CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Jangan Ucapkan Ini Kepada Si Kakak
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e407a6a10d2954882295b05/jangan-ucapkan-ini-kepada-si-kakak

Jangan Ucapkan Ini Kepada Si Kakak

Menyiapkan si sulung

Jangan Ucapkan Ini Kepada Si Kakak


Lidah tak bertulang. Namun tajamnya lidah mampu menyayat seonggok daging yang terletak jauh di dalam dada. Bahkan seorang anak kecil pun juga sama. Ia bisa terluka dan mengingat kata-kata dari lidah tak bertanggungjawab itu.

Yang disayangkan, justru kata-kata itu keluar dari lidah orang dewasa. Mereka yang seharusnya mempunyai nalar yang lebih jauh dan mampu berpikir baik dan buruk.

Berikut ini adalah kisah yang sangat berharga untuk diingat oleh para orang dewasa.

Peristiwa terjadi sekitar sepuluh tahun yang lalu, tapi sampai kapan pun akan menjadi pelajaran berharga bagi pembacanya.

"Keluarga di kompleks dekat rumah, ada anak laki-laki yang membunuh adik perempuannya. Saat ibunya masuk ke kamar, dia melihat anak laki-lakinya sedang melompat-lompat di atas adiknya yang masih bayi. Sang ibu segera menghampiri anak perempuannya, namun telat, dia sudah tidak bernyawa," tutur Mega Wati dalam statusnya yang ditulis pada 12 Maret 2018.

Berapakah umur si kakak? Baru empat tahun.

Ternyata si kakak melakukan hal itu karena merasa cemburu. Dia merasa sang ibu lebih sayang pada adiknya.

Cemburu adalah hal wajar. Yang membuat si kakak bertindak nekat justru adanya kalimat toksik sejak ibunya masih hamil. Banyak yang bilang pada si kakak bahwa ayah dan ibunya tidak sayang lagi padanya karena ada adik baru.

Banyak orang mengatakan hal yang sama. Sehingga si kakak berpikir bahwa memang begitulah kenyataannya. Padahal para orang dewasa itu hanya berniat bercanda. Namun, penerimaan si kakak berbeda.

Akhirnya timbul sebuah pemikiran, dengan 'menghilangkan' adiknya, siΒ kakak merasa dirinya tidak akan 'dibuang' oleh orang tuanya.



Jangan Ucapkan Ini Kepada Si Kakak


Pernah melihat film animasi The Boss Baby?

Jangan Ucapkan Ini Kepada Si Kakak


Di dalam film tersebut diceritakan bahwa si kakak yang semula menjadi pusat perhatian, tiba-tiba menjadi 'tak penting' sejak kehadiran adik bayi dalam lingkup keluarga kecil mereka.

Spoiler for Film The Boss Baby:


Memang begitulah anak-anak. Cemburu adalah hal yang wajar. Sebaiknya para orang tua menyikapinya dengan tenang dan menyiapkan calon kakak dengan kata-kata positif semisal motivasi bahwa dia akan menjadi kakak yang baik.


Si kakak bisa jadi marah pada adiknya karena mengambil banyak waktu kita sebagai orang tua. Perhatian ayah bunda kepadanya jadi berkurang. Akibatnya, jika ada kesempatan, beberapa balita bahkan menjadi kasar pada adik barunya.

Sebaiknya, sejak tahu bahwa ibu hamil, maka si kakak harus dipersiapkan untuk menerima adik barunya. Sering ajak si kakak untuk membicarakan tentang apa yang harus dilakukan kepada adik bayi.

Berikut ini tips untuk mencegah si kecil cemburu pada adik atau calon adiknya, seperti dikutip dari detikHealth.

1. Beri pujian secara lembut untuk perilaku antara si kecil dan si adik bayi.

2. Jelaskan secara pasti pada si kecil bahwa semua anggota keluarga perlu berlemah lembut pada si bayi.

3. Tunjukkan pada si kecil bagaimana kita ingin mereka berperilaku.

4. Terima kenyataan bahwa si kecil mungkin mengalami kemunduran perilaku sebagai usaha mencari perhatian lebih. Beri pujian lebih pada perilaku yang semestinya akan membantu hilangnya kemunduran perilaku ini seiring waktu.

