CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Kunang-kunang, Pesona Keindahan yang Semakin Memudar
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40cbfa10d29517ad5c9ce6/kunang-kunang-pesona-keindahan-yang-semakin-memudar

Kunang-kunang, Pesona Keindahan yang Semakin Memudar

Siapa yang tak kenal dengan hewan kunang-kunang? bagi mereka yang terlahir sebagai generasi lama hingga generasi awal tahun 2000an pasti tak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Kunang-kunang adalah hewan yang seringkali terlihat di malam hari dan kelap-kelip tubuhnya yang bersinar begitu terlihat saat suasana malam yang gelap. Bagi yang pernah melihatnya tentu menjadi kenangan tersendiri dan begitu membekas di dalam ingatan setiap orang yang pernah melihat kunang-kunang.
Kunang-kunang, Pesona Keindahan yang Semakin Memudar

Credit : grid.id

Kini Zaman semakin modern dan canggih, akan tetapi banyak sekali hal yang hilang termasuk hewan kunang-kunang yang dulu seringkali menghiasi malam. Tak hanya di perkotaan, di pedesaan keberadaan kunang-kunang dipertanyakan karena sulit sekali untuk terlihat. Pengalaman ane sendiri melihat kunang-kunang terakhir sekitar empat tahun yang lalu dan kini kunang-kunang seakan enggan menampakkan dirinya kembali di malam hari. Tempat ane sendiri termasuk pedesaan, namun saat ini suasana malam tak seseram dulu lagi karena banyak sekali cahaya lampu bertebaran di jalanan. Meskipun tak seram lagi di malam hari namun ada merasa kehilangan yaitu keberadaan kunang-kunang yang seakan enggan hadir seperti dulu saat menghiasi malam-malam yang gelap di pedesaan.

Kunang-kunang, Pesona keindahannya kini semakin memudar dan keberadaannya kini telah mulai menghilang. Jika kita telusur di internet tak sedikit orang yang menanyakan keberadaan sang kunang-kunang, dan jika kita telusur berita yang berkaitan dengan kunang-kunang kita akan menemukan berita yang mengejutkan tentang kunang-kunang dimana hewan yang satu ini berada di ambang kepunahan. Sungguh hal ini menjadi ironi, hewan yang menjadi inspirasi lagu anak-anak zaman dahulu ini terancam keberadaannya.

Keberadaan kunang-kunang yang menghilang bukan tanpa alasan, menurut Profesor biologi Sara Lewis dari Universitas Tufts, kunang-kunang menderita karena habitatnya yang merupakan tempat penyelesaian siklus hidupnya menghilang. Penggunaan cahaya buatan di malam hari yang semakin meningkat dari waktu ke waktunya memberi ancaman besar bagi hewan kunang-kunang. Hewan kunang-kunang kebanyakan menggunakan bioluminescece yang merupakan reaksi kimia di dalam tubuh kunang-kunang yang memungkinkan menyala yang memiliki fungsi bagi kunang-kunang agar bisa menemukan pasangan yang tepat. Hadirnya banyak cahaya buatan membuat fase siklus kimpoi kunang-kunang terganggu.

Menurut Profesor Biologi Dave Goulson dari universitas Sussex, yang menjadi faktor utama hilangnya kunang-kunang adalah habitatnya dan penggunaan pestisida menjadi alasan lainnya yang tak bisa dianggap remeh karena mengancam eksistensi dari hewan kunang-kunang itu sendiri. Selain itu Faktor pariwisata pun ikut andil dalam mengikis keberadaan eksistensi hewan kunang-kunang karena menghancurkan habitat hewan kunang-kunang itu sendiri.
Kunang-kunang, Pesona Keindahan yang Semakin Memudar

Credit : batamnews.co.id

Kunang-kunang, pesona keindahannya kini semakin memudar. Kemanakah para kunang-kunang pergi? akankah kunang-kunang hanya menjadi cerita kenangan di masa depan bagi anak cucu karena kepunahannya? semua itu kembali lagi kepada setiap diri manusia. Maka sudah semestinya setiap orang bisa peduli pada kehidupan alam termasuk keberadaan kunang-kunang yang semestinya harus dilestarikan agar anak cucu tetap bisa menikmati indahnya cahaya kunang-kunang yang menghiasi gelapnya malam. Demikian paparan tulisan ane kali ini, agan dan sista ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan smapai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan hasil telusur di internet
Sumber Lain
Sumber gambar via google images
profile-picture
profile-picture
profile-picture
siapika dan 29 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 9
Reserved
profile-picture
profile-picture
andykals47 dan enopandarmawan memberi reputasi
Terakhir liat kunang-kunang ya 15 tahun yang lalu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
olangkaling dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Udah lama berarti emoticon-Embarrassment
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
Udah ga pernah liat lagi euy kunang-kunang di kota, terakhir liat pas masih smp / 10 taun lalu, pas awal-awal masuk bulan ramadhan
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
jaman 30an tahun lalu kunang-kunang masih banyak di pinggiran yogyakarta...
sekarang ane pun susah mau jelaskan apa itu kunang-kunang ke anak.. dijelaskan berbusa-busa eh malah mereka gak percaya emoticon-No Hope emoticon-No Hope
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan enopandarmawan memberi reputasi
ga pernah liat kunang2 langsungemoticon-Turut Berduka
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
masih banyak ane temuin sih kalo ke desa dirumah mbah ane, ada banyak banget d kebon
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
Lihat 1 balasan
kunang-kunang, kulfa-kulfa.. emoticon-Hammer2

kunang" emang udah jarang ditemuin sih, atau kitanya aja yang jarang main di pedesaan atau habitat aslinya...

btw, menarik juga sih kalo pelihara kunang".. bisa gak sih?? emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bagaswicaksana dan 2 lainnya memberi reputasi
kukunya org mati kata nya emoticon-Shutup emoticon-Thinking
profile-picture
profile-picture
profile-picture
charlottesmothi dan 2 lainnya memberi reputasi
yg tinggal di desa, masih ada ngeliat kunang2 ga?
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
ane yg tinggal didesa aja udah gak pernah liat lagi emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
dah langaka bet dah ane aja di kampung dah jarang nemu padahal dulu banyak bet apalagi saat mau jalan ke masjid di saat adzan maghrib mereka baru pada mulai terbang
profile-picture
profile-picture
enopandarmawan dan tafakoer memberi reputasi
sudah lama ga liat kunang kunang bree
hehehehe
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
Ane udah lamaa gak liat kunang2 gan .....
Apa semua pro isis itu kunang kek pkaes
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
Kunang kunang tinggal lagunya doang yg keinget emoticon-Mewek
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
Sekarang gk pernah lihat lagi emoticon-Mewek



Dulu sering lihat disawah pas malem2 emoticon-Baby Boy
profile-picture
enopandarmawan memberi reputasi
sama tempat ane jga udah ilang..
Sawah sudah jadi pemukiman, jelas hilang kunang-kunangnya

emoticon-Nyepi
Quote:


Es Nanas - Kunang Kunang

emoticon-Nyepi
dulu waktu kecil negliat kunang2 pasti kabur.., katanya kuku orang mati emoticon-Wakaka
Halaman 1 dari 9


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di