CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40f35bc0cad74c102abae4/suara-ortu-balita-korban-bom-samarinda-soal-wacana-pulangkan-wni-eks-isis

Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS

Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISISFoto: Alvaro Sinaga terbaring di rumah sakit (Istimewa/Youtube)

Samarinda - 
Pemerintah mengkaji rencana pemulangan 600 WNI eks ISIS dari Suriah. Wacana pemulangan ini ditolak mentah-mentah orang tua korban pelemparan bom molotov di Gereja Oikumene, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).
Salah satu korban ialah balita Trinity Hutahaean. Saat peristiwa yang terjadi pada akhir 2016 itu, Trinity masih berumur 3 tahun. Rencana pemulangan eks ISIS membangkitkan trauma korban.
"Untuk apa mereka pulang. Mereka adalah orang-orang yang kejam. Mereka bantai saudaranya sendiri, dan mengaku menyesal, lalu ingin pulang. Apakah masyarakat Indonesia tidak khawatir? Mereka adalah bibit terorisme," kata ibu Trinity, Sarina Gultom, saat ditemui detikcom di Samarinda, Jumat (7/2/2020).



Trinity merupakan salah satu korban bom gereja yang menderita luka bakar terparah. Pada peristiwa yang terjadi pada Minggu (13/11/2016) itu, dua balita lain, yakni Alvaro Aurelius Tristan Sinaga dan Anita Kristobel, juga jadi korban.



Sarina menilai pemulangan 600 WNI eks ISIS berisiko tinggi. Dia mempertanyakan jaminan keselamatan bagi warga Indonesia setelah para pendukung ISIS itu datang. Dia meminta pemerintah membatalkan rencana tersebut.


"Pemerintah tidak mempedulikan kami para korban. Pemerintah memilih memulangkan mereka, sementara kami yang menjadi korban kenapa tidak diperhatikan. Saya sangat menolak mereka pulang," tegasnya.


[table][tr][td]Baca juga:Polri: 7 Tersangka Penyerang Gereja Oikumene Samarinda Berbaiat pada ISIS[/td]
[/tr]
[/table]
Sarina tak dapat membayangkan jika 600 orang itu kembali, dia mengulang kembali soal bibit baru para teroris. Dia sangat yakin, tidak ada teroris yang benar-benar sembuh. Apalagi mereka bahkan sudah memilih meninggalkan negaranya sendiri.
"Mereka itu teroris, mereka bunuh orang-orang tidak berdosa. Pemerintah Indonesia mau pulangkan mereka, sama saja pemerintah izinkan mereka makin besar. Atau seluruh Indonesia mau dipenuhi teroris seperti mereka," katanya.



Menurutnya, upaya pemulangan 600 WNI eks ISIS tentu memakan biaya besar. Sementara itu, Sarina mengaku tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah meski anaknya menjadi korban. Padahal sudah tiga tahun berlalu, tapi hingga sekarang Trinity masih menjalani operasi perbaikan kedua tangannya yang tidak berfungsi.

[table][tr][td]Baca juga:Lima Tersangka Bom Molotov Samarinda Kelompok JAD[/td]
[/tr]
[/table]
"Pemerintah tidak adil. Sampai hari ini saya masih di China untuk operasi Trinity. Pemerintah Indonesia tidak sama sekali memberi bantuan untuk pengobatan. Pemprov Kaltim hanya membantu operasi di tingkat RS AW Sjahranie, selebihnya sampai sekarang, kami biaya sendiri," ujarnya.


Senada dengan Sarina, ibu Alvaro, Novita Sagala, tak setuju dengan rencana pemulangan 600 WNI eks ISI ke Indonesia. Dia juga takut pemikiran teroris masih melekat di kepala eks ISIS tersebut.


"Saya ingat bagaimana anak-anak mereka diwawancarai polisi. Mereka jawab akan musnahkan semua kafir, mereka akan bom semua kafir. Lalu sekarang mereka akan pulang ke Indonesia," katanya.

[table][tr][td]Baca juga:Umat Islam dan Aparat Rapikan Gereja di Samarinda Pasca Bom, Suasananya Sejuk[/td]
[/tr]
[/table]
Selain Trinity, Alvaro, dan Anita, ada juga bocah Intan Olivia Marbun, yang tewas akibat bom di Gereja Oikumene, Samarinda. Tubuh mungilnya mengalami luka bakar sekitar 78 persen akibat terkena ledakan bom molotov di depan Gereja Oikumene, Jalan Dr Cipto Mangunkusumo No 32, RT 03, Kelurahan Sengkotek, Samarinda, Minggu (13/11) pagi.


Wacana pemulangan WNI eks ISIS sedang dibahas pemerintah. Presiden Jokowi menyatakan tak mau memulangkan para WNI eks ISIS. Namun dia mengatakan pemerintah akan membahas dan membuat keputusan soal wacana itu setelah rapat resmi terlebih dahulu.


