CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / ... / SINDOnews.com /
Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3fc8a0b8408865b72aa610/soal-nasib-eks-isis-pemerintah-disarankan-lakukan-langkah-ini

Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini

Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center Robi Sugara menyatakan, meski Presiden Jokowi menolak pemulangan WNI mantan ISIS, tidak ada jaminan mereka tidak bisa pulang ke Indonesia secara legal ataupun tidak.

"Ini justru lebih berbahaya jika mereka pulang ke Indonesia tanpa diketahui statusnya oleh pemerintah sebagai WNI eks ISIS," ujar Robi kepada SINDOnews, Minggu (9/2/2020).

Lebih lanjut Robi mengatakan, jika pihak otoritas yang menampung para pengungsi eks ISIS ini mengembalikan mereka ke negara masing-masing, apakah Indonesia bisa menolak.

Baca Juga:

Menurut dia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah pemilahan antara mereka yang waktu itu bergabung dengan ISIS sebagai fighters atau hanya masyarakat biasa. "Untuk yang masyarakat biasa bisa diprioritaskan, dengan juga memilah antara kelompok rentan dan tidak. Rentan maksudnya adalah anak-anak, perempuan, dan orang tua," tutur dia.

Setelah itu, kata Robi, bisa dilakukan program rehabilitas dan deradikalisasi. Mereka yang sudah masuk pada kategori bebas radikal dipulangkan ke daerah dengan penanganan khusus pemerintah daerah. Sedangkan, mereka yang masuk kategori bukan rentan harus menjadi domain pihak keamanan.

"Tetangga kita Malaysia sudah mengambil kebijakan yang cepat dengan menerima mereka kembali pulang ketimbang di sana jauh lebih berbahaya," ujar dosen Hubungan Internasional UIN Jakarta itu.


Sumber : https://nasional.sindonews.com/read/...ini-1581231555

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini 800 Peserta Akan Berkumpul di Kongres V PAN

- Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini Gandeng Hanafi Rais, Mulfachri Berpeluang Jadi Ketum PAN

- Soal Nasib Eks ISIS, Pemerintah Disarankan Lakukan Langkah Ini Presiden Jokowi Disambut Upacara Kenegaraan di Canberra



GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di