5. Tawarkan beberapa hadiah dan jalan-jalan ke luar, sehingga si kecil menyadari ada beberapa keuntungan menjadi seorang kakak.



Sumber:
Opini pribadi dan haibunda.com
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh WardahRos
Halaman 1 dari 2
ini ndk diisi ts?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
nais nais nais nais,πŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌπŸ‘πŸΌ
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Pejwan
Makasih mau mampir πŸ™πŸ˜Š
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Tetysheba memberi reputasi
Quote:


Aku lupa, habis posting soalnya nyiapin anak-anak mau berangkat sekolah πŸ˜„
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Tetysheba memberi reputasi
Diubah oleh WardahRos
Quote:


Makasih emoticon-Big Kiss
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Betul, aku waktu hamil adiknya selalu kakak di ajak bicara malahan si kakak suka ngomong sama adiknya dalam perutku
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan WardahRos memberi reputasi
Diubah oleh Tetysheba
Quote:


Ide yang bagus. Mungkin bisa ditiru buat ibu lainnya emoticon-Big Kiss
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan Tetysheba memberi reputasi
Nice thread , aku sukaemoticon-Kiss
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
iya bener banget, jadi kakak apalagi di usia dini tuh nggak gampang
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan WardahRos memberi reputasi
Emang siiii susah cuman sebagai orang tua kita memang harus adil pada anak pertama maupun kedua, atau kakak sama adik. Cuman emang harus dengan perlakuan sesuai dengan usia dan perannya si. Yang pasti jangan pernah membandingan yaaa
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Makasih emoticon-Big Kiss

Quote:


Biasanya mereka masih ingin manja-manja dengan ortunya, terutama mama 😊

Quote:


Setujuu
Orang dewasa aja ga suka loh dibanding-bandingin.
Apa yang membuat kita tidak nyaman, buat anak-anak juga sama tidak nyaman
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan DiNa853 memberi reputasi
Lihat 1 balasan
sering nih baca2 yg begini... udah gitu biasanya mulut tetangga tuh yg berperan, heraaaan heran dah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Mantaap
Aku juga waktu umur lima tahun udah punya adik. Sempat ada rasa cemburu, sih. Wajar. Tapi setelah itu aku bersikap biasa aja. Alhamdulillah sekarang aku adalah orang yang paling akrab dengan adikku.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
ya ampunnnnn ngeri bangetttt
tapi ya memang ga dipungkiri kejadian begini tuh banyak sih yaaaa di lingkungan sekitar kita bahkan
dan tentunya ga gampang juga bikin si kakak ini ga cemburuan. terima kasih atas beberapa sarannya ts!! nais inpohhh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post nazla29
Quote:


waaaaahhhhhh bisa jadi contohhh nihhhh
selamat lohhh gannn agan kecil kecil udah bisa mengendalikan rasa cemburu gitu ke adiknyaaa
mantaaaappp abis
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Balasan post christyas1994
Quote:


setujuuuu bangetttt sama agan. kalo udah dibanding bandingin tuh pasti akan sakit banget hati salah satu dari mereka. yaaa kita aja yang udah gede gini kadang kagak suka dibanding bandingin, apalagi mereka yang perasaannya masih sensitif banget
profile-picture
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan 2 lainnya memberi reputasi
Quote:


Kebiasaan orang Indonesia gitu
Makanya cerita dari Mega ini terasa dekat dengan keseharian kita emoticon-Mewek
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Alhamdulillah ikut bahagia dengarnya emoticon-Peluk
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan nazla29 memberi reputasi
nice info kk, sangat bermanfaat emoticon-thumbsup
profile-picture
profile-picture
embunsuci dan WardahRos memberi reputasi
Quote:


Makasih 😊
profile-picture
embunsuci memberi reputasi
Halaman 1 dari 2


GDP Network
Beritagar β€’ Bolalob β€’ Garasi β€’ Historia β€’ IESPL β€’ Kincir β€’ Kurio β€’ Opini β€’ Womantalk
Β© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di