Sementara itu, anggota F-PKS DPR Mardani Ali Sera ingin pemerintah mengurus para WNI eks ISIS. Mardani merasa kasihan para WNI eks ISIS terkatung-katung tak jelas nasibnya.


Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut 600 orang yang mengaku WNI eks ISIS berada di tiga kamp. Ketiga kamp tersebut tersebar di tiga otoritas yang saat ini masih berkonflik dan BNPT tak dapat masuk untuk memverifikasi pengakuan tersebut.
(jbr/tor)
wni eks isispemulangan wni eks isisbom molotov gereja samarindaisisbiromakassar


https://news.detik.com/berita/d-4889...-wni-eks-isis


profile-picture
profile-picture
profile-picture
scorpiolama dan 4 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
gaada otak emang yg mau mulangin dah tau ingkar sama pancasila masih aja ada yg bela
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
KLEAN TIDAK SEIMIN emoticon-Blue Guy Bata (L)
KLEAN TIDAK MENGERTI PEGIMANE RASA NYA JADIK KITAK2 emoticon-Marah
KLEAN EGOIS ! emoticon-Blue Guy Bata (L), KLEAN MEMENTINGKAN PERUT KLEAN NDIRI




emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh mibmobz
isis dalam bahasa jawa artinya seger semilir angin
600 jiwa yang kembali, kalau otaknya masih berisi genosida, bakal berapa jiwa yg bakal tewas, mungkin lebih dari 600 jiwa 😔
emang kooooontol yg mendukung wni ex isis balik.maunya keluarganya kena bom jg baru dia bisa merasakan penderitan ibu tsb yg anaknya di bom.
grombolan 212 dan pksit bangsaaat...emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
theradityo memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Balasan post jurumudi75
Isis ex wni
profile-picture
yandirgaa memberi reputasi
Ki Joko moga2 jangan sampe bikin keputusan fatal. Kalo wapresnya mah suruh tidur aja dirumah ga usa diajak berunding. Yg ada ntar bikin ribet doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 3 lainnya memberi reputasi
orang tua yg anaknya korban kebiadaban islamic state ini, pasti anti islam emoticon-Marah


hati nurani kemanusiaannya sudah ditutupi dajjal dengan kebencian emoticon-Cape d...



hanya orang2 yg beriman, yg hati nuranianya bisa terpanggil untuk memulangkan saudara seimannya yg hidup telantar dinegara orang lain emoticon-Bedug
Diubah oleh tiwaper
Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS

Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS

Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS

Suara Ortu Balita Korban Bom Samarinda soal Wacana Pulangkan WNI Eks ISIS
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GreatCapture dan 2 lainnya memberi reputasi
pulang dr wilayah perang dengan pemikiran RADIKAL disertai KEMAMPUAN yang mumpuni dalam seni berperang, menembak, bongkar pasang senjata, dan merakit berbagai alat menjadi alat teror ?

meskipun dari 660 orang ex WNI itu tak semua combatan, tapi kalau 1/3 nya saja berarti ada 220 orang combatan militan yg tinggal menunggu kesempatan untuk melancarkan aksi teror di Indonesia ini emoticon-Gila

Kecuali KomnasHAM bersedia kompromi, seluruh ISIS yg kembali, di sekap minimal 20 tahun di camp konsentrasi di sebuah tempat terpencil untuk program deradikalisasi..... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
galuhsuda dan pink.forces memberi reputasi
teroris rindu berkumpul dengan teroris
dasar terorisemoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
profile-picture
jasakurirjkt dan galuhsuda memberi reputasi
A*u berati kemaren yg tereak2 balikin sampah ke sini lagi. Lahbyg korbannya ga diperatiin.

Kalau gw jadi pemerintah, mendingan gw biayain korbannya dari pada buang2 duit buat impor masalah
profile-picture
isabela1234 memberi reputasi
Bisa bisa nya si khontol ngomong kasian ke anggota ISIS

Sementara korban bom pernahkah si khontol ngomong kasian


Yang sarkas2

Ga lucu anjeng emoticon-fuck
profile-picture
GreatCapture memberi reputasi
jangan sampai blunder indonesia gak butuh anggota isis emoticon-Tai:
Quote:


wni yg bakar paspor dan join ISIS itu udah masuk commit treason gak sih?
liat berita di utube klo di UK tuh ex-wn inggrisnya yg join ISIS terus mau pulang ke UK, dilarang. dibanned. emoticon-Om Telolet Om!
Kantor pusat isis kayaknya mo dipindah ke indo oleh bbrp pihak
Kok ane sedih ya baca komentar ibu dari korban gerakan mati syahid emoticon-Frown

Yang sabar bu emoticon-Frown



















































emoticon-norose
seng sabar njih
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di