CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / IDNTimes /
7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40da8588b3cb12e75e163e/7-penyebab-seseorang-rentan-terkena-penyakit-flu-berkepanjangan

7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan

7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa gejala penyakit flu lebih disebabkan oleh perubahan cuaca, udara yang kotor dan suka mengonsumsi minum-minuman dingin. Namun nyatanya penyebab flu tidak selalu dipengaruhi tiga faktor diatas.

Seseorang dengan sistem imun yang kuat mampu menghalau datangnya virus dan bakteri penyebab flue, pilek maupun sakit tenggorokan. Namun orang dengan sistem imun yang lemah rentan sekali untuk terserang virus dan bakteri satu ini.

Para ahli berpendapat bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang ternyata dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan yang tak terduga. Kira-kira apa saja kebiasaan-kebiasaan yang dapat menyebabkan seseorang mudah terkena penyakit flu?

1. Mengonsumsi terlalu banyak gula7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Makan atau minum yang mengandung banyak gula dapat menghalangi kemampuan sel darah putih dalam membunuh virus dan bakteri penyebab datangnya penyakit flu dan pilek.

Maka dari itu, untuk mengurangi risiko ini sebaiknya kamu perlu mengurangi asupan gula berlebih dalam tubuhmu. Sebaiknya perbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral yang terdapat pada buah, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian.

2. Kurang minum air putih7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Saat tubuhmu kekurangan cairan, maka bagian tubuh seperti mulut, hidung, dan tenggorokan bisa menjadi kering dan ini bisa menyebabkan kamu mudah terserang penyakit.

Setiap jaringan dan organ di badan kita bergantung pada cairan di tubuh kita untuk membantu membawa nutrisi dan mineral untuk menjaga mulut, hidung, dan tenggorokan agar tetap lembab. Bukan itu saja, tercukupinya cairan di tubuh kita juga membantu memaksimalkan dalam pembuangan racun di dalam tubuh.

Untuk mengetahui apakah tubuhmu cukup air, perhatikan warna urinemu. Bila warnanya kuning jernih, itu artinya tubuhmu sudah cukup cairan.

3. Kurang tidur7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Orang yang tidur kurang dari lima jam setiap malam lebih berpotensi terjangkit flu dibanding mereka yang memiliki durasi tidur lebih dari tujuh jam. Sebab saat seseorang memiliki jam tidur yang kurang, tubuhnya tidak dapat memproduksi cukup protein pelindung yakni hormon sitokin yang memiliki kemampuan dalam melawan peradangan dan penyakit dalam tubuh.

Seseorang yang kurang tidur dapat membuat sistem kekebalan tubuhnya menurun dalam melawan infeksi yang datang dari virus dan bakteri.

4. Kekurangan vitamin D7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Penelitian baru menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin D berisiko mudah terserang virus flu. Bahkan disebutkan pula bahwa peran vitamin D dapat membantu memproduksi peptida antibakteri yang dapat melawan penyakit infeksi seperti flu.

Untuk mendapatkan cukup asupan vitamin D, selain rutin berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari selama 10-15 menit, kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti ikan, jamur, susu, jus jeruk, oatmeal dan sebagainya.

5. Mengalami kenaikan atau penurunan berat badan7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Seseorang yang sedang mengalami kenaikan atau penurunan berat badan yang terlalu banyak dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya. Dan ini bisa mengganggu kemampuan sel imun dalam melawan infeksi dari virus dan bakteri yang datang dari luar.

6. Stres berkepanjangan7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Sebuah studi yang dimuat dalam American Psychological Association mengatakan bila stres yang berlangsung dalam waktu yang lama akan melemahkan respon sistem imun. Stres yang diderita juga bisa membuat gejala flu yang dirasakan bertambah parah.

7. Tidak mencuci tangan dengan bersih7 Penyebab Seseorang Rentan Terkena Penyakit Flu Berkepanjangan
Setiap harinya tangan kita selalu akan bersentuhan dengan banyak bakteri. Oleh karena itu kenapa menjaga kebersihan tangan merupakan hal penting yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan menghindar dari datangnya berbagai macam penyakit.

Cucilah tanganmu dengan benar minimal tiga kali sehari menggunakan air dan sabun antibakteri. Para ahli merekomendasikan 20 detik adalah waktu yang tepat untuk mencuci tangan secara maksimal. 

Nah, itu tadi tujuh penyebab kenapa seseorang mudah terserang penyakit flu berkepanjangan. Mulai dari sekarang kamu perlu menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang justru bisa melemahkan daya tahan tubuhmu agar kamu dapat kembali dengan kondisi tubuh yang fit dan bugar.


Sumber : https://www.idntimes.com/health/medi...mpaign=network

---

pernah sampe seminggu lebih emoticon-Tepar


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di