CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Reksa Dana /
Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3faf9068cc9525b723dfb0/portfolio-newbie-di-reksadana-online--apakah-bisa-diandalkan

Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?

Halo semuanya
Berawal dari saya yang newbie dalam dunia investasi, awal"nya investasi palingan cuma di tabungan berjangka. Dimana rutin nabung sampai dana tujuan tercapai + bunga diberikan ama pihak Bank.

Lama" mulai beralih ke deposito. Cuma ya itu, buka deposito itu rada ribet. Kudu datang ke bank nya, bayar materai Rp 6,000. Kemudian dilock sampai jangka tertentu. Kalo cairin pun harus info ke bank beberapa hari sebelum jatuh tempo. Kalo cairin sebelum jatuh tempo, kena pinalty/denda emoticon-Hammer
Untungnya sekarang deposito uda bisa online, langsung pencat pencet lewat hp seperti bank BTPN ataupun DBS.

Melihat perkembangan deposito bunganya makin turun , belum potong pajak 20% lagi (sekarang 6% di BTPN), newbie mulai mikir kudu investasi kemana lagi. Mau coba P2P rada takut karena banyak kasus gagal bayar. Gede sih bunganya, bisa sampe 23% setaon. Akhirnya newbie coba investasi di Reksadana. Awalnya sama, kudu ke bank. Tapi sekarang gampang, banyak aplikasi reksadana online yang tinggal klik" doank.

Kenapa reksadana? Soalnya ga dipotong pajak juga ! Mayan kan hemat 20% :lol:
Terus pencairan juga anytime, ga dilock apapun. Meski butuh waktu pencarian 3 - 7 hari sih. Dan juga lebih aman, karena intinya reksadana ini kita punya uang disebar" ke berbagai produk. Contoh nya reksadana saham kita beli 1jt dibagi" ke beberapa saham seperti astra, aneka tambang, dll. 

Ada beberapa aplikasi yang bisa jadi referensi, contohnya Bareksa, Ajaib, ataupun Bibit. Setelah newbie coba satu", paling enak GUI nya itu di Bibit. Simple, diversifikasi nya juga gampang (ada filtur Robo buat yang bingung), dan bibit uda kasih beberapa MI yang emank uda terkenal kinerjanya. Jadi ga perlu pusing. Tinggal lijat aja kinerja mereka selama beberapa tahun ke belakang. Ratio expense dll pun dijabarkan secara rinci sama aplikasi bibit ini.

Ada 3 reksadana yang bisa dipilih :
1. Reksadana pasar uang
2. Reksadana obligasi
3. Reksadana saham

Pasar uang cocok buat yang jangka pendek seperti deposito. Resiko? Super duper kecil. Malah pasar uang ini ga pernah turun. Selalu naik. Dan rata" setahun itu 6.5 - 7% an. Tanpa potongan pajak !

Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?

Obligasi cocok buat menengah, seperti 3 - 5 tahun. Tapi ya ga baku juga. Dan rata" selalu naik. Ada turunnya juga pasti. Resikonya menengah. Return setahun bisa sampai 19% loh !


Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?

Reksadana Saham cocok buat jangka panjang. Return nya paling tinggi, tapi resiko juga paling tinggi. Sayangnya memang di tahun 2020 ini lagi kurang bagus di awal tahun, anjlok habis"an. Keuntungan newbie di tahun 2019 ludes di awal tahun 2020 ini emoticon-Hammer

Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?


So far newbie uda jalanin selama 3 bulan, dan up and down nya lumayan kerasa karena awal" newbie masukin di saham, tapi lagi anjlok haha. Akhirnya pindahin saham ke obligasi. So far obligasi lagi kenceng , belum sebulan uda dapet segini dari dana receh newbie

Portfolio newbie di Reksadana online , apakah bisa diandalkan ?

Yang newbie suka dari aplikasi bibit ini :
1. GUI gampang, simple
2. Diversifikasi gampang, tinggal pilih aja sesuai keinginan di antara 3 produk tersebut
3. Pencairan gampang, dan biaya jual juga ga ada ! Jadi utuh 100%
4. Bisa pindah" portfolio. Contoh newbie anjlok di saham dengan MI nya succor, akhirnya newbie putusin buat pindahin ke Obligasinya succor juga. Tinggal klik doank. Ga perlu jual dulu baru beli lagi yang butuh waktu lumayan lama.
5. Ada grup telegram juga yang aktif kalo butuh tanya"
6. Biaya transfer bank akibat penjualan (karena bank custodian kan berbeda") sebesar 5000 - 6500 ditanggung bibit loh! Di cashback ! Jadi free ibaratnya
7. Investasinya bisa mulai minimal Rp 10,000. Ada juga yang minimal Rp 100,000 atau 1,000,000 tergantung produknya, biasa kalo NAV nya uda tinggi sih memang makin tinggi minimal investasinya.

Yang uda invest di bibit bole komen dibawah yak ! Masi newbie juga ane haha
Yang baru mau join bisa pake kode referal buat dapetin saldo Rp 50,000 buat investasi awal : tommy34
Diubah oleh sanshir0


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di