CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Bayang-bayang Krisis Hantui Singapura Pasca Serangan Corona
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e4009ce0577a92ad83af832/bayang-bayang-krisis-hantui-singapura-pasca-serangan-corona

Bayang-bayang Krisis Hantui Singapura Pasca Serangan Corona

Merebaknya wabah virus corona di China berimbas cukup telak pada perekonomian Singapura. Negara tetangga Indonesia ini jadi salah satu negara yang paling bergantung pada China.

Dilansir dari CNBC, Minggu (9/2/2020), Singapura begitu bergantung pada China. Banyak berhentinya bisnis di China, serta anjloknya wisatawan asal Negeri Panda itu, membuat Singapura sangat terpukul.

Sebelum virus corona menyerang, Singapura sudah mengalami tekanan ekonomi imbas perang dagang China-Amerika Serikat serta perlambatan ekonomi global.

"Hari ini, China tak hanya memproduksi barang-barang murah, barang dengan nilai murah, tetapi mereka juga menguasai pasokan dari barang-barang bernilai tinggi. Ini artinya, pengaruh rantai pasok (China) sangat signifikan ke seluruh dunia," kata Chan Chun Sing, Menteri Perdagangan dan Industri Singapura.

"Saya pikir ini yang jadi pelajaran bagi semua orang untuk benar-benar melihat ketahanan rantai pasok," lanjutnya.

Pemerintah Singapura menetapkan dan menaikkan level kewaspadaan terhadap virus corona hingga ke level oranye. Level oranye merupakan satu level di bawah level merah atau level yang paling berbahaya.

Hingga hari ini, warga Singapura yang diduga terpapar virus corona adalah 24 kasus. Salah satu negara dengan kasus tertinggi di luar China. Level oranye berarti pertanda bahwa virus dapat menular dengan mudah antar manusia, namun virus tersebut belum menyebar luas di negara ini.

Pengumuman pemerintah Singapura terkait perubahan tingkat kewaspadaan terhadap virus corona ini, membuat warga panik untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

"Sejujurnya semua orang akan terkena dampak ini, ini soal masalah tingkat kesulitannya saja. Kuncinya adalah siapa yang bisa pulih lebih cepat dan bagaimana orang merespon krisis, itu yang lebih penting daripada krisis itu sendiri," ujarnya.

Chan berujar, wabah virus corona ini jadi pengalaman berharga bagi Singapura untuk tidak terlalu bergantung pada China secara ekonomi. Pariwisata anjlok Dikutip dari Harian Kompas, dunia pariwisata Singapura jelas terkena dampak merebaknya virus korona ini.

Singapura juga bersiap menghadapi dampak ekonomi dari virus ini.

”Kami harus siap menghadapi dampak ekonomi, bisnis, dan kepercayaan konsumen pada tahun ini, terutama karena situasinya diperkirakan bertahan untuk beberapa waktu,” kata Chan.

Chan mengatakan, Pemerintah Singapura sedang mempertimbangkan langkah-langkah dukungan untuk sektor-sektor yang terpukul keras seperti pariwisata. Warga China merupakan pengunjung terbanyak ke Singapura, yakni seperlima dari total kunjungan turis atau bisnis yang masuk ke Singapura.

Dampak virus korona ini akan dirasakan sektor pariwisata Singapura dalam beberapa bulan mendatang dan mungkin ”membayangi” pertumbuhan ekonomi negara itu untuk kuartal pertama.

Namun, dengan ketidakpastian yang masih berputar-putar mengenai keparahan dan penyebaran virus, menurut beberapa ekonom, seperti dikutip CNA, masih terlalu dini mengatakan seberapa besar dampak virus itu terhadap ekonomi Singapura secara keseluruhan.

Selena Ling, Kepala Riset dan Strategi Keuangan OCBC, mengatakan bahwa pembatalan tur, bersamaan dengan kepercayaan pada bisnis dan ekonomi, setelah wabah virus korona kemungkinan akan ”membayangi” momentum pertumbuhan ekonomi Singapura di kuartal I-2020.

Tidak hanya Singapura yang terkena dampak pembatalan tur kelompok dari China. Thailand yang menjadi negara tujuan favorit turis China pun juga terkena dampak pembatalan kunjungan turis dari China itu.

Otoritas Pariwisata Thailand (TAT) mengatakan, jumlah wisatawan China ke Thailand diperkirakan turun hingga 2 juta kunjungan, dari 11 juta kunjungan menjadi 9 juta kunjungan.

Larangan tur kelompok tersebut jelas menghantam turisme di Thailand karena tur kelompok itu merupakan sumber pengunjung terbesar wisatawan asing ke Thailand.

