CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Ayo Semarakan Preventif ! : Optimalisasi PHBS & Edukasi Pembuatan Ovitrap Sederhana
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40213aa2d1953f226862cd/ayo-semarakan-preventif---optimalisasi-phbs-amp-edukasi-pembuatan-ovitrap-sederhana

Ayo Semarakan Preventif ! : Optimalisasi PHBS & Edukasi Pembuatan Ovitrap Sederhana

Gemawang, Semarang - (15/01). Bertempat di salah satu rumah warga yang terletak di Dusun Krajan, Desa Gemawang, Mahasiswa KKN TIM I UNDIP melakukan salah satu program monodisiplin mengenai PHBS dan edukakasi pembuatan ovitrap penggunakan peralatan sederhana yang umumnya telah tersedia di rumah.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman ibu – ibu mengenai pentingnya “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat” atau PHBS pada rumah tangga dan mengedukasi bagaimana cara membuat Ovitrap (Oviposition Trap) merupakan alat perangkap telur nyamuk sederhana yang dipakai untuk memutuskan siklus hidup nyamuk sebelum pupa nyamuk bermetamorfosis menjadi nyamuk.
Program monodisiplin ini dilaksaksanakan berdasarkan data yang didapatkan puskesmas bahwa masih terjadinya angka kesakitan yang disebabkan oleh penyakit DBD setiap tahunnya, ditambah saat ini sedang memasuki musim penghujan yang dimana terjadi lonjakan populasi nyamuk, dan masih tingginya angka penyakit degeneratif salah satunya adalah ISPA sebanyak 1042 kasus, perilaku merokok sebesar 69% dan masih banyaknya keluarga yang belum terdaftar dalam BPJS kesehatan.
Kegiatan yang dihadiri oleh kader-kader Forum Kesehatan Desa (FKD) dan ibu PKK dimulai  dengan sambutan ibu Kepala Desa selaku Ketua PKK Desa Gemawang yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi singkat yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Adapun materi yang disampaikan adalah mengenai 10 Indikator PHBS dalam Tatanan Rumah Tangga dan Tata Cara Membuat Ovitrap.

Spoiler for Gambar : 1:

Spoiler for Gambar : 2:



Karena kalau bukan kita yang menjaga kesehatan kita sendiri, siapa lagi ?emoticon-Ngacir Tubrukan
Lebih baik Mencegah dari pada Mengobati emoticon-Cool
Salam Sehat !emoticon-Jempol
Diubah oleh kkngemawang2020


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di