CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Alakatak, Kuliner Langka Yang Bikin Ketagihan
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e40095bf4d6955cf203f6b3/alakatak-kuliner-langka-yang-bikin-ketagihan

Tempe Alakatak, Kuliner Langka Yang Bikin Ketagihan

Quote:
foto: google

Hai ... ketemu lagi di thread Irum. Kali ini ane akan bawa thread tentang satu kuliner yang memiliki rasa khas dan hanya bisa ditemukan di tempat tertentu saja.

Namanya alakatak, tapi di desa ane lebih terkenal dengan sebutan salakatak. Dari namanya aja udah kedengaran ajib dan unik, kan gansis?

Begitupun rasa dari panganan berbentuk kotak dengan ukuran 2×2 cm ini. Gurih dari bumbu kunyit dicampur kelapa membuat rasa khas di lidah saat dinikmati. Dan rasa ini gak bakalan deh pernah agan temui di kudapan apapun.

Meski alakatak ini sejenis tempe, tapi tidak berbahan dasar dari kedelai seperti pada umumnya. Tempe alakatak ini terbuat dari kacang koro, sejenis biji-bijian berukuran besar dan berwarna hitam.

Quote:
foto: google

Biasanya alakatak dibungkus menggunakan daun jati, sehingga akan membuat aroma semakin wangi dan khas. Dalam satu bungkus alakatak tidak sendiri, tapi ditemeni oleh mi mirip spageti.

Mi ini diiris tebal dan panjang. Rasanya yang gurih dengan tekstur kenyal sangat terasa enak saat di lidah. Dijamin agan sista yang mencobai kuliner ini bakalan merem melek deh mulai gigitan pertama.

Namun sayangnya, kudapan ini hanya bisa ditemui di tempat-tempat tertentu saja. Tapi tenang ... kalau agan sista ada yang penasaran ingin mencicipi, masih bisa kok berkunjung ke pasar Weru - Sukoharjo, daerah Klaten Timur: pasar Karang Dawa, Soka, Posis atau Semin-Gunung Kidul.

Satu bungkus biasanya dijual dengan harga yang sangat murah meriah. Hanya berkisar dua ribu sebungkusnya berisi tiga potong alakatak dan mi.

Lebih enak lagi makannya pake cabe. Byuuhh ... bisa dibayangin gansis, saat menggigit alakatak disusul cabenya! Dijamin langsung ilang cenut-cenut di kepala.

Ane sendiri gak pernah meluangkan berburu kudapan yang satu ini saat mudik. Sebab makanan ini udah tergolong langka dan tidak bisa ditemui di tempat-tempat lainnya gansis.

Gimana setelah tahu dengan kuliner ini, gansis? Apakah kalian tidak ingin mencicipinya? Dijamin, deh pasti bakal penasaran dengan rasanya 'kan??

Kuylahh ... segera siapkan budget ke daerah tersebut yang ada di Jawa Tengah, sekalian menikmati wisata-wisata yang lainnya.

Sumber : opini pribadi
referensi di mari gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gta007 dan 3 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh irummm
ada yang pernah mendengar nama kuliner satu ini gan?
profile-picture
Simen92 memberi reputasi
Ane taunya yg nyanyi"

Dibilang enak ya memang enak, dibilang asik ya memang asik

emoticon-Kaskus Radio
profile-picture
irummm memberi reputasi
Diubah oleh tsimtsum
Quote:


itu barakatak ucupppp
Quote:


emoticon-Ngakak sambil goyangin kepala gan
Lihat 1 balasan
Balasan post irummm
Quote:

Alakatak, Kuliner Langka Yang Bikin Ketagihan

emoticon-Ngakak
profile-picture
irummm memberi reputasi
Wah agan orang mana nih?. ane juga sering beli di Pasar Tawang
profile-picture
irummm memberi reputasi
baru tau ane gan jenis makanan ini
profile-picture
irummm memberi reputasi
Quote:


emoticon-Ngakak
Quote:


Ane soka karang dawa gan. Lah aku kalo beli jg di sana tiap mudik
Quote:


Cobain gih bakal ketagihan rasanya gan
Quote:


Lah lah lah lah jgn jgn kita udah pernah ketemuemoticon-Ngakak mi alakatak yg paling enak tuh yg bentuknya agak tipisemoticon-2 Jempol
kalo tau warung soto pinggir jembatan soka itu peninggalan bapak ane gan. @wisudajuni
Diubah oleh irummm
ini khas mana ya sis
boleh juga dan baru denger juga hehe
ane belom pernah denger dan nyobain ini masa gaaan pdhl kampung ane di jawaa. jd kepooo
alakodok emoticon-Bingung
Daerah sukoharjobya gan wkwk
Ane pernah makan sekali tapi kurang cocok sama lidah ane gan
emoticon-Ngakak
baru denger ini makanan alakatak


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di