CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Kekoreaan /
‘Parasite’ Berhasil Bawa Pulang 4 Piala Oscar!
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40f46928c99170bb51bf11/parasite-berhasil-bawa-pulang-4-piala-oscar

‘Parasite’ Berhasil Bawa Pulang 4 Piala Oscar!

‘Parasite’ Berhasil Bawa Pulang 4 Piala Oscar!
(Foto: IMDB)

Kabar gembira datang dari film fenomenal besutan sutradara Bong Joon Ho, ‘Parasite’!

Bong Joon Ho hadir di ajang penghargaan piala Oscar yang digelar di Dolby Theater, Los Angeles, Amerika Serikat pada 9 Februari 2020 waktu setempat. Penghargaan tertinggi untuk insan perfilman dunia ini mengadu beberapa film kelas dunia, seperti ‘The Irishman’, ‘Jojo Rabbit’, ‘Joker’ dan tentunya, ‘Parasite’.

Hadir untuk pertama kalinya dalam ajang penghargaan ini, Bong Joon Ho berjalan di atas red carpet bersama para aktor dan aktris dari film yang tayang pada tahun 2019 tersebut. Setelah mengukir sejarah di beberapa ajang penghargaan lain, seperti Cannes Film Festival dan Golden Globes, hari ini, ‘Parasite’ kembali membuat dunia terpukau. Berhasil masuk ke dalam enam nominasi, film ini berhasil keluar sebagai pemenang dalam empat nominasi dan membawa pulang piala Oscar ke negara asalnya, Korea Selatan. 

‘Parasite’ Berhasil Bawa Pulang 4 Piala Oscar!

(Foto: Good Morning America)

Kemenangan ‘Parasite’ dibuka dengan penghargaan dari kategori ‘Best Original Screenplay’. Saat diumumkan sebagai pemenang, Bong Joon Ho naik ke atas panggung bersama dengan rekan penulisnya, Han Ji Won.

“Menulis sebuah naskah adalah sebuah proses yang membuat kita merasa kesepian. Kami tidak pernah menulis untuk menggambarkan negara kami,” kata Bong Joon Ho dalam pidatonya saat menerima piala penghargaan untuk kategori ‘Best Original Screenplay’. Sang co-writer, Han Ji Won pun mengucapkan terima kasih kepada orang tuanya karena selalu mendukungnya dan mengungkapkan keinginannya untuk berbagi kemenangan ini dengan sesama penulis dan pembuat film di Korea Selatan.


Piala Oscar kedua yang berhasil dibawa pulang oleh ‘Parasite’ datang dari kategori ‘International Feature Film’. Dalam kategori ini, ‘Parasite’ harus bersaing dengan empat film lainnya, diantaranya ‘Les Miserables’ dan ‘Corpus Christi.’ Dalam kategori ini, ‘Parasite’ menjadi film asal Korea Selatan pertama yang berhasil membawa pulang sebuah piala. 

“Aku sangat bahagia menjadi yang pertama untuk menerima penghargaan ini di bawah nama kategori yang baru. Aku bertepuk tangan dan mendukung arah baru serta perubahan yang disimbolkan oleh kategori ini” kata Bong Joon Ho saat menerima penghargaan untuk kategori ‘Best International Feature Film’ dikutip dari CNN.



Penghargaan ketiga yang berhasil diraih oleh ‘Parasite’ datang dari kategori ‘Best Director’. Bong Joon Ho selaku sutradara untuk film ini sempat terlihat kehabisan kata-kata dan tidak percaya akan kemenangannya dalam kategori tersebut. 

Dikutip dari Paper Magazine, Bong Joon Ho berkata, “Terima kasih. Setelah memenangkan kategori ‘Best International Feature’ aku pikir aku sudah selesai hari ini dan sudah bersiap untuk bersantai. Terima kasih banyak. Ketika aku masih muda dan sedang mempelajari perfilman, ada kalimat yang tertanam di dalam hatiku, yang adalah, ‘yang paling personal adalah yang paling kreatif’. Kalimat itu berasal dari Martin Scorsese kita yang hebat. Ketika aku masih di sekolah, aku mempelajari film-film karya Martin Scorsese. Bisa masuk nominasi saja aku sudah merasa sangat terhormat. Aku tidak pernah menyangka akan menang.”



Bong Joon Ho juga mengucapkan terima kasihnya kepada salah satu sutradara terkenal, Quentin Tarantino yang juga hadir malam ini. Bong Joon Ho juga berharap ia bisa membagi pialanya menjadi lima bagian agar ia bisa membaginya dengan para sutradara yang sangat ia hormati itu. Bong Joon Ho kemudian mengakhiri pidatonya dengan berkata, “aku akan minum sampai pagi” yang langsung disambut dengan tawa dari para hadirin.

Penghargaan terakhir yang berhasil diraih oleh ‘Parasite’ adalah penghargaan tertinggi dalam ajang Piala Oscar, yakni ‘Best Picture’. Film ini berhasil menjadi film non bahasa inggris pertama yang membawa pulang piala Oscar dari kategori ini, sekaligus menjadi pendobrak tradisi bahwa kategori ‘Best Picture’ hanya untuk mereka yang berasal dari benua Eropa dan Amerika.

Seluruh pemain serta produser dan sutradara untuk film ‘Parasite’ bersama sama naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan terakhir dalam ajang penghargaan Academy Awards tersebut. Kwak Sin Ae, selaku produser dari film ini mengungkapkan bahwa ia merasa seluruh momen keberuntungan sepanjang sejarah terjadi hari ini. 



Dikutip dari The New York Times, ‘Parasite’ yang berhasil membawa pulang empat piala Oscar berhasil menjadi film dengan penghargaan terbanyak pada ajang penghargaan Academy Awards 2020 ini.

Dengan berakhirnya Academy Awards 2020, ‘Parasite’ berhasil mengantongi total 229 nominasi dari penghargaan film diseluruh dunia dan memenangkan 180 penghargaan diantaranya, termasuk empat piala Oscar, penghargaan ‘Palme d’Or’ dari Cannes Film Festival dan ‘Best Foreign Language Film’ dari ajang penghargaan Golden Globes 2020.


Selamat, Parasite!























GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di