang sering muncul pula adalah 3L. Apa itu? Lokasi, Lokasi, Lokasi! Ya, karena memang benar kata pepatah, lokasi menentukan prestasi! Selama produk dan layanan kita adalah jenis produk retail atau B2C (business ke customer), lokasi sangat menentukan prestasi. Cerita akan berbeda ketika produk yang ditawarkan lebih bersifat B2B (business to business), karena umumnya proses penjualan dilakukan melalui presentasi ke kantor konsumen dan transaksi dilakukan melalui transfer dan barang dikirimkan langsung ke kantor/gudang konsumen/klien.
 
2. Susunan Pengurus
Di beberapa kasus umum terjadi bahwa suatu komunitas memiliki kekompakan yang solid ketika masih berada di fase kumpul-kumpul untuk curhat dan berbagi saja, namun ketika sudah mulai menjalankan aktivitas bisnis atau ekonomi secara bersama-sama, mulai terjadi masalah dan perpecahan pun mulai terjadi. Untuk itu, ketika suatu komunitas ingin memulai kegiatan bisnis bersama, prinsip-prinsip pengelolaan ala kooperasi dapat digunakan sebagai acuan, yaitu sistem yang demokratis.
 
3. Pengelolaan keuangan
Pengelolaan keuangan merupakan salah satu peran kunci pengurus unit bisnis galeri/toko yang ingin dikembangkan bersama. Manajemen uang baik, komunitas pun akan semakin kompak dan kuat basis ekonominya. Sebaliknya, manajemen keuangan buruk, akan muncul rasa curiga terhadap pengurus dan perpecahan pun akan terjadi. Transparansi mutlak dihadirkan jika suatu komunitas usaha ingin mengembangkan galeri/toko bersama-sama. 
 
Bisa Hubungi Nomer Berikut : +62 857-0728-7907 (Fegi)

              
 
 
 
 




GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di