CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40ad2ca7276834384662a0/peneliti-terkemuka-harvard-virus-corona-seharusnya-sudah-ada-di-indonesia

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Jakarta - Virus Corona yang merebak dari Wuhan, Provinsi Hubei, China (2019-nCoV) seharusnya sudah ditemukan atau menyebar ke Indonesia, demikian hasil sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan oleh para ilmuwan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat pekan ini.

Studi ini meneliti tentang kemungkinan atau potensi menyebarnya virus Corona ke negara lain di dunia berdasarkan jumlah perjalanan atau penerbangan dari Wuhan ke negara tersebut. Hasil analisis dalam penelitian itu, misalnya dengan cukup tepat memprediksi jumlah kasus virus Corona di Vietnam dan Singapura.

Sementara di Thailand dan Kamboja, demikian menurut para ilmuwan itu seperti dilansir The Guardian, jumlah kasus infeksi virus Corona seharusnya lebih besar dari yang saat ini dilaporkan. Di Tanah Air sampai saat ini belum ada kasus penularan virus Corona, meski hubungan antara Indonesia dengan China sangat erat baik dalam bidang ekonomi maupun pariwisata.

China adalah penyumbang turis terbanyak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. "Indonesia belum melaporkan satu pun kasus (penularan virus Corona) dan menurut kami, seharusnya sekarang sudah ada beberapa kasus," kata Marc Lipsitch, ilmuwan dari Universitas Harvard yang terlibat dalam studi itu kepada ABC.

Pada akhir Januari lalu, dua media Australia melaporkan bahwa Indonesia belum memiliki alat tes yang layak untuk mendeteksi virus Corona dan karenanya ada kemungkinan virus mematikan tersebut sudah masuk ke Tanah Air.

Laporan itu disusun dengan mengutip keterangan dari Amin Soebandrio, kepala Lembaga Eijkman di Bandung, Jawa Barat. Lembaga Eijkman sendiri adalah salah satu institusi di Tanah Air yang terlibat langsung dalam upaya mendeteksi orang-orang yang diduga tertular virus Corona.

Tetapi pada pekan ini Amin, usai mengikuti rapat di Istana Presiden, Jakarta, membantah laporan tersebut. Ia mengatakan bahwa Indonesia sudah punya alat yang cukup untuk mendeteksi penularan virus Corona. "Alat sudah cukup, reagennya sudah ada, jadi pemberitaan di luar itu tidak benar," kata Amin saat ditemui di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta.

https://m.ayobandung.com/read/2020/0...a-di-indonesia

Ternyata Indonesia belum memiliki alat tes virus corona emoticon-Takut
Halaman 1 dari 2
Meskipun belum ada alat tes nya, kan bisa dilihat dari korban nya. Kalo sejumlah pasien flu tiba2 tewas berjamaah seperti di wuhan, kan keliatan.
Lagian yg dari wuhan aja sehat2 aja, fakta yg ga bisa dibantah. Virus corona ga mau nemplok di orang Indonesia.
Lagian disini ada kerokan & obat anti masuk angin cair. Dinegara lain mana ada.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
sudarmadji-oye dan Ojodupeh memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Tetapi pada pekan ini Amin, usai mengikuti rapat di Istana Presiden, Jakarta, membantah laporan tersebut. Ia mengatakan bahwa Indonesia sudah punya alat yang cukup untuk mendeteksi penularan virus Corona. "Alat sudah cukup, reagennya sudah ada, jadi pemberitaan di luar itu tidak benar," kata Amin saat ditemui di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta.


lebih percaya mana?

percaya sama ilmuwan harvard yg ga ada di Indo apa sama orang indo yg ada di indo?

emoticon-Big Grin
profile-picture
sudarmadji-oye memberi reputasi
Lihat 1 balasan
mayoritas islam disini pak
5 waktu sholat dgn berwudhu
vaksin corona yaitu wudhu emoticon-Smilie
coba tanya umat hari minggu
mungkin banyak yg kena corona emoticon-Smilie
Kalah bersaing ama virus onta baroqah2.0
Apalagi korona dari cokin, kena persekusi lah ama virus lokalan
Mana ?
Ada buktinya ga ??
Harusnya di Rumah Sakit seluruh Indonesia terjadi lonjakan pasien kalo memang di Indonesia ada Wabah Corona..
Ane senang, INDONESIA DICEMBURUI DUNIA emoticon-Big Grin

meski begitu, kita waspada, jangan takabur!!!!

selalu berdoa, minta kesehatan, jaga kesehatan
Lihat 1 balasan
Balasan post a2team
Quote:



Komentar cerdas emoticon-Angkat Beer

Ga seperti kadal kadal yg malah menyerang negara sendiri,sok komen orang indonesia jorok,alat belum ada dan comment negativ lainya
Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia
Orang Amerika ini maunya liat Indonesia susah.... emoticon-Cape d... (S)
ya smg ngak ada
corona bawaan kelelawar cina takut masuk sini soalnya banyak kampret susah move on. kalah galak mereka.
Diubah oleh ANUStertusuk
1. belum punya alat tes

2. kebijakan rezim kodok yg cenderung menutup nutupi kejadian corona

3. pihak rumah sakit indonesia sibuk pres conference kalo suspect cuma radang paru biasa aja

4. menteri serba bisa yg itu tuh, bahkan sudah menekan press agar tidak memberitakan hal2 yg meresahkan masyarakat



semua itu di kombinasikan, hasilnya? indonesia bebas corona

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia
Lihat 3 balasan
Balasan post ronin1969
wabah gak bakal bisa disembunyikan. mau pemerintah nutup nutupin kek gimana klo kejadian ya kejadian dan pers kita gak sperti pers china.
Balasan post khayalan
faktanya pas era2 sars, flu burung, mers
korban kita g sebanyak negara asalnya koq
Balasan post ronin1969
mau ditutupin kek gimana, klo ada orang2 tiba2 jatuh dijalan kyk di wuhan, emg bisa ditutupin?

toh skrg blm ada khan

tambahan pasien corona di malaysia ternyata sudah sembuh


Balasan post ronin1969
baru tau gue wabah penyakit mematikan yg sdh membunuh 800 orang di china bisa di tutup2i dg mengancam pers

babi kadrun, gue mau nanya, lo bisa tuolol gini itu rahasianya ape sih? emoticon-Bingung
seriusan bre, gak ada sedikitpun bahkan secuil kecerdasan yg mampir di otak lo, kok bisa kek gitu itu gimane sih caranya? emoticon-Bingung
Quote:


di negara asalnya anak2nya belom ditempa kehidupan kaya di sini....

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Peneliti Terkemuka Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

poto terakhir.. nyuci baju di kolam yg sama dengan buangan jamban.. abis itu ikan yg ada di kolam dipancing.. trus digoreng...

coba.. gimana virus ga mikir2 kalo mo ke sini....emoticon-Ngacir
profile-picture
ksatriabajaputi memberi reputasi
Paling kalau di Indonesia dianggap sawanen itu corona. Disembur mbah dukun ambyar lah dia.
Diubah oleh sant1908
Balasan post Rocketman133
tumben tumbenan ya indonesia di cemburui negara lain ,
jadi enak

hahaha
profile-picture
bach62 memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di