CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketum PBNU Kritik Terowongan Silaturahim yang Diwacanakan Jokowi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e400d56eaab2547d80deaf3/ketum-pbnu-kritik-terowongan-silaturahim-yang-diwacanakan-jokowi

Ketum PBNU Kritik Terowongan Silaturahim yang Diwacanakan Jokowi

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mempertanyakan wacana pembangunan terowongan silaturahim amtara Majid Istiqlal dan Gereja Katedral.

Said Aqil menilai tidak ada urgensi dalam membangun terowongan tersebut. Ia justru menduga wacana itu merupakan salah satu strategi politik Presiden Joko Widodo.

"Saya enggak paham itu ya kenapa ya? Apa tujuannya ya? Saya enggak paham tuh. Apa nilai budaya, apa nilai agama atau apa nilai itu? Apa politik atau politis? Saya nggak paham tuh," kata Said Aqil di Gedung PBNU, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Baca juga: Jokowi Ungkap Rencana Pembangunan Terowongan Silaturahim antara Istiqlal dan Katedral

Said Aqil mengatakan, kerukunan antarumat beragama mestinya tidak hanya disimbolkan lewat pembangunan terowongan antara masjid dan gereja ikonik tersebut.

Di sisi lain, silaturahim sebagai salah satu nilai budaya bangsa tidak perlu disimbolkan melalui pembangunan infrastruktur.

"Menurut saya (tidak ada urgensinya). Apakah harus begitu (simbol silaturahim)? Gitu lho pertanyaannya. Silaturahim namanya budaya," ujar Said Aqil.


Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkap rencana pembangunan terowongan bawah tanah antara Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral. Hal itu disampaikan Jokowi di sela peninjauan renovasi Masjid Istiqlal.

Terowongan tersebut dibangun untuk memudahkan para pejalan kaki yang menyeberang dari Istiqlal ke Katedral atau sebaliknya.

"Terowongan bawah tanah sehingga tidak nyeberang (di jalan). Sekarang pakai terowongan bawah, terowongan silaturahim," ujar Jokowi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (7/2/2020).

Jokowi mengatakan, terowongan tersebut sekaligus menyimbolkan adanya silaturahim antara jemaah di Masjid Istiqlal dengan umat di Gereja Katedral.

Ia menambahkan, keberadaan terowongan tersebut juga menunjukkan bahwa kedua kelompok pemeluk agama tidak saling berseberangan.

https://www.google.com/amp/s/amp.kom...canakan-jokowi

Ada2 aja..orang deket ngapain pake terowongan.. nyebrang aj beres.


Ribet amat u pak jok yg terhormat.

profile-picture
profile-picture
profile-picture
wahyuagust.cs dan 5 lainnya memberi reputasi
Halaman 1 dari 3
basa basi ah
jaman sekarang kan silaturahmi itu cuma simbol, citra doang.

cocoklah sama jkw si master citra. emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan music9000 memberi reputasi
gak penting...negara udah tua ampir 75 tahun seharusnya gak butuh simbolis2 kayak gini.
kalo mau kerja nyata hapus skb 3 mentri, bikin aparat bergerak menjaga undang2 bukan main political correctness menjaga hati kaca mayoritas.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
pemburu.kobokan dan 5 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh jd101
Beda keyakinan kok mau di bikin terowongan... untuk apa????
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
gobs..
Utk apa terowongan kalo bangun rumah ibadah di ganggu kalian penyembah setan?



emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
qavir dan 4 lainnya memberi reputasi
setuju dgn PBNU soal ini


untuk menjalin silaturiami bukan terowongan yg harus dibuat,
tapi mengedit kitab suci yg penuh dgn ayat2 kebencian atau mengahpus ayat2 yg mengajarkan kebencian emoticon-fuck



kalau hanya membuat terorwongan antar 2 rumah ibadah,
tidak akan merubah apapun dihati umatnya yg penuh kebencian karena hasutan kitab sucinya emoticon-Cape d...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
smogal dan 6 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
betul, gak penting bgt..
itu terowongan d buat untuk orang yg mau nyebrang*.. jadi ga ganggu (apalagi tambah ruwet) yg d atas.. ma jokowi cuma d buat istilah aja terowongan silaturahmi.. emoticon-Malu (S)


*nyebrang = pindah agama.. emoticon-Shutup


emoticon-Ngacir
emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
doyantusbol dan 2 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh valkyr7
siapa yang memberi ide ? emoticon-Bingung (S)
profile-picture
galuhsuda memberi reputasi
Drpd bikin terowongan mending di bikin JPO atapless, biar instagramable kata kepala Provinsinya.
profile-picture
syahali memberi reputasi
sesuai sih sama buku


kan gak boleh berteman baik .. apalagi jadi pemimpin


emoticon-Big Grin
Diubah oleh calon.pedopil
Quote:


Suburuk buruknya kita suci gan emoticon-Embarrassment
Kenapa yg ribet cuma pihak Islam. Katolik diam diam saja. Maksudnya Jokowi supaya kalau ada pengantin lagi ga terganggu dengan umat yg lagi demo dan mengklaim dirinya bertoleransi tinggi padahal aslinya mengganggu acara yang sudah disusun dari jauh-jauh hari
profile-picture
profile-picture
RyanYulio dan extreme78 memberi reputasi
Diubah oleh buncitbubar
Lihat 1 balasan
kmaren cebong ngebuli wanabud, taunya idenya pakde, ganti deh bawa2 agama
Balasan post buncitbubar
Nama nya aja gak cocok, terowongan silaturahmi. Harus nya tidak keislam2an dan tidak kekatholik2an.
Netral bahasa Indonesia baku, terowongan jalinan tempat ibadah.gitu... emoticon-Bingung
Quote:


klo silaturahim dan toleransi kan bisa dilakukan dalam bentuk lain. terowongan itu gunanya buat apa kan beda keyakinan. masa iyaau datang silaturahim aja mesti lewat terowongan. gaje banget.
kritikan yang baik
sekalian pak bikinin ruang kedap suara biar tetangga sebelah gak kejangkejang kalo ane lagi sholawatan ...
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di