CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Story / Heart to Heart /
Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40d599c8208446bc58a140/jangan-bimbang-ini-dia-jurus-jitu-untuk-mengatasi-quarter-life-crisis

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis

Siap atau tidak, [url=https://www.kaskus.co.id/forum/new_thread/Siap atau tidak, quarter life crisis (QLC) bisa datang menghampirimu kapan pun. Tanpa mengenal jenis kelamin dan latar belakang, kamu yang sekarang berada di rentang usia 20-an punya resiko yang sama untuk mengalaminya. Jangan khawatir, tetap tenang dan baca artikel ini sampai habis, karena kami punya jurus jitu yang kamu lakukan untuk mengatasi quarter life crisis.  Yakinlah jika setiap usaha yang kamu lakukan akan berbuah hasil yang baik.][/url]quarter life crisis (QLC) bisa datang menghampirimu kapan pun. Tanpa mengenal jenis kelamin dan latar belakang, kamu yang sekarang berada di rentang usia 20-an punya resiko yang sama untuk mengalaminya. Jangan khawatir, tetap tenang dan baca artikel ini sampai habis, karena kami punya jurus jitu yang kamu lakukan untuk mengatasi quarter life crisis

1. Kenali Diri Sendiri

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis
Sumber: pexels.com


Jurus jitu yang pertama ini pastinya sudah cukup sering kamu dengar; kenali diri sendiri. Yap, ibarat kata pepatah dari filsuf Cina, Lao Tzu, “Knowing others is intelligence; knowing yourself is wisdom. Mastering others is strength, mastering yourself is true power”. Dengan mengenali dirimu sendiri, kamu terbantu dalam mengarungi berbagai tantangan yang ada di dalam hidup. Seperti sebuah kompas, ilmu ini akan bermanfaat untuk mempermudah kamu dalam menentukan jalan serta membuat keputusan. 

Pengetahuan yang cukup akan siapa dirimu dapat menjadi solusi dalam menghadapi keraguan dan kebingungan di saat kamu melalui fase quarter life crisis. Buatlah highlight akan personal values dari kelebihan dan hal-hal yang paling menonjol dan nilai yang kamu pegang di dalam hidup. Contoh personal values adalah kreativitas, kejujuran, tanggung jawab, ketekunan, pantang menyerah, dan persistensi. Pilihlah tiga personal values yang paling penting bagimu. Meskipun terdengar sulit, cara ini bisa menjadi membantumu untuk lebih fokus dalam berbagai hal. 


2. Adopsi Sikap Baru 

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis
Sumber: pexels.com


Ini dia salah satu jurus jitu yang relatif cukup mudah untuk kamu coba dalam melewati fase quarter life crisis. Waktunya untuk mencoba mengadopsi sikap baru. Waduh, apa tuh maksudnya? Sikap yang kamu tunjukkan dalam kehidupan sehari-hari tak lebih dari sekadar sebuah pilihan. Caramu bersikap terhadap sebuah kejadian atau hal tertentu merupakan sesuatu yang bisa dikendalikan. 

Menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab bukan hanya tentang menunjukkan sikap yang baik, tapi bagaimana kamu mampu mengendalikan dampak yang dihasilkan dari suatu kejadian terhadap diri sendiri. Misalnya saat hujan turun di tengah perjalananmu ke kantor. Kamu punya pilihan untuk bersikap seperti biasa, mungkin marah dan menyalahkan orang lain, atau berusaha untuk tenang dan mencoba mencari solusinya. l


3. Latihan untuk Merespon, Tidak Hanya Bereaksi

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis
Sumber: pexels.com


Masih terkait dengan juru jitu hadapi fase quarter life crisis sebelumnya, yaitu latihan untuk mengendalikan diri sendiri. Saatnya untuk melatih dirimu menjadi pribadi yang senang merespon, gak hanya bereaksi semata. Untuk kebanyakan orang, seringkali ketika sedang berbicara atau bertindak, langsung bereaksi akan sesuatu yang telah dikatakan atau terjadi tanpa berpikir panjang. 

Merespon berarti memberikan waktu sejenak dan sedikit ruang, antara apa yang dikatakan atau dilakukan, dengan apa yang kamu pilih untuk ungkapkan atau perbuat sebagai timbal baliknya. Singkatnya, berpikirlah sebelum bertindak. Cernalah terlebih dahulu hal yang baru saja terjadi atau kamu dengar, lalu kemudian diproses sebelum mulai memberikan respon. Pertimbangkanlah reaksi yang mungkin terjadi dengan caramu bersikap. Apakah jika kamu mengubah sikap, hasil yang didapatkan juga akan berubah? Atau justru sebaliknya?  

4. Pilih Tujuan dan Nikmati Perjalanan 

Jangan Bimbang, Ini Dia Jurus Jitu untuk Mengatasi Quarter Life Crisis
Sumber: pexels.com


Eits, jurus jitu yang satu ini gak melulu soal destinasi liburan yah. Meskipun liburan bisa saja jadi goal yang ingin kamu capai saat ini. Jurus jitu untuk menghadapi fase quarter life crisis ini merujuk ke tujuan spesifik yang ingin kamu capai dalam hidup dan belajar cara untuk menikmati prosesnya. Setelah mengetahui personal values terkuatmu, menentukan arah dan tujuan yang ingin kamu ambil dalam hidup akan jadi lebih mudah. Ini dia destinasi yang dimaksud. 

Lakukanlah kegiatan yang sekiranya bisa membantumu jadi lebih dekat ke tujuan tersebut. Semisal untuk kamu yang bermimpi untuk memiliki pekerjaan dengan gaji fantastis, cobalah meningkatkan kapasitas profesional dan perbanyak koneksi. Caranya bisa dengan mengikuti kursus skill yang dibutuhkan di pekerjaan tersebut, menambah koneksi dari industri yang sama di LinkedIn, hingga membangun personal brand. Nah, proses inilah yang harus kamu nikmati sebelum mencapai tujuan tersebut. Yakinlah jika setiap usaha yang kamu lakukan akan berbuah hasil yang baik.  


Baca Juga Artikel Seru Lainnya : 
Quarter Life Crisis dan Balada Kegalauan Anak Milenial



Diubah oleh Kreativv.com
krisis banget nih gan
iyaaa sih... ane juga lagi ngalaminnya skrg
lagi belom.. setidaknya mencoba mengenal diri sendiri
Spoiler for Crysis:


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di