CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Peneliti Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3fb97bb41d306a803a2b91/peneliti-harvard-virus-corona-seharusnya-sudah-ada-di-indonesia

Peneliti Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Peneliti Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Suara.com - Virus Corona yang merebak dari Wuhan, Provinsi Hubei, China (2019-nCoV) seharusnya sudah ditemukan atau menyebar ke Indonesia, demikian hasil sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan oleh para ilmuwan dari Universitas Harvard, Amerika Serikat pekan ini.

Meski demikian penting diingat bahwa penelitian yang terbit di jurnal medRxiv pada Rabu (5/2/2020) itu, belum ditinjau atau dievaluasi oleh para ilmuwan lain. Biasanya dalam proses yang disebut peer-review akan ditemukan kelemahan dalam sebuah penelitian.

Studi ini meneliti tentang kemungkinan atau potensi menyebarnya virus Corona ke negara lain di dunia berdasarkan jumlah perjalanan atau penerbangan dari Wuhan ke negara tersebut.

Hasil analisis dalam penelitian itu, misalnya dengan cukup tepat memprediksi jumlah kasus virus Corona di Vietnam dan Singapura.

Sementara di Thailand dan Kamboja, demikian menurut para ilmuwan itu seperti dilansir The Guardian, jumlah kasus infeksi virus Corona seharusnya lebih besar dari yang saat ini dilaporkan.

Di Tanah Air sampai saat ini belum ada kasus penularan virus Corona, meski hubungan antara Indonesia dengan China sangat erat baik dalam bidang ekonomi maupun pariwisata. China adalah penyumbang turis terbanyak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

"Indonesia belum melaporkan satu pun kasus (penularan virus Corona) dan menurut kami, seharusnya sekarang sudah ada beberapa kasus," kata Marc Lipsitch, ilmuwan dari Universitas Harvard yang terlibat dalam studi itu kepada ABC.


Pada akhir Januari lalu, dua media Australia melaporkan bahwa Indonesia belum memiliki alat tes yang layak untuk mendeteksi virus Corona dan karenanya ada kemungkinan virus mematikan tersebut sudah masuk ke Tanah Air.

Laporan itu disusun dengan mengutip keterangan dari Amin Soebandrio, kepala Lembaga Eijkman di Bandung, Jawa Barat. Lembaga Eijkman sendiri adalah salah satu institusi di Tanah Air yang terlibat langsung dalam upaya mendeteksi orang-orang yang diduga tertular virus Corona.

Tetapi pada pekan ini Amin, usai mengikuti rapat di Istana Presiden, Jakarta, membantah laporan tersebut. Ia mengatakan bahwa Indonesia sudah punya alat yang cukup untuk mendeteksi penularan virus Corona.

"Alat sudah cukup, reagennya sudah ada, jadi pemberitaan di luar itu tidak benar," kata Amin saat ditemui di Kantor Staf Presiden (KSP) Jakarta, Kamis (6/1/2020).

Peneliti Harvard: Virus Corona Seharusnya Sudah Ada di Indonesia

Dia bilang.....SEHARUSNYA SUDAH ADA BEBERAPA KASUS???

Apa maksudmu Vergusso emoticon-Blue Guy Bata (L)

Atas Berkat Rahmat Allah Yang Maha Kuasa indonesia bisa bernafas sedikit lega dari pada negara tetangga karena ancaman corrona

Bule Havard terkejut kenapa indonesia bisa tidak terkena seterkejut mereka kenapa indonesia tetep bisa berdiri santausa dengan sistem demokrasi yg ada
profile-picture
profile-picture
profile-picture
edik1986 dan 55 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Halaman 1 dari 20
KOLORNYA aja udah ada di Indonesia.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 20 lainnya memberi reputasi
Selama blom dideteksi dianggap flu biasa, dan dengan kerokan aman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mantelbulu dan 62 lainnya memberi reputasi
Lihat 9 balasan
Seharusnya? Maksudnya itu virus harus masuk sini? Ane mah ogah...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ulermaboq dan 10 lainnya memberi reputasi
Kolor? Kolor apa boss emoticon-Bingung

Quote:


Terkadang tidak tahu itu menyelamatkan

Quote:


Itulah,kenapa dia ngomong geetu,apakah ada sesuatu yg dia tahu sementara kita tidak tahu??
profile-picture
profile-picture
profile-picture
eriksa dan 7 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh Ojodupeh
Lihat 1 balasan
kenapa dari negara sebrang sono . ngaku ngaku di Indo sudah ada corona , mau bikin pankik di mari yah , bila perlu 1 asia panik corona
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 5 lainnya memberi reputasi
cuaca di mari fanas
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 8 lainnya memberi reputasi
Logikanya sih emang harusnya udah ada, terutama di tempat2 yg sering jadi keluar masuk turis manca kayak Bali, Batam ato JKT. Cuman sifat org kita yg sering ngegampangin penyakit, jadi pada males periksa.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 31 lainnya memberi reputasi
Lihat 12 balasan
Coronta di sini banyak pak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
saltnic dan 7 lainnya memberi reputasi
masalahnya pengetahuan tentang corona di Indonesia itu masih awam.. pendeteksiannya jg demikian.. kesadaran org untuk berobat ke rumah sakit masih kurang krn berbagai faktor salah satunya ekonomi dan kebiasaan berobat simpel/tradisional

kalau ada yg kena corona, paling dianggap flu biasa dan masuk angin.. kalau sampe mati paling dianggap karena angin duduk atau karena sudah ajalnya, belum sampe masuk datanya udah di kubur duluan emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rampratamadhan dan 53 lainnya memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Corona sih dari dulu sudah ada disini. Yg terakhir itu seri absolute sebelum digantikan camry emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
knoopy dan 35 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Mungkin orang sini udah kebal dan tidak kemproh seperti orang sana emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
profile-picture
beraspera dan 5 lainnya memberi reputasi
Judulnya pake harus ? Bwangkee
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ogengen dan 3 lainnya memberi reputasi
katanya mematikan...
kalo di RI udah ada, psti byk yg udah ninggal...
soalnya hya dikira flu biasa jg gak diobati...

tp gak tau lah, blom ada berita heboh...

profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Quote:


Ya.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rizaradri memberi reputasi
Quote:


Konspirasi.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
Virus korona takut sama kombinasi uang koin plus minyak kelapa...


emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
idrusfachr17 dan 13 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Pake kata SEHARUSNYA, seakan akan dipaksakan saja...

Kalo di Indonesia juga ada Wabah Corona, gak perlu alat tes yang canggih, cukup dilihat saja lonjakan pasien di rumah sakit ada gak. Masa ada penyakit mewabah di satu daerah, tapi gak ada lonjakan pasien di RS.

Seperti kasus DBD kemren kan, adanya lonjakan pasien di RS.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 11 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh balado.jengkol
Alat sama reagennya kayak gimana sih?
Penasaran ane sampai dibilang gak memadai emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mulivw dan 3 lainnya memberi reputasi
Lihat 4 balasan
Waspada aja dengan hidup sehat. Justru yg dikwatirkan oleh mereka tiba2 boom, disaat banyak negara sdh mulai bisa mengatasi.
Mudah2 an kaga ada.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
king.aslan dan 9 lainnya memberi reputasi
Corona nggak laku di sini pak, yg laku corolla emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bayusumardi dan 2 lainnya memberi reputasi
Lihat 1 balasan
Halaman 1 dari 20


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di