CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
RUU Cipta Lapangan Kerja, Serikat Pekerja Soroti Sanksi Pidana Bagi Pengusaha
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e3fa09efacb9569fe2f65b4/ruu-cipta-lapangan-kerja-serikat-pekerja-soroti-sanksi-pidana-bagi-pengusaha

RUU Cipta Lapangan Kerja, Serikat Pekerja Soroti Sanksi Pidana Bagi Pengusaha

 RUU Cipta Lapangan Kerja, Serikat Pekerja Soroti Sanksi Pidana Bagi Pengusaha

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Serikat Pekerja Indonesia (ASPEK Indonesia) menilai ada keinginan kuat Pemerintah untuk menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha yang melakukan pelanggaran UU.

"Salah satu yang menjadi sorotan ASPEK Indonesia adalah terkait dengan paparan dari Kementerian Perekonomian, dimana jelas terlihat ada keinginan Pemerintah untuk menghilangkan sanksi pidana bagi pengusaha yang melakukan pelanggaran UU," ujar Presiden ASPEK Indonesia, Mirah Sumirat, seperti dikutip Jumat (8/2/2020).
Baca juga: Soal UMP di Omnibus Law, Airlangga Beri Sedikit Bocoran

Menurutnya apabila hal tersebut benar terbukti, maka menjadi langkah mundur dalam upaya penegakan hukum dan memberikan keadilan bagi rakyat.

Seperti diketahui bahwa saat ini terdapat dua macam sanksi yang ada di dalam UU Ketenagakerjaan, yakni sanksi administratif dan sanksi pidana.


Baca juga: Apindo:Iklim Investasi dan Ekonomi Masih Belum Kondusif

Sanksi administratif yang diberikan dapat berbentuk teguran, peringatan tertulis, pembatasan kegiatan usaha, pembekuan kegiatan usaha, pembatalan persetujuan, pembatalan pendaftaran, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, hingga pencabutan ijin.

Sedangkan Sanksi Pidana yang diberikan bermacam-macam, yakni denda, kurungan, dan penjara.


Mirah memberi contoh beberapa sanksi pidana yang saat ini ada dalam UU Ketenagakerjaan, yang sesungguhnya sudah cukup baik, karena dapat membuat pengusaha jera jika bertindak semena-mena kepada pekerjanya. Antara lain; pengusaha yang mempekerjakan atau melibatkan anak dalam pekerjaan dikenai sanksi pidana penjara 2-5 tahun dan/atau denda Rp200-500 juta.

Selain itu, pengusaha yang tidak mengikutsertakan karyawan perusahaannya di dalam program pensiun dikenai sanksi pidana penjara 1-5 tahun dan/atau denda Rp100-Rp500 juta. Pengusaha yang tidak memberikan kesempatan ibadah bagi pekerja dikenai sanksi pidana penjara 1-4 tahun dan/atau denda Rp100-400 juta.

Sanksi yang sama juga dikenakan kepada pengusaha yang tidak memberikan istirahat yang berhak bagi pekerja yang ingin melahirkan, yang membayar upah lebih rendah dari upah minimum, termasuk yang menghalangi hak mogok kerja pekerja.

Sanksi pidana kurungan satu sampai dua belas bulan dan/atau denda Rp10 juta sampai Rp100 juta juga dikenai kepada pengusaha yang tidak membayar upah lembur sesuai ketentuan.

Mirah Sumirat berharap, Presiden Joko Widodo tidak mengorbankan hak rakyat untuk dapat sejahtera dan mendapat perlakuan yang adil dari Negara, hanya karena kepentingan pengusaha dan korporasi yang semakin serakah.

Mirah juga mengingatkan DPR RI untuk tidak lupa bahwa anggota DPR adalah wakil rakyat yang harus memperjuangkan hak kesejahteraan dan keadilan seluruh rakyat, serta tidak hanya menjadi “stempel” dari keinginan Pemerintah.


https://ekonomi.bisnis.com/read/2020...bagi-pengusaha

emoticon-Belgia emoticon-Shakehand2
Pidana untuk pengusaha nakal mau dihilangkan? Lawakan apalagi ini? emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

Ente mau mihak pengusaha ga usah sampe segininya lah. emoticon-Najis emoticon-Najis

Aturan sekarang udah bagus, Pengusaha biar jera sekalian. Supaya ga bertindak semena mena terhadap pegawainya. emoticon-Shakehand2

Ga dihilangkan saja masih banyak pengusaha nakal, apalagi nanti dihilangkan? emoticon-Najis emoticon-Najis
Diubah oleh jkwselalub3n4r
Kabarnya darf RUU Omnibus Law ttg Cipta Lapangan Kerja udah rampung
aku mau tau kek mana aturnya sanksi buat perusahaan yang nakal mempekerjakan sales marketing tanpa ad gapok.

dan tanpa jaminan kerja (tiap detik ancam pecat)
Lihat 1 balasan
Harus ada sangsi keras juga buat pengurus serikatnya yg enak2an potong gaji buruh padahal die cuma numpang urip... Hidup buruh klo kek gini
Balasan post printeer
Quote:

Pokoknya, kalo gak kejual, gak bakal gajian emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Aku ga ada masalah ga gajian. Yang masalah ini skrg yang kyk2 gini kek mana diaturnya.

Soalnya banyak nih sekarang, nampaknya kerja freelance tapi ditekan macam kerja tetap emoticon-Big Grin.

Dan yg kayak2 gini nih yang kurang ajar emoticon-Big Grin.

Bisa pula sampe tahan2 gaji sales & seenak dia pecat2in orang.
Diubah oleh printeer
Lihat 1 balasan
Balasan post printeer
Oh, berarti gak jauh beda dengan kerja di pemerintahan,

Tapi yang Honorer terus kerja keras, daripada PNS Tetap emoticon-Big Grin


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di