Kementerian Pariwisata Thailand memperkirakan, berkurangnya perjalanan kunjungan wisatawan China ke Thailand akan mengakibatkan hilangnya pendapatan pariwisata Thailand sebesar 50 miliar baht setara dengan 1,52 miliar dollar AS atau sekitar Rp 20,7 triliun.

Kepanikan warga Semakin meluasnya wabah virus corona, membuat warga Singapura resah. Mereka semakin panik setelah Pemerintah Singapura menaikkan status penyebaran corona, dari level waspada ke oranye sejak Jumat (7/2/2020) lalu.

Dilansir dari SCMP, warga Singapura ramai-ramai menggeruduk supermarket dan memborong keperluan untuk persediaan logistik harian seperti tisu dan mie instan.

Pemerintah Singapura sudah menyatakan bahwa stok barang-barang kebutuhan pokok tersebut masih terkendali, sehingga meminta warganya tak perlu panik berlebihan.

Di sejumlah supermarket, tampak warga Singapura rela antre panjang untuk mendapatkan bahan pokok yang dibutuhkan. Rak-rak di beberapa supermarket bahkan sudah terlihat kosong.

Seperti yang di NTUC FairPrice, salah satu supermarket di kawasan Bukit Timah Plaza, tampak antrean mengular warga yang berbelanja. Sementara di deretan lainnya terlihat warga dengan troli belanjaan penuh.

Warga Singapura kini dihadapkan pada situasi sulit untuk mendapatkan barang-barang kebutuhan harian karena lonjakan permintaan yang tinggi sejak Jumat lalu.

Selain menyerbu supermarket, toko-toko online penyedia bahan pokok juga tak luput dari imbas kepanikan warga, sehingga barang-barang yang tersedia langsung ludes diborong dalam waktu singkat.

https://money.kompas.com/read/2020/0...orona?page=all



profile-picture
profile-picture
Kup4s dan bramhiphip memberi reputasi
Halaman 1 dari 2
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
bikin ngeri ini

apalagi yg prrtama kena corona di singapura sempat jalan2 ke marina bay, orchard dan sentosa

emoticon-Takut
Diubah oleh Skyland999
kemaren warga udah pada rush belanja di supermarket... Singapura yg paling dulu tumbang, berikutnya..... emoticon-Shutup
Indo juga rugi banyak

Bayang-bayang Krisis Hantui Singapura Pasca Serangan Corona
S'pore status sdh oranye


Kita di indonesia msh nyman ngopi pangku dan meludah sembarangan emoticon-Big Grin



Ruuuaaaaar biaaaaasa emoticon-2 Jempol
Dibatam yg bersebelahan ama s'pore masih adem ayem gan.
cuman weekend ini orang dari s'pore sepi, gak kayak biasanya e
profile-picture
chisaa memberi reputasi
spore kecil, sekali tiup virus bisa langsung nyebar ke semua wilayah
Quote:


Ga maen ke geylang bre?
emoticon-Leh Uga
Singapore gak lama lagi lampu merah emoticon-Takut (S)
Indonesia masih santuy kah? emoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
Balasan post RivzGowtama
Quote:


Dlm hati merasa ngeri

Timbul pertanyaan

Sebenarnya indonesia tahu dan bisa deteksi atau tidak


profile-picture
profile-picture
profile-picture
chisaa dan 2 lainnya memberi reputasi
Indonesia musti lebih siap sedia. Corona di depan pintu.
kata INDEF....!!!

jangan nyalahin FAKTOR EXTERNAL...^^^^
Quote:


Geylang tempat apaan broemoticon-Malu

Ane masi polosemoticon-Big Grin
Lihat 1 balasan
hati hati BATAM..
gak kena virus aja udh nyungsep gni..apalagi kena.
modar lah
bener² pukulan berat buat singapura
Di negara +62 infeksi nCOV + kematian dianggap angin duduk, atit jantung, langsung dikubur 🤪
Wah jadi waswas kalo mau liburan ke Singapura

cielah kek punya duit aja mau ke singapura wkwk
Bayang-bayang Krisis Hantui Singapura Pasca Serangan Corona

Singaporeans = Kiasu (takut kalah) ,...first world country , dgn mentality warganegara dunia ke 3.

Tidak perlu panik , pemerintah nya menjamin food supply chain aman dan terkendali.
Diubah oleh softcoreman
Kalo ada kasus di Jabodetabek, mungkin langsung bebas macet kali yah.
china jepang singapore... lumayan terpengaruh ekonominya

amerika serikat cuman ketawa aja emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di